Inspirasi Lampu Taman Minimalis yang Langsung Bikin Suasana Cozy

Inspirasi Lampu Taman Minimalis yang Langsung Bikin Suasana Cozy | Foto artikel Arsitag

Lampu taman minimalis di taman karyaRDMA,via arsitag.com
 

Lampu taman merupakan elemen penting yang bisa meningkatkan keindahan taman. Selain memberi penerangan pada sisi-sisi taman, lampu juga bermanfaat memberi pencerahan pada jalan atau sirkulasi pengguna taman. Adanya pencahayaan dari lampu taman juga akan memberi rasa aman, sehingga beraktivitas di taman saat malam hari terasa nyaman dan tenang.

Menariknya, saat ini ada banyak pilihan bentuk dan jenis lampu taman. Banyaknya pilihan ini kerap kali juga membuat bingung untuk menentukan salah satunya yang paling pas. Sebagai rujukan, berikut beberapa inspirasi lampu taman minimalis yang akan membuat suasana taman Anda langsung terasa cozy.

1. Kotak bercahaya di atas rumput
Lampu taman minimalis, desain Future Architects Studio, via arsitag.com

Lampu taman minimalis, desainFuture Architects Studio,via arsitag.com
 

Memberi tampilan yang cantik, lampu taman berupa kotak bercahaya ini pasti akan langsung membuat suasana cozy pada taman. Lampu taman minimalis seperti ini sangat cocok untuk mengisi taman mungil sehingga terlihat lebih semarak. Oleh karena pencahayaannya mengarah ke sisi bawah atau area permukaan saja, lampu taman ini lebih cocok sebagai elemen dekoratif, pencahayaan aksen, dan daya tarik artistik.

2. Cahaya bulan yang bertebar di taman
Lampu taman minimalis di taman karya DP+ HS Architects, via arsitag.com

Lampu taman minimalis di taman karyaDP+ HS Architects,via arsitag.com
 

Jika Anda menyukai sentuhan estetik yang menenangkan, lampu berbentuk bulat ini bisa menjadi pilihan. Bola-bola lampu tersebut diletakkan tersebar di permukaan tanah, rumput, dan semak sehingga tampak seperti taburan bulan yang jatuh ke taman. Kesan cahaya bulan juga akan menghadirkan suasana cozy dan tenang, sehingga sangat cocok untuk taman belakang rumah yang dimanfaatkan sebagai area santai.
 

Baca juga: Desain Taman Rumah Tropis Minimalis yang Segar dan Estetis
 

3. Minimalis yang terang maksimal
Desain lampu taman dari rumah karya Saga Contractor, via arsitag.com

Desain lampu taman dari rumah karyaSaga Contractor,via arsitag.com
 

Lampu taman berbentuk bollard seperti ini bisa dikatakan yang paling umum dipakai. Hal ini sangat wajar karena meskipun tampilannya minimalis, cahaya yang dihasilkan terbilang maksimal. Secara bentuk, lampu ini juga terlihat elegan dan cocok untuk berbagai karakter taman. Lebih dari itu, pencahayaan dari atas seperti ini akan membuat bantuk tanaman baik dari daun, ranting, atau bunganya menjadi lebih terekspos.

4. Estetika dari lampu yang menggantung
Desain lampu taman unik, foto oleh Armando Castillejos, via unsplash.com

Desain lampu taman unik, foto olehArmando Castillejos,via unsplash.com
 

Lampu gantung berbentuk bola ini adalah pilihan sempurna untuk menerangi sekaligus mempercantik taman. Efek menggantung akan membuat lampu terlihat seperti melayang. Akan lebih cantik jika ditempatkan beberapa lampu dengan ukuran yang berbeda. Ini akan memberi efek visual layaknya taburan bintang di taman.

5. Kerlap-kerlip lampu di atas taman
Desain pencahayaan taman, foto oleh Asia Culture Center, via unsplash.com

Desain pencahayaan taman, foto olehAsia Culture Center,via unsplash.com
 

Ingin menghadirkan suasana cozy layaknya di kafe? Mengapa tidak untuk menyulap taman rumah Anda benar-benar menjadi seperti kafe. Hal sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan menghias taman dengan cahaya yang bertebaran. Anda bisa memasang lampu di ranting-ranting pohon atau membuat tali di atas taman sehingga lampu bisa semarak menghiasi taman. Ide ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka mengadakan gathering di taman rumah.

6. Cahaya di antara ilalang
Desain lampu taman minimalis, karya Apique Creative Studio, via arsitag.com

Desain lampu taman minimalis, karyaApique Creative Studio,via arsitag.com
 

Lampu lantai outdoor berbentuk stik ini akan memberi nuansa berbeda pada taman. Pencahayaan yang lembut akan menghasilkan efek artistik tersendiri. Lampu seperti ini sangat cocok diletakkan di antara ilalang atau semak karena fungsinya sebagai elemen dekoratif. Kreasi lainnya juga bisa dilakukan dengan meletakkan lampu berjajar mengikuti jalan setapak sebagai pengarah.
 

Baca juga: Ide Kreatif Lampu Taman Rumah untuk Memperindah Suasana
 

7. Lampu dinding yang menarik mata
Desain lampu taman minimalis di taman karya Inspiratio, via arsitag.com

Desain lampu taman minimalis di taman karyaInspiratio,via arsitag.com
 

Lampu dinding juga tak kalah menariknya untuk membuat taman menjadi cozy. Lampu yang ditempel pada dinding ini akan memberi cahaya di sekitarnya dengan efek dekoratif pada permukaan dinding. Lampu dinding seperti ini juga sangat menarik jika ditempatkan secara kontinu sehingga memberi keseimbangan visual.

Pencahayaan pada taman memang tak boleh disepelekan. Adanya lampu yang menerangi taman akan membuat taman menjadi lebih terfungsikan ketika malam hari. Jangan lupa, bahwa di era sekarang sudah banyak jenis lampu yang ramah lingkungan. Ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikreasikan di taman rumah Anda.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.