Siaran Pers Acara Indonesia Creative Digital Architecture

Siaran Pers Acara Indonesia Creative Digital Architecture | Foto artikel Arsitag
Cover: Sebagian pembicara di acara ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)
 

Departemen Arsitektur Universitas Indonesia yang ditunjuk oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sebagai Pusat Unggulan Ekonomi Kreatif (PU Ekraf) Sub Sektor Arsitektur memiliki tugas mendukung visi dan misi BEKRAF untuk selalu mengedepankan kreativitas, ide, dan stock of knowledge sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi kreatif. Sebagai PU Ekraf Sub Sektor Arsitektur, Departemen Arsitektur Universitas Indonesia akan melaksanakan kegiatan BEKRAF Creative Labs (BCL) 2018 yang bertajuk Indonesia Creative Digital Architecture.

Indonesia Creative Digital Architecture merupakan inisiatif yang mencakup berbagai aspek yang menunjang kreativitas dalam penggunaan teknologi digital dalam bidang arsitektur, di antaranya design scripting dan parametric design. Sasaran utama dari Indonesia Creative Digital Architecture adalah arsitek muda dan mahasiswa arsitektur sebagai agen perubahan arsitektur Indonesia masa kini dan yang akan datang. Selain meningkatkan keterampilan dan kemampuan bersaing dalam praktik arsitektur global, penguasaan teknologi diharapkan dapat juga mengembangkan semangat entrepreneurship para pelaku industri arsitektur di Indonesia.

Kegiatan hari pertama ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)Kegiatan hari pertama ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)


 

Indonesia Creative Digital Architecture adalah kegiatan yang terdiri dari (3) tiga rangkaian acara, yaitu workshop, seminar, dan pameran. Ketiga rangkaian acara tersebut berlangsung di dua tempat, Semarang dan Jakarta. Workshop Indonesia Creative Digital Architecture telah terlaksana dengan sukses bertempat di gedung Eks Monod Diephuis, Kota Lama, Semarang pada hari Jumat-Sabtu, 24-25 Agustus 2018. Kegiatan workshop diikuti oleh 120 orang peserta yang terbagi dalam 60 peserta workshop hari pertama yang mengambil topik “Design Scripting Fundamentals” dan 60 peserta workshop di hari kedua mengambil topik “Exploration in Parametric Design”.

Kegiatan seminar dan pameran dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 September 2018, bertempat di BLOCK71 Jakarta, Gedung Ariobimo Sentral lt.6, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.X-2 No.5, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Seminar hari pertama, Sabtu, 29 September 2018 mengambil tema Optimizing Architecture with Digital Technology menghadirkan tiga narasumber yaitu Rika Sjoekri (Noesis) yang membahas tentang “Building Information Modelling for Managing Delivery Standard”, Erick Budhi Yulianto (BE Studio) yang mengangkat topik “Creating Digital Platform for Collaborative Future Design Practice” dan Anggie Amalia (MNC Land) yang memaparkan “Simulation and Modelling for Sustainability Performance”.

Seminar hari kedua ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)Seminar hari kedua ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)

 

Seminar hari kedua, Minggu, 30 September 2018 mengambil tema Current Practice of Digital Architecture menghadirkan beberapa narasumber dengan beberapa sub tema yaitu Rekhaza Panji Riawan dan Erick Young (Spindonesia) yang akan membahas ”360° Spatial Visualization”, Mikhael Johanes (Universitas Indonesia) dan Azan Subhie (Natural Architecture Workshop) yang mengangkat topik ”Algorithmic Design Thinking”, Aswin Indraprastha (Institut Teknologi Bandung) dengan pembahasan ”Digital Technology in Architectural Education” dan narasumber terakhir adalah Prof. Yandi Andri Yatmo (Universitas Indonesia) yang akan memaparkan ”Advancing Research and Design Practice”.

Menyertai seminar, diadakan pula pameran yang memperlihatkan keadaan terkini praktik arsitektur di dunia kerja, universitas, dan biro praktisi arsitek dan desain.

Galeri pameran mini di ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)Galeri pameran mini di ICDA (Sumber: Universitas Indonesia)

 

Pameran tersebut juga menampilkan riset arsitektur dan kesehatan (well being and health project in architecture) melalui visualisasi, simulasi dan analisis berbasis digital, proyek desain dari biro arsitek dan desain, eksplorasi algorithmic design mahasiswa yang tergabung dalam Code Camp DAUI, produk 3D (three dimensional) dan presentasi proyek desain dalam bentuk platform VR (Virtual Reality).

Indonesia Creative Digital Architecture didukung dan bekerja sama dengan asosiasi profesi, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, (IAI) Jawa Tengah dan Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI). Kegiatan seminar dan pameran Indonesia Creative Digital Architecture juga melibatkan kerjasama dengan pihak media cetak dan online nasional dengan mengundang beberapa media cetak dan digital seperti Kompas, CNN Indonesia, The Jakarta Post, Metro TV, Jawa Pos, Net TV, Detikcom, dan beberapa media berbasis desain dan arsitektur, seperti CASA Indonesia dan Archinesia untuk menyebarluaskan kegiatan ini, agar mampu menyentuh semua elemen stakeholder ekonomi kreatif agar terjadi pencapaian sinergi yang harmonis sesuai skema Penta Helix yang diusung BEKRAF.

Informasi lebih lanjut : 

Email                     :  bcl.universitasindonesia@gmail.com

Telp.                      :  +62 817 9207054      (Nina)

                              +62 812 82853941   (Diandra)

Instagram            :  @ui_bcl

Twitter                 :  @ui_bcl

Facebook            :  UI-Bekraf Creative Labs

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

BEKRAF Creative Labs UI

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Sub Sektor Arsitektur bekerja sama dengan Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia