5 Tips Menarik Menyusun Bantal Sofa Ruang Keluarga Layaknya Desainer Profesional

5 Tips Menarik Menyusun Bantal Sofa Ruang Keluarga Layaknya Desainer Profesional | Foto artikel Arsitag

Susunan bantal sofa cantik, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com

Semahal dan semewah apa pun sofa yang Anda miliki, belum tampak sempurna jika tanpa penataan yang tepat. Salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan saat menata sofa di rumah adalah cushion alias bantal sofa. Desain bantal sofa tidak hanya memiliki peran secara fungsional, tetapi juga peran estetik yang tidak kalah penting.

Keberadaan bantal sofa bisa menyulap sofa tua menjadi lebih cantik. Bantal kursi juga bisa membuat dekorasi interior ruang keluarga menjadi semakin menarik. Kalau Anda tertarik mencari inspirasi bagaimana menata bantal sofa untuk desain ruang keluarga yang apik, silakan simak beberapa referensi berikut ini!

Berikan “Percikan” Warna dalam Ruangan Monokrom Anda
Cushion warna orange yang menghidupkan suasana, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com

Cushion warna orange yang menghidupkan suasana, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com
 

Anda menginginkan dekorasi ruang keluarga yang minimalis dengan warna monokrom yang mendominasi? Kehadiran bantal sofa bakal memberikan sentuhan tersendiri yang menghidupkan suasana, lho. Selain memilih bantal yang bertema senada dengan interior, berikan ”percikan” tambahan dengan memilih warna yang cerah. Salah satu contohnya bisa Anda lihat pada desain ruang keluarga karya Michael Lauw Studio ini. Terlihat segar dan nyaman, bukan?
 

Baca juga: Inspirasi Jendela Full dari Lantai sampai Plafon untuk Rumah Bermandikan Cahaya
 

Padukan dengan Cushion Bergambar
Cushion bergambar yang manis, foto oleh Skitterphoto, via pexels.com

Cushion bergambar yang manis, foto oleh Skitterphoto, via pexels.com
 

Desain sarung bantal sofa yang bisa Anda pilih sangatlah banyak. Apabila Anda sudah bosan dengan gaya yang minimalis atau corak yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba gaya yang lain yakni dengan sarung bantal printing. Anda bebas mencetak gambar apa saja yang Anda sukai. Akan tetapi, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan gaya interior ruangan agar keterikatan seluruh komponen di dalamnya tidak hilang.
 

Padukan Berbagai Ukuran Cushion
Beragam ukuran cuhsion, foto oleh Charlotte May, via pexels.com

Beragam ukuran cuhsion, foto oleh Charlotte May, via pexels.com
 

Banyak orang yang hanya terpaku pada satu ukuran cushion saja. Padahal, menambahkan bantal lain yang ukurannya berbeda, baik yang lebih besar atau yang lebih kecil, akan berpengaruh membuat ruangan tampak semakin kaya. Pada desain di atas misalnya, Anda bisa melihat sebuah bantal kecil yang hadir di antara tiga bantal kursi berukuran besar. Meski ukurannya lebih kecil, namun karena pemilihan sarungnya yang tepat, si imut ini tetap tampil menonjol bahkan menjadi titik pusat bagi sofa hitam polos.

Bantal Sofa yang Senada dengan Tema Ruangan
Bantal sofa dengan tone warna krem, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com

Bantal sofa dengan tone warna krem, ruang keluarga karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com
 

Anda khawatir warna sarung bantal yang senada dengan tema ruangan akan terlihat monoton? Kunci terpenting ada pada pemilihan corak dan tekstur yang berbeda untuk masing-masing sarung bantal. Menata ruang keluarga dengan gradasi warna yang serasi, sangat disarankan untuk Anda yang menginginkan kenyamanan maksimal. Jika memilih warna yang sama, pastikan gradasinya berbeda satu sama lain agar tidak tidak terlihat membosankan. Contohnya bisa Anda simak pada desain di atas.
 

Baca juga: Desain Rumah Eklektik dengan Sentuhan Warna-Warni yang Berani
 

Pilih Sarung Bantal Sofa dengan Tema Serupa
Sarung bantal sofa dengan tema serupa, foto oleh Jean van der Meulen, via pexels.com

Sarung bantal sofa dengan tema serupa, foto oleh Jean van der Meulen, via pexels.com
 

Sofa dengan warna putih merupakan sofa yang paling fleksibel. Anda sangat leluasa menghiasnya menggunakan beragam corak sarung bantal. Perlu diingat, jangan lupa untuk menghadirkan keterikatan antara satu sarung bantal dengan sarung bantal lainnya. Misalnya saja pada ruangan keluarga di atas. Sang desainer memasang enam buah bantal sofa dengan tiga corak berbeda. Meskipun berbeda-beda, namun dari segi warna dan corak geometris yang digunakan, ketiga desainnya masih tampak serasi satu sama lain.

Itulah beberapa inspirasi bagi Anda yang ingin menata sendiri bantal sofa di rumah Anda agar tampil lebih menarik. Jangan lupa, padu padankan dengan dekorasi lain agar hasilnya semakin maksimal. Selamat mencoba!

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."