Sketsa Gambar Rumah Keren dari Arsitek Tanah Air

Sketsa Gambar Rumah Keren dari Arsitek Tanah Air | Foto artikel Arsitag
YL House karya Akbar Hantartahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Di tengah kemajuan teknologi untuk mendukung pekerjaan desain arsitektural, kemampuan seorang arsitek dalam menggambar sketsa untuk menuangkan idenya masih diandalkan dan menjadi andalan saat berkomunikasi dengan klien/home owner. Beberapa sketsa berikut menampilkan karya sketsa rumah yang keren dari arsitek  tanah air yang dapat menjadi referensi untuk ide arsitektural keren berikutnya.

Sketsa Rumah yang Keren

YL House  menjadi salah satu bukti karya seorang arsitek muda independen yang patut diperhitungkan.  Akbar Hantar yang lahir di Surakarta, 22 April 1990 telah menunjukkan kemampuannya sebagai lulusan terbaik tahun 2012 dari Universitas Surakarta dengan prestasi cum-laude dan penghargaan di berbagai kompetisi arsitektur.

Sketsa rumah YL yang digambarnya telah menunjukkan berbagai detail, mulai dari kolom, tangga, bentuk dasar dengan detail jendela dan pintu, railing balkon, perbandingan dengan skala manusia, bahkan sampai perletakan dan jenis tanaman. Sketsa semacam ini akan memberikan kemudahan bagi klien untuk membayangkan dan mengerti ide desain sang arsitek.

Baca juga: 75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah Dan Indah

Sketsa yang Detail Memudahkan Komunikasi dengan Klien/Home-owner

Villa 45 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)
Villa 45 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Sketsa perspektif Villa 45 karya IDeA Agency memberikan gambaran 3D yang proporsional. Dari sketsa ini, bisa dilihat komposisi bentuk massa bangunan serta jenis bahan yang akan digunakan.

Sketsa eksterior Villa 45 karya IDeA Agency (Sumber: arsitag.com)

Sketsa eksterior Villa 45 karya IDeA Agency (Sumber: arsitag.com)

Seorang arsitek yang baik tidak hanya membuat sebuah sketsa bentuk massa bangunan saja. Berbagai sketsa yang dapat memudahkan klien membayangkan dan mengerti idenya akan digambarkan sedetail mungkin oleh sang arsitek. Dari sketsa eksterior di atas, klien dapat membayangkan letak dan model Chandelier yang akan dipasang, kanopi yang akan menaungi area duduk di tepi kolam renang, dan detail garis pada dinding.  

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 3: Pembicaraan Proyek Pertama ‘Project Kickoff Meeting’

Sketsa kamar mandi Villa 45 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Sketsa kamar mandi Villa 45 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Posisi cermin, wastafel, serta shower dan rak handuk digambarkan dalam sketsa interior desain kamar mandi. Sketsa menjadi keren dan berguna jika dapat dimengerti dan membuat klien bisa membayangkan wujud aslinya.

Baca juga:Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan   

Sketsa menunjukkan Hubungan Outdoor dan Indoor

Sketsa massa bangunan Villa 24.12 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Sketsa massa bangunan Villa 24.12 karya IDeA Agency tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Sebisa mungkin, sketsa yang digambar bisa menunjukkan hubungan outdoor dan indoor, memperlihatkan keadaan ruang-ruang di dalam bangunan yang terlihat dari luar. Sketsa seperti ini juga akan menunjukkan letak, jenis, dan tinggi pohon yang dimanfaatkan untuk memperindah eksterior, menjadi view bagi indoor, dan melindungi ruang yang ingin dijaga privasinya dari luar.

Lorong Villa 24.12 karya IDeA Agency (Sumber: arsitag.com)

Lorong Villa 24.12 karya IDeA Agency (Sumber: arsitag.com)

Keadaan lorong pembatas tembok bangunan dengan pagar juga bisa diperlihatkan melalui sketsa. Walau hanya berupa garis pagar dan tembok, sketsa yang baik akan memperlihatkannya dengan jelas dan keren menggunakan rendering dan bayangan. 

Sketsa Rumah dengan Lingkungan Sekitarnya  

Sketsa Pertama bersama ISJogja. Teguh Setiawan Pinang. Ballpoint/Roller Pen 0,7 Standard. Sketchbook Kiky A4 (Sumber:is-yogyakarta.blogspot.co.id)
Sketsa Pertama bersama ISJogja. Teguh Setiawan Pinang. Ballpoint/Roller Pen 0,7 Standard. Sketchbook Kiky A4 (Sumber:is-yogyakarta.blogspot.co.id)

Sebuah sketsa rumah yang keren juga memperlihatkan keadaan bangunan dan lingkungan di sekitar rumah atau bangunan yang akan dibangun.

Sketsa Kampung Code di selatan Jembatan Gondonglayu (Solo-Yogyakarta) sengaja dibuat untuk mengingat kembali peran penting almarhum Romo YB Mangunwijaya. Sebelum ditata, kawasan ini dikenal sebagai sarang kriminal atau nggak “nggenah”.  Penataan yang dilakukan tahun 1983 ini, selain membuat lingkungan menjadi lebih baik, juga membuat pemerintah mengurungkan niat untuk menggusurnya.

Andra Matin dalam Pameran Arjau, di Kopimanyar (Sumber: instagram andramatin)

Andra Matin dalam Pameran Arjau, di Kopimanyar (Sumber: instagram andramatin)

Sketsa rumah yang keren dari arsitek tanah air, ternyata tidak hanya menunjukkan kepiawaian mereka dalam menggambar. Sketsa menunjukkan kemampuan arsitek menuangkan gambaran yang jelas dan detail. Selain itu, sketsa berfungsi sebagai alat komunikasi agar klien bisa mengerti ide desain seorang arsitek dengan baik. Pada akhirnya, sketsa yang keren akan menjadi sebuah karya untuk mengenang desain arsitektural yang melekat, sebagai hasil karya dari arsitek tanah air yang membanggakan dan menjadi ide serta penyemangat untuk melahirkan karya-karya arsitektural lainnya, yang membanggakan dan bermanfaat bagi semua kalangan.

Baca juga:

Membangun Rumah Tahap 6: Konsep Desain

9 Model Rumah Unik Karya Arsitek Indonesia Masa Kini

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.