Desain Rumah Minimalis dengan Permainan Pola Artistik ala JXA Studio

Desain Rumah Minimalis dengan Permainan Pola Artistik ala JXA Studio | Foto artikel Arsitag
Desain rumah minimalis Mokie House ala JXA Studio (Sumber: arsitag.com)

Desain rumah minimalis merupakan desain yang mengedepankan penggunaan ruang secara maksimal tanpa penambahan elemen. Baik elemen interior, eksterior, maupun dekorasi yang tidak dibutuhkan. Hal ini terkadang membuat rumah minimalis terlihat kurang menarik. Namun, hal tersebut tidak terlihat sama sekali di Mokie House.

Mokie House menjadi salah satu perwujudan desain rumah minimalis yang sukses memasukkan berbagai pola artistik ke dalamnya. JXA Studio sebagai pihak yang bertanggung jawab atas desain rumah minimalis ini menggunakan pola artistik dalam berbagai aspek utama interior rumah. Hasilnya adalah tampilan yang cantik dengan mempertahankan nuansa minimalis yang kuat.

Permainan Pola Geometris yang Cantik dan Fungsional
Pola geometris pada atap teras rumah (Sumber: arsitag.com)

Pola geometris pada atap teras rumah (Sumber: arsitag.com)
 

Permainan pola arstistik pada Mokie House sudah terlihat sejak awal. Menggantikan kanopi dengan model yang biasa, bagian tangga dan teras depan rumah dinaungi sebuah kanopi unik yang menjadi identitas utama rumah. Dibuat membentuk balok dan memiliki lekuk-lekuk dengan pola layang-layang yang penuh lubang. Selain tampilannya yang unik dan cantik, lubang-lubang pada kanopi tersebut mempersilakan cahaya matahari untuk masuk dengan leluasa.

Selasar Ruangan
Bagian selasar rumah yang minimalis tanpa ada sentuhan dekorasi (Sumber: arsitag.com)

Bagian selasar rumah yang minimalis tanpa ada sentuhan dekorasi (Sumber: arsitag.com)
 

Anda akan disambut sebuah selasar ruangan yang sekali lagi tetap mengedepankan aspek minimalis. Selasar ini menjadi ruang pertama yang akan menyambut siapapun yang masuk melalui teras depan. Selasar yang cukup luas untuk menjadi sebuah ruang transisi antara bagian luar dan dalam rumah.

Lampu gantung cantik sebagai sumber penerangan (Sumber: arsitag.com)

Lampu gantung cantik sebagai sumber penerangan (Sumber: arsitag.com)
 

Uniknya, Anda akan menemukan dudukan dari bahan beton pada salah satu sudut selasar. Sudut ini dapat dipergunakan sebagai tempat untuk meletakkan tas ataupun barang-barang lain sebelum memasuki bagian utama rumah. Sebuah jendela kaca pada ujung tembok menjadi akses udara bebas dan sinar matahari sepanjang hari. Di malam hari, area ini dibantu penerangan menggunakan sebuah lampu gantung cantik yang menyerupai bentuk tetesan air.

Baca Juga: Ide Cerdik Ciptakan Selasar Rumah Multifungsi nan Cantikvia Kompas.com

Memaksimalkan Penerangan Alami
Dinding kaca pada sisi-sisi ruangan untuk memaksimalkan penerangan alami (Sumber: arsitag.com)

Dinding kaca pada sisi-sisi ruangan untuk memaksimalkan penerangan alami (Sumber: arsitag.com)
 

Desain rumah Mokie House memaksimalkan sumber penerangan alami yang berasal dari cahaya matahari. Hal ini terlihat jelas dari penggunaan dinding kaca pada beberapa sisi ruangan. Penggunaan dinding kaca ini memungkinkan sinar matahari masuk dengan leluasa sepanjang hari. Sementara sentuhan artistiknya sendiri terlihat pada desain lampu gantung yang digunakan di atas meja makan. Lampu gantung yang menyerupai sangkar berbentuk hati berfungsi sebagai sumber penerangan tambahan, sekaligus juga sebagai dekorasi ruangan.

Konsep Ruang Terbuka
Konsep ruang terbuka pada desain rumah minimalis Mokie House (Sumber: arsitag.com)

Konsep ruang terbuka pada desain rumah minimalis Mokie House (Sumber: arsitag.com)
 

Desain rumah minimalis pada umumnya menggunakan konsep ruang terbuka. Tak terkecuali pada area ruang keluarga ini yang memanjang menyatu dengan ruang makan. Area dapur, ruang makan, dan juga ruang keluarga seolah digabung menjadi satu. Sebagai pembatas antara masing-masing ruangan tersebut, digunakan pembatas visual. Dalam hal ini berupa karpet yang menjadi penanda ruang keluarga. Selain itu, digunakan juga gorden dan pintu kayu geser yang saling berhadapan sebagai pemisah dengan ruangan lainnya.

Pola Sarang Lebah pada Dinding Ruangan
Pola sarang lebah yang unik dan artistik pada dinding ruangan (Sumber: arsitag.com)

Pola sarang lebah yang unik dan artistik pada dinding ruangan (Sumber: arsitag.com)
 

Permainan pola artistik lain yang dapat ditemukan dalam rumah minimalis ini adalah pola sarang lebah yang berada pada salah satu dinding ruangan. Pola ini ditempelkan pada dinding lorong yang berada di bagian samping rumah. Lorong yang menjadi penghubung antara teras dengan ruang keluarga dan untuk mengakses ruangan yang berada di lantai bawah.

Tampilan pola sarang lebah dari ruang keluarga (Sumber: arsitag.com)

Tampilan pola sarang lebah dari ruang keluarga (Sumber: arsitag.com)
 

Pola sarang lebah ini ternyata menjadi pemandangan yang dapat terlihat dari ruang keluarga yang menggunakan dinding kaca. Tampilannya yang unik membuatnya menjadi sebuah sentuhan dekorasi yang tidak terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan desain rumah secara keseluruhan sudah  meminimalisasi dekorasi, maka kehadiran aksen sarang lebah dapat tampil sangat menonjol.

Pemilihan furnitur yang simpel pun semakin memperkuat nuansa minimalis. Bahkan jarang sekali ditemukan barang pernak-pernik di atas meja. Semua tersimpan rapi dalam tempat tertutup. Desain rumah ini jelas sekali ingin menonjolkan unsur ornamen artistik geometri, bahkan semenjak melihat penampakan luarnya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis