Yuk Mengenal “Powder Room”, Kamar Mandi Mungil di Ruang Tamu Anda

Yuk Mengenal “Powder Room”, Kamar Mandi Mungil di Ruang Tamu Anda | Foto artikel Arsitag

Contoh desain interior powder room yang elegandan modern, via onemega.com
 

Apakah Anda pernah mendengar istilah powder room? Istilah ini memang kurang populer di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tanpa sadar sebenarnya Anda sudah pernah masuk ke dalam ruangan tersebut, lho. Powder room sebenarnya merupakan ruang toilet sempit yang hanya terdiri atas kloset, wastafel, dan cermin di dalamnya.

Powder room biasanya digunakan untuk merias diri. Pada sebuah rumah, ruangan ini biasanya berada di dekat area ruang tamu karena memang powder room adalah kamar kecil yang diperuntukkan bagi tamu. Luas dari powder room juga umumnya tidak terlalu besar, sebab ruangan ini memang tidak diisi oleh banyak barang atau furnitur.

Inspirasi powder room, via freelancer.co.id

Inspirasi powder room, via freelancer.co.id
 

Walaupun kecil, biasanya sebuah powder room memiliki desain yang cantik. Desain ini penting karena powder room kerap menjadi salah satu indikator penilaian status sosial seseorang. Dari segi material, bahan yang digunakan cukup beragam dan biasanya merupakan material kering, karena memang powder room adalah area yang kering.

Powder room harus memiliki tampilan ruang yang bersih dan nyaman agar tamu yang masuk tidak merasa jijik dan tetap merasa nyaman. Yuk, intip beberapa inspirasi powder room yang bisa Anda hadirkan di ruang tamu rumah Anda.

Tema nautikal
Nautical powder room, via decorpad.com

Nautical powder room, via decorpad.com
 

Suka suasana pantai yang menenangkan? Dengan inspirasi gaya ala pantai, desain ini mengutamakan keseluruhan warna putih yang bersih dengan aksen warna biru laut yang menyegarkan. Tambahkan sedikit unsur dekoratif yang identik dengan pantai, seperti keranjang rotan atau lap tangan dengan motif berwarna biru.

Elegan dan glamor
Powder room yang mewah, via decoist.com

Powder room yang mewah, via decoist.com
 

Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan mewah serta elegan pada toilet, Anda bisa mendesain powder room dengan menggunakan material serta warna toilet yang mengkilap. Penggunaan warna cokelat tua pada kayu akan memberikan kesan material dengan kualitas baik. Material marmer menjadi pilihan paling cocok untuk digunakan pada toilet dengan desain mewah. Anda bisa menggunakan warna marmer putih atau hitam pada dinding dan lantai kamar mandi. Teksturnya yang unik akan meningkatkan kesan elegan dan mewah. Tambahkan pula detail emas untuk menambah kemewahannya.

Tambahkan unsur alami
Unsur bambu yang alami, via decoist.com

Unsur bambu yang alami, via decoist.com
 

Untuk menambahkan kesan sejuk pada powder room, Anda bisa menggunakan bambu sebagai dekorasi di dalam kamar mandi. Bambu adalah material alami yang mampu memberikan kesejukan serta kesan unik dan tradisional pada ruangan. Tampilan kamar mandi Anda pun bisa terlihat seperti sebuah hotel, lho.

Baca Juga: 6 Inspirasi Kamar Mandi dengan Banyak Kaca dan Bebatuan Alami. Berasa Mandi di Villavia Hipwee

Stay gold
Tambahkan unsur emas dalam powder room, via veranda.com

Tambahkan unsuremas dalam powder room, via veranda.com
 

Dengan pencahayaan yang tepat dan furnitur yang berkelas, Anda bisa mempunyai toilet tamu yang berkelas, elegan, dan juga mewah. Ide yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai ukuran powder room cukup besar. Bagian yang dekat dengan jendela adalah wastafel dan cermin sebagai sudut untuk berias yang didukung oleh pencahayaan alami dari jendela.

Klasik Inggris
Powder room klasik nan cantik, via teamns.info

Powder room klasik nan cantik, via teamns.info
 

Ingin menampilkan desain yang sederhana namun tetap kece? Anda bisa memilih ide rancangan yang menggunakan detail ornamen klasik Inggris. Inspirasi powder room ini cocok sekali untuk Anda yang tidak suka desain yang terlalu berlebihan. Meskipun simple, namun tetap berkelas.

Wallpaper yang ceria
Wallpaper yang ceria untuk powder room, via toneontoneantiques.blogspot.com

Wallpaper yang ceria untuk powder room, via toneontoneantiques.blogspot.com
 

Desain yang satu ini awalnya tampak biasa karena hanya menggunakan material berwarna dasar putih. Kemudian, warna dan motif pada dinding membangkitkan kesan ceria pada ruangan yang sempit. Gunakan wallpaper dengan warna dan motif yang hidup, seperti bunga atau dedaunan. Namun, hindari pemilihan motif yang terlalu penuh yang justru membuat ruangan terasa lebih sempit.

Jika Anda menginginkan powder room yang elegan dan mewah, beberapa contoh desain bergaya klasik di atas dapat menjadi referensi. Meskipun lahannya terbatas, kesan mewah tetap terasa. Kira-kira desain yang mana nih, yang paling Anda sukai?

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.