Desain Taman Kering yang Cantik dan Bersih untuk Outdoor atau Indoor

Desain Taman Kering yang Cantik dan Bersih untuk Outdoor atau Indoor | Foto artikel Arsitag

Desan taman kering, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Kesibukan dan rutinitas sering kali membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk mengurus dan merawat taman. Padahal, perawatan taman harus dilakukan dengan rutin agar tetap bersih, cantik, dan tidak berantakan.

Namun, jika memang Anda merasa sulit untuk merawat taman, salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah dengan mengusung konsep taman kering atau dry garden.

Taman kering identik dengan penggunaan pasir, kerikil, atau batu sebagai groundcover. Penggunaan material ini membuat taman terlihat lebih bersih dan jika terkena air tidak menimbulkan cipratan yang kotor.

Sedangkan, elemen tanaman biasanya tidak begitu banyak dan dipilih tanaman yang low maintance. Hal inilah yang menjadikan taman kering disukai karena tidak repot perawatannya, namun memiliki tampilan yang tetap cantik dan bersih.

Jika Anda juga tertarik untuk membuat taman kering di rumah, berikut beberapa desain taman kering yang cantik dan bersih untuk outdoor ataupun indoor.

1. Zen garden dengan cantiknya pohon bonsai
Taman kering zen garden, karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Taman kering zen garden, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Zen Garden merupakan taman tradisional Jepang. Taman ini identik dengan penggunaan pasir sebagai penutup tanah dan penempatan batu-batu besar di beberapa titik.

Selain itu, pohon bonsai menjadi elemen hijau yang sangat khas dengan Zen Garden ini. Keberadaan pohon bonsai di antara pasir dan batu-batuan membuatnya tampil menarik dan cantik. Desain taman seperti ini sangat cocok diaplikasikan di area courtyard, taman indoor, atau taman semi-outdoor.

2. Taman kering yang menghiasi ruang
Taman kering semi indoor, karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Taman kering semi indoor, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Jika rumah Anda memiliki area transisi atau courtyard, cukup menarik untuk menjadikannya taman berkonsep taman kering. Selain tampilan visualnya yang cantik, Anda juga tidak perlu khawatir kotor karena penyiraman.

Keberadaan taman kering di area courtyard seperti ini juga sangat potensial untuk dijadikan objek pemandangan dari dalam ruangan.
 

Baca juga: Desain Meja Kursi Outdoor Keren untuk Nongkrong Cantik di Taman
 

3. Taman kering bergaya kontemporer
Courtyard taman kering, karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Courtyard taman kering, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Memiliki karakter yang kuat, taman di antara ruang berarsitektur kontemporer ini sangat menarik dan harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Garis-garis visual dari rumpun bambu yang ditanam sangat kuat dan berkesinambungan dengan garis-garis dari kayu di lantai dan atap ruang.

Kerikil dipilih sebagai penutup tanah untuk memberi tekstur kasar dan alami. Sedangkan, tanaman semak pendek diletakkan di sisi belakang sebagai latar taman.

4. Taman kering untuk rumah minimalis modern
Taman kering dengan kerikil, karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Taman kering dengan kerikil, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Konsep putih bersih ternyata bisa juga diterapkan untuk taman. Ya, Anda bisa memadukan arsitektur rumah minimalis berwarna putih dengan taman kering.

Caranya yaitu dengan menggunakan batu kerikil sebagai groundcover. Penggunaan kerikil juga memberi tekstur sehingga tampilan hunian lebih berkarakter. Desain taman seperti ini tentu akan membuat Anda tidak perlu repot untuk merawat karena tampilan bersihnya awet terjaga.

5. Taman kering dan vertical garden
Courtyard cantik, karya Rakta Studio, via Arsitag.com

Courtyard cantik, karyaRakta Studio,via Arsitag.com
 

Desain taman kering di courtyard satu ini tentu akan membuat Anda jatuh hati. Bagaimana tidak, taman di area terbatas ini justru terlihat cantik, bersih, dan unik. Karakter taman keringnya sangat kuat dengan menggunakan kerikil putih sebagai lantai dan bebatuan besar sebagai aksennya.

Di bagian belakang ditanam semak pendek yang hijau cerah. Hal yang menjadikannya menarik ialah dipadukannya taman kering ini dengan instalasi taman vertikal. Jadilah taman kering terlihat lebih natural dan segar.

6. Taman kering ala Meksiko
Desain taman kering gaya Meksiko, karya Studiogra/ph Architects, via Arsitag.com

Desain taman kering gaya Meksiko, karyaStudiogra/ph Architects,via Arsitag.com
 

Selain identik dengan Zen Garden ala Jepang, taman kering juga dimiliki oleh taman gaya Meksiko. Ciri utama dari taman kering ala Meksiko ini ialah penggunaan kaktus sebagai vegetasinya.

Mengusung konsep taman kering ala Meksiko untuk taman rumah akan sangat menarik karena perawatannya yang minim dan cocok pula untuk iklim Indonesia. Namun, yang perlu diperhatikan ialah untuk menjaga drainase taman agar tidak terjadi genangan yang bisa membuat kaktus mati karena busuk.
 

Baca juga: Inspirasi Lampu Taman Minimalis yang Langsung Bikin Suasana Cozy
 

7. Taman kering di pagar rumah
Taman kering sekitar pagar rumah, karya  Y0 Design Architect, via Arsitag.com

Taman kering sekitar pagar rumah, karya  Y0 Design Architect,via Arsitag.com
 

Desain taman kering satu ini terbilang berani. Bagaimana tidak, taman kering dibuat di sepanjang pagar rumah. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dan membuat tampilan rumah menjadi lebih unik.

Jangan lupa, untuk menambahkan lampu sorot agar taman menjadi lebih cantik ketika malam hari.

Meskipun dikenal mudah dalam perawatan, taman kering tentu tetap membutuhkan perhatian khusus. Bagi iklim Indonesia yang kelembapannya tinggi misalkan, batu atau kerikil yang dipakai untuk taman menjadi lebih mudah licin atau berjamur. Hal inilah yang harus diperhatikan agar tidak membahayakan.

Selamat berkreasi!

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.