Inspirasi Desain Pagar Teralis Minimalis untuk Tampilan Rumah Menawan

Inspirasi Desain Pagar Teralis Minimalis untuk Tampilan Rumah Menawan | Foto artikel Arsitag

Desain pagar teralis minimalis rumah, karya Monokroma Architect,via arsitag.com


 

Pagar rumah memang memiliki fungsi utama untuk menjaga keamanan, privasi, atau pembatas. Namun, dalam dunia arsitektur, pagar juga memiliki peran sebagai elemen estetika guna mendukung daya tarik rumah. Apalagi, secara posisi, pagar menjadi bagian rumah yang paling awal dilihat sehingga akan mempengaruhi persepsi orang yang datang. Tak heran, jika pagar kini memiliki banyak pilihan desain dengan berbagai bahan. Seperti pagar dari konstruksi besi alias teralis.

Pagar teralis saat ini banyak dikreasikan sehingga bisa disesuaikan dengan arsitektur rumah. Apalagi, untuk desain minimalis, pagar teralis semakin bisa diandalkan. Namun, banyaknya pilihan ini tak jarang membuat Anda bingung untuk memilih. Sebagai referensi, berikut beberapa insiprasi desain pagar teralis minimalis untuk tampilan rumah menawan.

1. Pagar teralis unik dengan lempengan bermotif
Desain pagar teralis minimalis rumah, karya Monokroma Architect, via arsitag.com

Desain pagar teralis minimalis rumah, karya Monokroma Architect,via arsitag.com
 

Pagar teralis ini terbilang unik dan berbeda. Pagar tersusun atas lempengan besi atau perforated metal yang tersusun berjajar. Hal yang menjadikannya menarik ialah lempengan ini memiliki motif bulat dan garis horizontal. Hal ini menjadikan pagar tidak terkesan kaku dan memberi ruang visual, sehingga area depan rumah masih bisa dilihat.

2. Pagar minimalis yang elegan
Desain pagar teralis rumah minimalis, karya Ivan Priatman Architecture, via arsitag.com

Desain pagar teralis rumah minimalis, karya Ivan Priatman Architecture,via arsitag.com
 

Pagar teralis pada rumah project IPCW Residence di atas bisa dikatakan sebagai pagar teralis minimalis yang umum dipakai. Namun, tampilan pagar teralis ini tetap memberi kesan mewah dalam kesederhanannya karena faktor warnanya. Warna hitam yang menyelimuti pagar menjadikannya terlihat elegan. Pilihan warna ini juga menjadikan bangunan rumah yang dominan putih menjadi lebih terekspos. Selain itu, warna hitam memberi efek siluet pada tanaman di taman rumah melalui kisi-kisi pagar teralis yang tampak semi tembus pandang.
 

Baca juga: Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan
 

3. Harmonisasi pagar teralis dan fasad bangunan
Desain pagar teralis minimalis yang serasi dengan fasad, karya Atelier Cosmas Gozali, via arsitag.com

Desain pagar teralis minimalis yang serasi dengan fasad, karya Atelier Cosmas Gozali,via arsitag.com
 

Keharmonisan desain antara fasad rumah dengan pagar merupakan suatu keharusan jika ingin menghadirkan hunian yang menawan. Seperti pada contoh rumah di atas, tampak pintu pagar teralis yang minimalis memiliki desain senada dengan fasad rumah. Keseragaman desain terlihat dari garis-garis vertikal yang dihadirkan dari ornamen fasad dan pagar. Warna putih untuk melapisi pagar teralis juga menjadi pilihan paling tepat untuk membuat arsitektur rumah lebih hidup.

4. Desain pagar teralis tinggi
Desain pagar teralis minimalis rumah, karya Das Quadrat, via arsitag.com

Desain pagar teralis minimalis rumah, karya Das Quadrat,via arsitag.com
 

Tiap desain menghasilkan kesan. Begitu pula pagar teralis. Pagar teralis ini akan memberi kesan visual tinggi jika kisi-kisi dibuat berdimensi vertikal. Merujuk pada desain rumah karya Das Quadrat, maka akan semakin menawan lagi jika pagar teralis minimalis memiliki desain yang menyatu dengan arsitektur bangunan rumah.

5. Kesan kokoh dari pagar teralis minimalis
Desain pagar teralis minimalis warna hitam, karya DP+HS Architects, via arsitag.com

Desain pagar teralis minimalis warna hitam, karya DP+HS Architects,via arsitag.com
 

Pagar teralis minimalis ini terlihat kokoh dengan warna dan tampilannya. Berwarna hitam, memberikan kesan maskulin namun tetap elegan. Sedangkan, kisi pagar berdimensi horizontal mampu memberi efek lebar dan luas. Namun, yang menjadikan tampilan pagar ini lebih menarik ialah lempengan besinya yang memiliki ukuran yang beragam. Hal ini menjadikan pagar teralis minimalis ini tampak lebih modern dan estetik.
 

Baca juga: Ide Desain Pagar Batu Alam Minimalis yang Tampil Kokoh dan Adem
 

6. Pagar teralis wiremesh
Desain pagar teralis minimalis bernuansa maskulin, karya Erwin Kusuma, via arsitag.com

Desain pagar teralis minimalis bernuansa maskulin, karya Erwin Kusuma,via arsitag.com
 

Pagar teralis dari desain rumah karya Erwin Kusuma terlihat minimalis nan elegan. Penggunaan wiremesh pada pagar menjadikan area dalam atau fasad rumah cukup terlihat dari luar. Namun, di sisi lain, desainer juga memberi pagar tembok, sehingga sisi lain dari fasad rumah justru tertutup. Konsep ini bisa dicontoh untuk Anda yang ingin mengekspos sebagian sisi depan rumah, tetapi ingin memberi privasi di sisi lainnya.

Jadi, ide desain pagar teralis minimalis mana yang paling Anda sukai? Sebelum mengaplikasikannya pada rumah, pastikan bahwa desain pagarnya selaras dengan fasad rumah untuk menghasilkan tampilan rumah yang menawan.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.