12 Desain Partisi Outdoor Cantik untuk Menciptakan Privasi

Saat mempertimbangkan cara menciptakan privasi di halaman rumah Anda, model partisi outdoor dapat menjadi alternatif yang tepat. Beberapa pilihan partisi outdoor tersebut meliputi tanaman, pergola, awning, dan dinding yang berdiri bebas atau free-standing walls untuk melindungi pandangan sekaligus meredam kebisingan. Berikut adalah beberapa ide desain partisi outdoor yang kami persembahkan untuk Anda.

1.Panel semitransparan

Jika Anda ingin melindungi bangunan yang berdekatan, namun tetap ingin mendapatkan cahaya yang menembus material partisi outdoor, kaca buram bisa menjadi pilihan bahan yang sangat efektif. Di paviliun rumah Seattle ini, panel kaca sand-blasted dengan rangka baja ini menciptakan privasi semitransparan untuk area makan dan dapur outdoor.

Dinding partisi outdoor Push Pull Pool Pavilion Seattle oleh Lane Williams Architects [Sumber: lanewilliams.com]

2.Partisi free-standing wall

Pilihan partisi outdoor free-standing walls ini terbuat dari paduan panel corten steel dan kayu yang bertujuan menciptakan privasi. Perhatikan bagaimana desain partisi outdoor bermain pola ketinggian dan variasi material untuk menciptakan efek dramatis.

Model partisi outdoor Highgate Garden oleh London Garden Designer [Sumber: londongardendesigner.com]

3.Bilah baja

Anda bisa menciptakan privasi dan menghalangi pandangan di taman belakang dengan pergola tradisional yang lebih modern, yaitu dinding partisi outdoor menggunakan bilah baja (slatted steel) dicat yang dipasang pada tiang.

Baja slatted pada pergola Joffre Residence oleh Kurt Krueger Architect [Sumber: kurtkruegerarchitect.com]

4.Logam laser-cut

Model ini lebih umum dalam desain taman, dinding partisi outdoor artistik yang terbuat dari logam laser-cut yang dapat digunakan untuk memisahkan ruang kebun, menciptakan privasi pada bak mandi air panas, atau menyembunyikan tempat sampah. Menambahkan lampu pada dinding juga dapat memberikan efek dramatis di malam hari dari bayang-bayang yang dipancarkan oleh pola artistik dari dinding logam tersebut.

Dinding partisi outdoor dari logam laser-cut [Sumber: hsprecisao.com.br]

5.Pagar tanaman

Saat memilih tanaman untuk material partisi outdoor, pertimbangkan apakah Anda menginginkan privasi total dalam bentuk pagar tanaman solid atau lebih sedikit privasi dengan pagar tanaman yang lebih jarang dan agak terbuka.

Untuk menciptakan privasi dan peredam suara maksimal, pilihlah jenis tanaman evergreen yang rimbun, seperti teh-tehan, pakis/paku, beluntas, atau yang berbunga seperti bunga soka, bunga sepatu, dan sebagainya, dan tempatkan setengah dari jarak tanam yang disarankan.

Untuk pagar tanaman yang lebih jarang yang memungkinkan tembus cahaya, pilihlah jenis cemara-cemaraan seperti pohon cedar, pinus pakis, dan sebagainya; atau tanaman pucuk merah, Japanese holy, American holy, bambu hias, dan sebagainya. Jika ingin tanaman merambat, Anda bisa pilih Clementis, English Ivy, tanaman sirih, dan sebagainya.

Desain partisi outdoor tanaman pagar Balaclava Road House oleh COS Design [Sumber: homeadore.com]

6.Pagar pohon

Untuk tampilan pagar tanaman ini, Anda bisa menata deretan pohon yang masih berumur muda dengan cabang-cabang lentur yang membentuk model partisi outdoor nyaris datar dengan cara membengkokkan dan menjalin ranting-rantingnya. Di halaman ini, deretan pepohonan peneduh ini dipertahankan agar tetap memiliki ketinggian yang sama, namun tetap memanfaatkan pemandangan menarik dari kanopi pepohonan di dekatnya.

Pilihan partisi outdoor pagar pohon oleh Janine Pattison Studios [Sumber: stormicus.com]

7.Tanaman pot

Penempatan deretan pot-pot tanaman bisa sangat efektif untuk membatasi view dan menciptakan privasi untuk area patio dalam taman. Jenis pohon cemara kecil berukuran sama dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda jika Anda menyukai pembatas yang lebih jarang.

Model partisi outdoor tanaman pot [Sumber: lowes.com]

8.Kayu daur ulang

Dinding partisi outdoor yang terbuat dari kayu daur ulang (recycled woods) beraneka warna kayu ini menciptakan privasi untuk area deck kolam dan taman belakang.

Water Pond contemporary landscape San Francisco oleh Arterra Landscape Architect [Sumber: arterrasf.com]

9.Kisi-kisi kayu

Inilah pilihan partisi outdoor yang cukup murah dan banyak tersedia di berbagai tempat. Kisi-kisi kayu yang silang-menyilang adalah material partisi outdoor yang bagus untuk menciptakan privasi parsial.

Pilihan partisi outdoor dari kisi-kisi kayu [Sumber: stormicus.com]

10.Panel kayu

Untuk menciptakan privasi di rumah ini, sang perancang memasang material partisi outdoor dari panel kayu dengan konsep free-standing wall. Keuntungan menggunakan panel kayu sebagai pilihan partisi outdoor, dan bukan pagar tradisional, adalah Anda dapat menyesuaikan ketinggian dan penempatan setiap bagian sehingga secara selektif dapat membatasi view yang tidak menarik atau menciptakan privasi dari bangunan di dekatnya.

Dinding partisi outdoor panel kayu Hollcroft Residence oleh Giulietti Schouten Architects [Sumber: houzz.com]

11.Akrilik warna

Jika Anda memerlukan model partisi outdoor yang unik untuk menciptakan privasi atau memisahkan satu area taman dari tempat lain, mengapa tidak menonjolkan ciri khas yang istimewa? Lembaran akrilik warna-warni dekoratif adalah pilihan material partisi outdoor yang juga menciptakan efek dramatis.

Ide desain partisi outdoor dari akrilik warna [Sumber: abcdoes.com]

12.Material berlapis

Material padat seperti logam, batu, batu bata, dan beton sejauh ini paling efektif untuk meredam kebisingan lalu lintas atau mesin industri. Lapisi material padat tersebut dengan material yang lebih ringan, misalnya seperti tanaman dan pagar beton, untuk meredam lebih banyak kebisingan daripada jika menggunakan material secara terpisah. Menambahkan suara yang menyejukkan seperti gemercik air juga bisa membantu. Desainer halaman ini melakukan keduanya: dinding free-standing wall dengan air mancur built-in menciptakan privasi dari bangunan sekitarnya dan mengurangi kebisingan dari jalan raya terdekat, sementara gemercik air menghadirkan ketenangan.

Model partisi outdoor dengan material berlapis [Sumber: feelitcool.com]

Jika Anda ingin mengenal material lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk menciptakan privasi dengan desain partisi outdoor, Anda bisa mempelajari info material terbaru di sini.

Nah, apa sajakah material partisi outdoor yang Anda pakai? Silakan bagikan kepada kami!

Beberapa Ide Desain Kreatif Untuk Rumah Anda :

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.