Desain Rumah Modern Minimalis yang Memaksimalkan Bukaan dan Cahaya Alami

Desain Rumah Modern Minimalis yang Memaksimalkan Bukaan dan Cahaya Alami | Foto artikel Arsitag

Desain rumah modern minimalis karya Lineamarca, via Arsitag.com
 

Kini semakin banyak contoh desain rumah modern yang memasukkan konsep minimalis demi mendapatkan tampilan terbaik dan kenyamanan penghuni. Penggabungan konsep ini dapat Anda lihat di sebuah rumah modern di Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang ditangani oleh Lineamarca. Desain rumah modern minimalis ini memaksimalkan bukaan-bukaan dan cahaya alami. Dinding dan atap kaca dapat ditemukan di hampir setiap sudut ruangan. Unsur-unsur alam pun dilibatkan sebanyak mungkin sehingga rumah modern ini sangat asri. Bahkan, unsur alam dihadirkan secara spesial hingga menunjang kemegahan rumah. Penasaran seperti apa?

Eksterior Rumah Modern Minimalis Serba Kaca
Eksterior rumah dengan fasad elegan yang terkesan ringan, via Arsitag.com

Eksterior rumah dengan fasad elegan yang terkesan ringan, via Arsitag.com
 

Gaya minimalis segera bisa dirasakan semenjak melihat bagian eksterior rumah. Bentuk fasad yang unik dan elegan menjadi daya tarik dari luar. Garis-garis tegas dan bentuk-bentuk kotak mendominasi. Telihat jelas, elemen kaca terbilang banyak dan mempersilakan cahaya alami menembus setiap bagian dalam rumah minimalis. Elemen kaca kemudian berpadu cantik dengan material kayu yang menampilkan serat-serat alami serta warna natural. Untuk meminimalisasi kesan kaku, keberadaan tanaman hijau di taman semakin menambah asri suasana rumah bergaya modern ini.

Teras dengan atap kaca, via Arsitag.com

Teras dengan atap kaca, via Arsitag.com
 

Tak hanya pada dinding-dindingnya saja, elemen kaca juga dipilih untuk atap bagian teras. Mengakibatkan area teras terang benderang. Adapun, permainan warnanya cenderung aman, yakni warna putih untuk dinding, warna hitam untuk rangka dan kusen, serta warna cokelat yang berasal dari elemen kayu natural. Elemen-elemen inilah yang mempertegas gaya modern yang diinginkan.  

Desain Rumah Modern Minimalis dengan Konsep Void yang Sejuk dan Asri
Void untuk courtyard dengan pohon yang tinggi, via Arsitag.com

Void untuk courtyard dengan pohon yang tinggi, via Arsitag.com
 

Demi memaksimalkan bukaan dan cahaya alami, tim Lineamarca mengusung konsep void rumah. Konsep void menyediakan sebuah ruang kosong terbuka di tengah-tengah konstruksi antara lantai satu dan lantai dua. Lantas, kesan megah terpancar dari sebuah pohon yang menjulang tinggi yang ditanam di tengah courtyard tersebut. Anda bisa menyaksikan bagaimana kombinasi lantai kayu dan batu koral putih di area sekitar bawah pohon membuat ruang void tampak sangat asri dan cocok untuk bersantai.

Taman vertikal yang megah dan artistik, via Arsitag.com

Taman vertikal yang megah dan artistik, via Arsitag.com
 

Selain pohon, salah satu sisi ruang void dilengkapi pula dengan taman vertikal setinggi dua lantai. Tampak sangat cantik nan menghijau. Adapun atap void menggunakan material kaca, menjadi akses masuknya cahaya matahari dengan optimal. Keberadaan void ini sekaligus membuat ruangan di sisi-sisinya memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Hematnya lagi, cahaya alami yang masuk mampu menerangi ruangan tanpa banyak lampu. Konsep void juga menimbulkan efek visual ruangan yang lebih luas dan lapang.

Baca juga: Taman-Taman di Dinding, Manakah yang Paling Cantik?via IDN Times
 

Penggunaan Material Kaca Demi Limpahan Cahaya Alami
Penggunaaan dinding kaca yang maksimal, via Arsitag.com

Penggunaaan dinding kaca yang maksimal, via Arsitag.com
 

Penggunaan material kaca tak hanya untuk fasad bangunan saja. Bagian dalam rumah pun banyak memakai material kaca yang identik dengan rumah bergaya modern. Tujuannya, tak lain demi memaksimalkan paparan cahaya alami. Contohnya saja, dinding yang berbatasan langsung dengan ruang void. Dinding-dinding kaca inilah yang memungkinkan cahaya matahari di siang hari masuk secara leluasa.

Penggunaan material kaca membuka akses cahaya ke penjuru rumah, via Arsitag.com

Penggunaan material kaca membuka akses cahaya ke penjuru rumah, via Arsitag.com
 

Bukaan besar yang dilengkapi dengan kaca juga ditambahkan pada area yang berada dekat dengan anak tangga. Keberadaan bukaan ini mengakibatkan area tangga diterangi cahaya alami yang melimpah. Ditambah, nuansa alami semakin kental berkat penggunaan material kayu pada anak tangga yang mempertahankan tampilan serat dan warna natural.

Penggunaan kaca menerangi area tangga, via Arsitag.com

Penggunaan kaca menerangi area tangga, via Arsitag.com
 

Desain Kamar Mandi Modern dengan Sentuhan Cahaya Alami
Kamar mandi dengan shower room dengan bukaan kaca yang mempersilakan masuknya cahaya alami, via Arsitag.com

Kamar mandi dengan shower room dengan bukaan kaca yang mempersilakan masuknya cahaya alami, via Arsitag.com
 

Rumah yang menggabungkan konsep modern dan minimalis ini dilengkapi dengan beberapa kamar mandi. Memperkuat nuansa modern, setiap kamar mandi dirancang agar cahaya alami tetap bisa menjadi salah satu sumber penerangan. Anda dapat menemukan jendela minimalis pada area mandi atau area shower di setiap kamar mandi. Jenis kaca yang dipilih bertekstur buram, namun tetap bisa ditembus cahaya alami.

Kamar mandi dengan shower box, via Arsitag.com

Kamar mandi dengan shower box, via Arsitag.com
 

Sementara itu, area bathtub juga dilimpahi cahaya alami karena ditempatkan di samping jendela kaca. Posisi yang menghadap bukaan area kolam renang, membuat ruang bathub terasa lebih bersih dan lapang. Pandangan mata saat menggunakan bathtub pun jadi lebih luas. Siapa pun, pasti betah berlama-lama. Penempatan bathtub seperti ini juga bisa dicoba sebagai solusi menyiasati kamar mandi yang tak terlalu luas dalam desain rumah minimalis.

Baca juga: Yuk Mengenal “Powder Room”, Kamar Mandi Mungil di Ruang Tamu Anda
 

Kamar mandi dengan bathtub dengan jendela langusng menghadap kolam renang, via Arsitag.com

Kamar mandi dengan bathtub dengan jendela langusng menghadap kolam renang, via Arsitag.com
 

Tim jasa desain rumah Lineamarca tampaknya berhasil menampilkan sebuah gambar rumah modern minimalis yang sejuk dan asri. Yakni, dengan memaksimalkan bukaan dan cahaya alami. Didukung area sekitar rumah yang dilengkapi tanaman hijau, maka hunian ini bak oase di tengah perkotaan yang padat. Rumah yang dilengkapi kolam renang ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan mengembalikan kesegaran pandangan mata. Tertarik memiliki hunian dengan konsep serupa?

Baca juga: 

Ciri-ciri Rumah Minimalis Penuh Inspirasi

Jenis Desain Rumah

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.