8 Desain Rumah Cluster Tanpa Pagar yang Sedang Nge-Hits

8 Desain Rumah Cluster Tanpa Pagar yang Sedang Nge-Hits | Foto artikel Arsitag
Senggigi GardenCover: Senggigi Garden Karya kalayman (Sumber: arsitag.com)

Dalam beberapa tahun ke belakang, pembangunan besar-besaran rumah sistem cluster yang dilakukan pengembang membuat model rumah satu ini semakin ngehits.  Tidak hanya di Pulau Jawa, kota-kota besar di pulau lain pun mulai berlomba mendirikan perumahan dengan desain rumah cluster.

Rumah cluster adalah sekelompok bangunan perumahan yang dibangun dengan konsep serupa, namun tidak dilengkapi pagar. Untuk sistem keamanan biasanya pengelola (dalam hal ini pengembang) membuat satu gerbang utama sebagai pengontrol keamanan. Biasanya para penghuni tidak dibenarkan mengubah desain rumah termasuk mengubah bagian depan atau menambahkan pagar pribadi. Meski kondisi ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan hunian Anda pada model rumah cluster. Sebagai referensi, berikut 8 model rumah cluster terbaru.

Rumah Kecil At Ozone Residence

Rumah Kecil At Ozone Residence Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)Rumah Kecil At Ozone Residence Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Rumah Kecil At Ozone Residence Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Perumahan yang berdiri di lahan terkecil Ozone Residence di daerah Bintaro ini dibangun dengan anggaran terbatas dan lahan yang kecil. Keterbatasan lahan membuat konsep cluster paling pas digunakan. Dengan lebar hanya 6 meter, pengembang masih bisa memberikan ruang untuk taman kering sekaligus ventilasi. Rumah satu dengan rumah lainnya juga tetap masih memiliki jarak.

Denah Rumah Cluster Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)Denah Rumah Cluster Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Denah Rumah Cluster Karya AKANOMA YU SING (Sumber: arsitag.com)

Material yang digunakan merupakan material ekspos yang menunjukkan bahan bangunan seperti batu bata, semen dan kayu apa adanya. Meski begitu, desain cluster satu ini tetap terlihat berkelas.

Rumah Bima

8 Desain Rumah Cluster Tanpa Pagar yang Sedang Nge-HitsRumah Bima Karya .aradigma (Sumber: arsitag.com)

Rumah Bima Karya .aradigma (Sumber: arsitag.com)

Rumah Bima adalah salah satu tipe rumah yang ada Kompleks Amerta Palma yang ada di Malang. Dengan menerapkan konsep cluster tanpa pagar, Rumah Bima adalah rumah minimalis yang akan memuaskan Anda meski dengan lahan kapling yang kecil. Rumah Bima didirikan oleh pengembang di atas tanah seluas 8x11 meter. Konsep Void yang digunakan pada desain ruang makannya memberikan kesan luas seolah lantai atas dan lantai bawah bersatu. Selain itu, Void juga membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Desain eksterior depan yang menggunakan dua warna (cokelat dan putih) pun tetap terlihat modern dan manis meski dibuat dengan desain simpel.

Rumah Bogor

Rumah Bogor Karya AN+ (Sumber: arsitag.com)Rumah Bogor Karya AN+ (Sumber: arsitag.com)

Rumah Bogor Karya AN+ (Sumber: arsitag.com)

Rumah Bogor yang minimalis ini tetap memberikan ruang untuk taman mungil sebelum pintu masuk. Dengan menonjolkan warna-warna alami yang lembut, Rumah Bogor bisa menjadi inspirasi untuk cluster hunian Anda.

Rumah Putih

Rumah Putih Karya Aezar Architect (Sumber: arsitag.com)Rumah Putih Karya Aezar Architect (Sumber: arsitag.com)

Rumah Putih Karya Aezar Architect (Sumber: arsitag.com)

Jika ingin tampak depan rumah Anda tampak lebih luas, alih-alih memanjang, model cluster Rumah Putih ini bisa menjadi ide bagus untuk hunian Anda. Pintu depan dibagi menjadi dua bagian: untuk garasi mobil dan pintu masuk. Dominasi warna putih pada interior dan eksteriornya tentu membuat desain rumah Anda tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Rumah Suluh

Rumah Suluh  Karya ARTELIER (Sumber: arsitag.com)Rumah Suluh  Karya ARTELIER (Sumber: arsitag.com)

Rumah Suluh  Karya ARTELIER (Sumber: arsitag.com)

Sengaja didesain untuk rumah cluster, rumah suluh tetap memasang separuh pagar dengan bagian terbuka untuk garasi mobil. Dibuat dengan dua lantai, Rumah Suluh tak hanya mengandalkan warna-warna minimalis namun memasang banyak kaca transparan sebagai pengganti dinding beton di beberapa bagiannya.

Senggigi Garden

Senggigi Garden Karya kalayman (Sumber: arsitag.com)Senggigi Garden Karya kalayman (Sumber: arsitag.com)

Senggigi Garden Karya kalayman (Sumber: arsitag.com)

Seperti namanya, Senggigi Garden tampil dengan nuansa hijau di sekeliling dan di tengah-tengah perumahannya. Setiap unitnya didesain secara minimalis dengan warna cokelat tua dan muda yang mendominasi. Untuk mendukung suasana hijau, di halaman masing-masing rumah dilengkapi dengan taman kecil.

Quantum Royale Residence

Quantum Royale Residence At Bantul Karya Hendra Budi Architect (Sumber: arsitag.com)Quantum Royale Residence At Bantul Karya Hendra Budi Architect (Sumber: arsitag.com)

Quantum Royale Residence At Bantul Karya Hendra Budi Architect (Sumber: arsitag.com)

Quantum Royal Residence yang berada di Bantul ini merupakan perumahan cluster kecil dengan bentuk yang memanjang yang simpel dan tidak memusingkan. Rumah-rumahnya juga dibuat dengan desain minimalis dan warna-warna kayu yang kalem.

The East Shore Estate

The East Shore Karya erwin kusuma (Sumber: arsitag.com)The East Shore Karya erwin kusuma (Sumber: arsitag.com)

The East Shore Karya erwin kusuma (Sumber: arsitag.com)

Perumahan satu ini dikembangkan di Kawasan Klungkung Bali dengan konsep cluster, tanpa pagar. Demi memberikan hunian yang cocok bersanding dengan suasana alam Bali yang memesona, sang desainer memadukan konsep arsitektur modern dengan elemen adat Bali yang khas.

Baca juga:

5 Model Perumahan Terbaru Yang Sedang Diminati Masyarakat

75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah Dan Indah

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."