Tips Desain Interior Simpel untuk Rumah Mungil dengan Budget Terbatas

Tips Desain Interior Simpel untuk Rumah Mungil dengan Budget Terbatas | Foto artikel Arsitag
Cover : R House At Taman Laguna Karya Sontang M Siregar (Sumber: arsitag.com)
 

Semua orang memimpikan rumah dengan desain interior yang cantik dan mewah. Sayangnya, apa yang kita inginkan kadang tak sesuai dengan dompet. Karena itu, desain interior hemat biaya seringkali dicari sebagai jalan keluar untuk memiliki rumah indah tanpa khawatir tersandung masalah uang.

Langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan desain sesuai budget tanpa membuat rumah jadi terkesan murahan? Simak beberapa langkah mudah berikut ini dan wujudkan rumah mungil nyaman seperti yang Anda impikan selama ini!

Buat DIY Wallpaper

Buat DIY Wallpaper
Buat DIY Wallpaper (Sumber: pinterest.com)
 

DIY atau Do it Yourself adalah salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk memangkas biaya kebutuhan harian termasuk dekorasi rumah. Alih-alih mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk wallpaper dinding, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri dengan stensil? Anda bisa mencari desain gratis di internet. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa merancangnya sendiri untuk mendapatkan desain interior simpel yang tentu saja tak ada duanya di dunia ini.

DIY tidak hanya bisa Anda lakukan untuk wallpaper saja, tetapi juga untuk bagian-bagian lain dari rumah Anda. Anda bisa menjahit sendiri sarung cushion cantik hingga gorden kamar dengan kain corak yang Anda sukai. Selain menghemat, desainnya tentu akan khas karena hanya Anda yang punya.
 

Jadikan Koleksi Anda Sebagai Hiasan

Jadikan Koleksi Anda Sebagai Hiasan
Jadikan Koleksi Pribadi Sebagai Pajangan (Sumber: pinterest.com)
 

Membeli berbagai hiasan dinding atau barang-barang unik untuk memenuhi lemari hias di rumah akan memakan biaya yang tak sedikit. Jika Anda punya koleksi benda-benda menarik seperti action figure atau piringan hitam, Anda bisa menjadikannya sebagai pengganti hiasan. Selain bisa menghemat, Anda juga tak perlu memikirkan di mana harus menyimpan semua koleksi Anda. Jika tidak ada koleksi gelas atau piring-piring cantik, juga bisa jadi gantinya.
 

Buat Pajangan dengan Barang-barang Bekas

Buat Pajangan dengan Barang-barang Bekas
Buat Pajangan dengan Barang Bekas (Sumber: pinterest.com)
 

Jika Anda punya kreativitas, barang-barang bekas di rumah juga bisa menjadi bahan dekorasi yang menarik. Kaleng-kaleng bekas bisa Anda cat dan ditumpuk sedemikian rupa sebagai tempat penyimpanan. Botol-botol warna-warni bisa Anda pasangi bola lampu di dalamnya dan install di salah satu sisi dinding. Punya mason jar tak terpakai? Jadikan vas bunga gantung di dekat jendela.
 

Memasang Cermin

Memasang Cermin
Memasang Cermin untuk Kesan Luas (Sumber: pinterest.com)
 

Sebuah cermin punya kekuatan untuk membuat ruangan yang kecil menjadi tampak lebih luas. Carilah cermin dengan frame unik yang sesuai dengan konsep interior rumah Anda. Cermin berukir akan tampak cantik dipasangkan dengan ruangan bergaya klasik, minimalis, atau Skandinavian. Cermin berbingkai solid atau berwarna gelap tampak serasi dengan interior modern atau industrial.
 

Warnai Langit-langit Rumah Anda

Warnai Langit-langit Rumah Anda
Warnai Langit-langit Rumah Anda (Sumber: pinterest.com)
 

Banyak orang mengabaikan tampilan plafon rumah mereka dan membiarkannya dicat dengan warna yang membosankan - putih. Padahal kalau Anda menambahkan sentuhan warna lain, tampilan keseluruhan rumah akan terasa berbeda. Gunakan warna biru pastel, abu-abu, lavender, atau kuning mentega untuk menarik perhatian tanpa terasa berlebihan.
 

Perbarui Kabinet di Dapur Anda

Perbaharui Kabinet untuk Suasana Dapur yang BaruPerbaharui Kabinet untuk Suasana Dapur yang Baru (Sumber: pinterest.com)
 

Terlepas dari posisinya sebagai ruangan yang penting di dalam rumah, dapur seringkali terabaikan. Padahal, suasana dapur juga bisa memberikan kesan mewah secara menyeluruh pada rumah mungil Anda. Jika membeli kabinet baru terasa memberatkan karena harganya yang tidak murah, bagaimana kalau mengecat ulang saja?

Mempercantik rumah sebenarnya tidak harus dengan biaya yang mahal. Kalau Anda cukup cermat berbelanja online atau ke pasar barang antik, akan ada banyak produk yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."