Variasi Atap Rumah Minimalis yang Kreatif Sekaligus Cantik

Variasi Atap Rumah Minimalis yang Kreatif Sekaligus Cantik | Foto artikel Arsitag
Cover: P_House di BSD, Serpong karyaStudio Air Putihtahun 2012  (Sumber: arsitag.com)

Atap sebagai pelindung rumah dari panas dan hujan. Atap juga menjadi bagian tampilan eksterior rumah. Bahkan, saat mencari rumah seseorang, dari kejauhan akan tampak atapnya terlebih dahulu. Bentuk atap juga dipengaruhi keadaan iklim serta konsep gaya yang ingin ditampilkannya. Selain tuntutan utamanya sebagai pelindung, dan segi estetisnya untuk mempercantik eksterior rumah, ternyata ada beberapa desain atap yang juga memberi efek khusus yang fungsional untuk interior rumah. Bentuk atap yang benar-benar dipikirkan secara matang dan diikutsertakan dalam keseluruhan perancangan akan berfungsi optimal dan menyatu dengan arsitektur rumah dengan baik.

Bagaimana desain atap yang baik dan fungsional? Desain atap seperti apa yang bisa mendukung konsep arsitektur rumah secara keseluruhan? Bagaimana pula variasi atap rumah minimalis yang kreatif sekaligus cantik?  Artikel ini akan menampilkan beberapa desain atap rumah minimalis yang mampu berfungsi maksimal, unik, kreatif, dan cantik serta mampu memposisikan desain atap sebagai bagian tak terpisahkan dari rumah.

1. Atap rumah multi-fungsi

Kembang Murni House karya RAW Architecture West Jakarta, Indonesia (Sumber: arsitag.com)

Kembang Murni House karya RAW ArchitectureWest Jakarta, Indonesia(Sumber: arsitag.com)

Sekilas tampaknya atap Kembang Murni House hanya berupa atap dak biasa dengan sedikit balkon. Bentuk atap dak paling identik dengan dominasi unsur garis pada arsitektur rumah minimalis.

Kembang Murni House di Jakarta Barat karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Kembang Murni House di Jakarta Barat karya RAW Architecture(Sumber: arsitag.com)

Tapi ternyata atap rumah ini sangat multi-fungsi, sebagai atap penutup bagian atas rumah, kolam renang, taman, dan area perletakan bak tampungan air. Perlu diingat, saat berencana mendesain atap seperti ini, perhitungkan segi struktur termasuk ketebalan dak yang diperlukan untuk menahan beban air kolam. Perhatikan pula jenis pohon yang akan ditanam. Paling aman jika memilih menanam dalam pot, seperti kamboja jepang dan aneka sukulen. Namun, tidak tertutup kemungkinan untuk menanam jenis tanaman lainnya langsung di tanah. Yang penting, pilih pohon dengan perakaran yang tidak terlalu dalam agar tidak menembus struktur dak atap.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendesain Taman Rumah Minimalis Di Atap (Rooftop Garden)

2. Atap Interior

Spouse House karya Parametr Architecture tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)
Spouse House karyaParametr Architecturetahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Lho, atap kok interior? Atap itu kan bagian dari eksterior, apa hubungannya dengan interior? Mungkin hal itu yang terbersit dalam benak Anda ketika melihat istilah atap interior. Parametr Architecture memperlihatkan variasi atap yang kreatif pada Spouse House dengan ide atap interior. Dari luar, atap Spouse House seperti atap pelana pada umumnya. Tapi….

Spouse House di Discovery Bintaro, Tangerang karya Parametr Architecture (Sumber: arsitag.com)

Spouse House di Discovery Bintaro, Tangerang karya Parametr Architecture(Sumber: arsitag.com)

Ketika dilihat dari bagian dalam, atap ini tidak hanya sebagai pelindung rumah dari panas dan hujan, namun juga memberikan efek signifikan untuk interior rumah. Ekspos rangka dan bentuk atap mempercantik interior rumah sekaligus menambah luas ruang sehingga ruang di area tangga terasa lebih lega. Selain itu, bagian atap yang dirancang menjadi void berfungsi sebagai akses pencahayaan alami untuk interior rumah. Inilah sebabnya, atap Spouse House pantas dipilih menjadi contoh variasi atap rumah minimalis yang kreatif sekaligus cantik.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

3. Atap Pelana Minimalis Tropis

DJ House di Bengkulu karya Sontang M Siregar tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

DJ House di Bengkulu karyaSontang M Siregar tahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Atap pelana dianggap bentuk paling sederhana untuk sebuah atap. Jadi, bagaimana bisa divariasi lagi menjadi unik dan cantik? Ingatlah bahwa setiap bentuk unik dan rumit terbentuk dari variasi perpaduan bentuk-bentuk dasar yang sederhana. Begitu pula atap pelana, dari paling sederhana bisa divariasikan dan dikreasikan menjadi bentuk fungsional yang unik dan cantik. Sontang M Siregar memanfaatkan bentuk atap pelana minimalis pada DJ House. Selain karena tuntutan curah hujan wilayah tropis, penyesuaian dengan atap lingkungan sekitar menjadi alasan pemilihan bentuk atap pelana ini. Yang menjadi pembeda adalah atap pelana DJ House benar-benar minimalis dan menghadap arah berlawanan dengan atap rumah sekitar sehingga bagian segitiga menghadap depan rumah dan menampilkan muka bangunan yang lebih luas. Pengaplikasian sedikit ornamen dengan hanya jendela kecil dan keseluruhan warna putih menjadi penanda keminimalisan rumah tropis ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendesain Jendela Rumah Minimalis yang Elegan

4. Variasi atap pelana rumah minimalis modern

K-HOUSE - Yogyakarta di Yogyakarta karya Arsatama Architect tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

K-HOUSE - Yogyakarta di Yogyakarta karyaArsatama Architecttahun 2017(Sumber: arsitag.com)

Tuntutan bentuk rumah yang masih mencirikan kekhasan arsitektur Indonesia tropis sekaligus minimalis modern membutuhkan kreativitas yang mampu menampilkan semua ide tersebut. Bentuk atap pelana yang dipadukan dengan atap dak, sebagian dinding kaca vertikal di bawah atap, dan dinding rooster memperkuat kesan tropis yang mampu berpadu apik dengan arsitektur minimalis modern.

Baca juga: Desain Interior Rumah Tradisional yang Eksotis dan Menawan

VIlla Setia Budi  Medan, Sumatera Utara, Indonesia karya dutaland (Sumber: arsitag.com)

VIlla Setia Budi  Medan, Sumatera Utara, Indonesia karya dutaland(Sumber: arsitag.com)

Walau masih berupa konsep, hasil karya dutaland ini tampil cantik berkat bentuk atap pelananya yang sederhana, namun tampil elegan. Perpaduan bentuk segitiga dari atap menyatu cantik dengan permainan garis horizontal dan vertikal yang kreatif sebagai ciri khas arsitektur minimalis.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Desain Rumah Arsitektur Minimalis Modern

5. Atap perisai minimalis

House at Legenda Wisata di Cibubur karya Sontang M Siregar 2010 (Sumber: arsitag.com)

House at Legenda Wisata di Cibubur karya Sontang M Siregar2010(Sumber: arsitag.com)

Selain bentuk atap pelana, bentuk atap perisai juga menjadi bentuk yang digandrungi arsitektur tropis karena mampu mengantisipasi keadaan cuaca dengan baik dan bentuknya mengikuti denah rumah. Dan ternyata, bentuk atap perisai juga mampu menyatu cantik dengan arsitektur minimalis.

Baca juga: 15 Prinsip Desain Rumah Minimalis dengan Sentuhan Gaya Jepang

420 Residence di Jakarta karya 1+8 Architect tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

420 Residence di Jakarta karya1+8 Architecttahun 2013(Sumber: arsitag.com)

Walaupun, konsep rumah minimalis mengedepankan kesederhanaan yang fungsional, namun tidak ada batasan dalam berkreativitas dan menuangkan ide-ide unik yang cantik. Demikian juga untuk bagian atap rumah minimalis. Tuangkan semua ide tersebut dalam batasan kejelasan fungsi yang jelas. Semua bagian yang berfungsi dengan baik akan tampil cantik dalam rumah minimalis karena Anda mampu menampilkan fungsinya secara apik. Padukan bentuk atap dan fungsinya dengan bagian interior dan eksterior rumah. Biarkan setiap bagian rumah Anda saling melengkapi dan menyatu dengan indah.

Baca juga:

Kesan Tradisional dari Atap Ijuk

Mengenal Gaya Rumah Minimalis di Jepang

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.