Desain Rumah Mewah Modern Minimalis dengan Taman yang Memesona

Desain Rumah Mewah Modern Minimalis dengan Taman yang Memesona | Foto artikel Arsitag

Rumah modern minimalis, karya Rakta Studio,via arsitag.com

Modern minimalis menjadi salah satu konsep desain arsitektur yang sering menarik perhatian dan menjadi favorit di berbagai negara. Konsep modern minimalis memiliki karakteristik kesederhanaan pada bentuk, material, ruang, detail, hingga warna. Pembentukan ruang yang terbuka dengan pencahayaan maksimal juga umum dipakai sebagai karakter dan ciri khas rumah modern minimalis.

Tidak sekadar bangunan rumahnya, ketika membahas sebuah hunian, tak lengkap jika tidak melibatkan tamannya. Ya, taman pada sebuah rumah merupakan penunjang keindahan arsitektural sekaligus memberi kenyamanan bagi penghuninya. Pentingnya penataan taman dalam karya arsitektur ini pula yang diterapkan oleh arsitek Vidor Saputro dkk dari Rakta Studio, dalam mendesain HP House di Kota Bandung.

Seperti apa taman rumah mewah HP House berkonsep modern minimalis ini? Mari kita ulik lebih dalam.

1. Teras yang menyatu dengan taman
Teras rumah karya Rakta Studio, via arsitag.com

Teras rumah karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Teras yang lebar dengan pemandangan langsung ke taman, dijamin akan membuat betah penghuni rumah. Penggunaan elemen kayu pada lantai, pilar, hingga atap juga menjadikan teras ini terkesan sejuk dan menenangkan. Level teras dan taman yang cenderung sejajar membuat kedua area ini terkesan menyatu. Keharmonisan ini menjadikan pengalaman ketika berada di teras terasa lebih lega, tidak terkekang, atau bebas. Ini sesuai dengan konsep arsitektur modern minimalis itu sendiri, yaitu menciptakan ruang arsitektur yang luas dan terang untuk menciptakan kenyamanan.

Baca juga:  Ciri-ciri desain rumah minimalis

2. Taman dengan kesan bersih
Area kolam renang rumah karya Rakta Studio, via arsitag.com

Area kolam renang rumah karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Bangunan rumah mewah minimalis ini menerapkan bentuk geometris dan simpel. Dipadukan secara apik dengan taman rumah yang juga sederhana. Dominasi rumput dengan tanaman semak pendek sebagai border, menjadikan taman terlihat clean. Minimnya penggunaan tanaman dengan pola tanam yang teratur seperti ini, merupakan salah satu ciri dari taman rumah modern minimalis.
 

Baca juga: Desain Rumah Modern Minimalis dengan Roster Beton Super Kece
 

3. Taman cantik sekitar kolam renang
Taman ala resor tropis di rumah karya Rakta Studio, via arsitag.com

Taman ala resor tropis di rumah karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Area taman dari HP House ini menyatu pula dengan kolam renang. Dilengkapi dengan gazebo berbentuk kotak, tampilan secara keseluruhan memang sangat cantik dan mewah. Menghadirkan nuansa yang lebih alam, taman yang cukup rimbun dibuat di sepanjang sisi kolam dan gazebo. Meskipun cukup rimbun, namun penataannya tetap rapi dan teratur sehingga konsep minimalis tidak berubah. Selain itu, pemilihan pohon kamboja menjadi sangat tepat, karena karakternya yang khas untuk menunjang estetika arsitektur rumah dan taman. Menghasilkan suasana kolam renang gaya resor minimalis semakin terasa.

4. Perpaduan warna yang menarik mata
Rumah modern minimalis karya Rakta Studio, via arsitag.com

Rumah modern minimalis karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Pada desain arsitektur berkonsep modern minimalis, kombinasi warna yang dipakai umumnya tidak begitu banyak. Warna-warna yang dipilih juga biasanya mengacu pada kenyamanan visual yang melihatnya. Seperti pada taman dan rumah ini, Rakta Studio memilih perpaduan warna-warna alam berupa cokelat, hitam, dan putih untuk bangunan rumah dan gazebo. Hal ini menjadikannya serasi dengan warna hijau pada tanaman dan biru pada kolam.
 

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Modern dengan Taman Tropis yang Rimbun dan Cantik
 

5. Harmonis dengan alam sekitar
Overview rumah karya Rakta Studio, via arsitag.com

Overview rumah karya Rakta Studio,via arsitag.com
 

Berada di kawasan yang masih terbilang asri dan hijau, jika dilihat secara utuh maka HP House sangat selaras dengan alam sekitarnya. Pagar yang dihiasi tanaman juntai lee kwan yew, area taman yang hijau, hingga penempatan beberapa pohon di taman dalam dan luar pagar, menjadi satu kesatuan yang membuat hunian ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memesona secara estetika.

Rumah modern minimalis memang identik dengan taman yang sederhana. Namun begitu, Rakta Studio berhasil membuat konsep sederhana itu tetap melibatkan unsur-unsur tropis. Hal ini menjadikan HP House berdiri tidak sekadar menjadi sebuah bangunan rumah mewah, tetapi juga harmonis dengan alam hijau di sekitarnya.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.