8 Ide Tangga Kreatif dan Keren untuk Ruang Sempit

8 Ide Tangga Kreatif dan Keren untuk Ruang Sempit | Foto artikel Arsitag

Desain tangga ruang sempit rumah karya Aksioma dan Fiano, via arsitag.com
 

Ketika Anda tinggal di sebuah rumah yang sempit, Anda mungkin menghadapi kesulitan menentukan posisi tangga. Tentu saja, Anda tidak ingin membuang terlalu banyak ruang untuk membangun tangga. Meskipun menghadapi keterbatasan ruang, namun Anda tetap harus membangun tangga untuk mengakses lantai di atas, bukan? Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu mencari trik desain tangga rumah yang sesuai untuk space sempit milik Anda.

Ingin memiliki tangga keren tanpa harus khawatir kekurangan tempat? Beberapa desain tangga rumah tingkat sempit berikut ini bisa Anda jadikan referensi.

Desain Tangga Kayu Multifungsi
Desain tangga ruang sempit rumah karya Aksioma dan Fiano, via arsitag.com

Desain tangga ruang sempit rumah karya Aksioma dan Fiano, via arsitag.com
 

Pada praktiknya, ternyata tangga dapat berkontribusi menghemat ruang di rumah Anda, lho. Yakni dengan menjadikan tangga sebagai tempat penyimpanan multifungsi. Jadi, kalau Anda berencana meletakkan satu lemari besar, cobalah memasang tangga multifungsi yang dapat sekaligus menjadi lemari penyimpanan. Sangat praktis, bukan?

Desain Ribbon Staircase
Desain tangga berbentuk pita, via contemporist.com

Desain tangga berbentuk pita, via contemporist.com
 

Tangga berbentuk pita adalah ide yang cerdas untuk ruang sempit di rumah Anda. Model tangga ini memiliki sudut lebih vertikal dibandingkan tangga biasa. Untuk keamanan, Anda bisa membuatnya lebih lebar. Dengan bentuk yang unik, tangga ribbon ini bisa menjadi focal point yang unik di dalam rumah Anda.

Desain Floating Staircase
Desain tangga melayang, via contemporist.com

Desain tangga melayang, via contemporist.com
 

Cara cerdas lain mengatasi kekurangan tempat untuk tangga adalah dengan menggunakan tangga apung atau floatingstaircase. Konsepnya sesuai dengan tangga rumah minimalis yang mengutamakan kesederhanaan penggunaan material. Untuk meminimalisasi kesan sempit, cobalah memasang tangga menggunakan frame dari besi yang senada dengan warna utama ruangan. Kelebihan lain tangga melayang ini adalah Anda masih bisa menggunakan ruang di bawahnya untuk meletakkan sesuatu, atau sekadar ruang terbuka untuk melintas. Tidak ada ruang yang mubazir, bukan?

Baca juga: 8 Cara Efektif Bikin Ruang Sempit Jadi Nyamanvia Kompas.com
 

Desain Tangga Besi Minimalis
Desain tangga besi minimalis, via contemporist.com

Desain tangga besi minimalis, via contemporist.com
 

Jangan biarkan ruangan serba terbatas menghalangi Anda untuk memberikan sentuhan modern ke dalam interior rumah dengan tangga. Berbahan besi hitam, desain tangga rumah minimalis yang sangat inovatif merupakan cara cerdas membuat tangga dengan lahan terbatas. Tentu, desainnya sudah disesuaikan dengan faktor keamanan pengguna, baik dari segi usia pengguna, aktivitas sehari-hari, hingga frekuensi penggunaan tangga. 

Tangga Sekaligus Rak
Tangga yang berfungsi sebagai rak buku, via contemporist.com

Tangga yang berfungsi sebagai rak buku, via contemporist.com
 

Ide tangga rumah kecil selanjutnya memang tampak lebih terjal dari tangga biasa. Namun, desainnya yang menyatu dengan rak buku, adalah solusi penghematan ruang yang luar biasa. Untuk menerapkan tangga jenis ini, usahakan agar lantai di atasnya tidak terlalu tinggi, untuk mencegah Anda terjatuh dari sana.

Tangga Spiral
Tangga spiral warna merah menyala, via contemporist.com

Tangga spiral warna merah menyala, via contemporist.com
 

Desain tangga spiral kerap dijadikan solusi untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan ruang. Desain tangga spiral mungil seperti ini cocok ditempatkan di sudut kecil, untuk membantu Anda naik ke atas tanpa memakan banyak tempat. Warnanya yang cerah sekaligus menjadi aksen yang menarik di tengah-tengah interior ruangan serba putih.

Baca juga: 8 Ide Desain Tangga Yang Membuat Rumah Minimalis Jadi Tampil Keren
 

Desain tangga spiral minimalis warna hitam, via contemporist.com

Desain tangga spiral minimalis warna hitam, via contemporist.com
 

Desain tangga spiral klasik pun masih dianggap sebagai solusi tepat untuk menghemat tempat. Tangga hitam bergaya industrial ini sangat cocok dijadikan sarana untuk naik dari ruang keluarga menuju kamar tidur di bagian mezanin. Warna hitam tangga yang serasi dengan perabotan sofa, meja, dan standing lamp menghasilkan penampilan yang edgy dan modern. Kehadiran tangga di tengah ruangan pun sama sekali tidak mengganggu pemandangan.

Tangga Kayu Unik
Desain tangga kayu unik, via contemporist.com

Desain tangga kayu unik, via contemporist.com
 

Desain tangga berikutnya disusun oleh lebih dari 100 potong kayu pohon birch. Batang baja yang saling berpaut dengan kayu anak tangga, menciptakan tangga yang menarik secara visual dan memberikan tampilan berbeda dari setiap sudutnya. Menarik, bukan?

Jangan lupa, tunjang area tangga dengan penerangan yang memadai. Agar tidak menimbulkan kesan gelap atau sumpek. Penerangan yang cukup berperan penting dalam menciptakan ruang yang terlihat lebih lega. Kini, tak ada lagi yang menghalangi Anda untuk memiliki tangga di ruang sempit, bukan?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."