Material Berharga untuk Dinding dan Pagar pada Taman Modern

Material Berharga untuk Dinding dan Pagar pada Taman Modern | Foto artikel Arsitag

Pagar adalah elemen pertama yang menciptakan titik fokus dan menentukan karakter sebuah rumah. Dalam hal ini, ciptakan komponen pelengkap arsitektur dari sebuah rumah kontemporer dengan pagar taman yang terbuat dengan material mutakhir. Mulai dari pagar akrilik berwarna terang dan kaca mengilap hingga dinding batu bronjong yang masif, inilah beberapa bahan bangunan yang cocok untuk setiap gaya lanskap, namun tetap mempertahankan privasi.

cement boardPagar panel cement board (Sumber: flickr.com)

1. Panel cement board

Panel cement board terbuat dari campuran semen dan serat penguat yaitu bahan serbaguna untuk menutupi dinding luar atau membuat partisi.

patioDesain pagar patio oleh Growsgreen Landscape Design (Sumber: houzz.com)

Bahan ini dapat dicat warna-warni untuk melengkapi warna ruang luar sesuai pilihan Anda. Dalam gambar ini, panel cement board dicat warna hijau dan dipadukan dengan bilah kayu bekas pakai dengan tone warna yang berbeda.

2. BetonPagar beton oleh Cumberland – John Maniscalco Architecture (Sumber: houzz.com)

2. Beton

Dinding beton kasar menambahkan kesan industrial pada gaya lanskap. Padukan tampilan beton masif dengan decking kayu yang merupakan tekstur bersifat hangat dan mengundang. Sebaliknya, ubahlah tone beton kasar dengan menambahkan warna berbeda pada saat konstruksi dinding.

3. Baja Cor-TenPagar baja Cor-Ten pada Wallington Resort (Sumber: kingslandscaping.com.au)

3. Baja Cor-Ten

Mengembangkan patina karat alami dari waktu ke waktu, baja Cor-Ten adalah pilihan yang cocok untuk tampilan rustic yang lebih modern. Baja dapat dibeli dalam bentuk lembaran dan dapat digunakan baik sebagai pagar pembatas zona privasi ataupun dinding backdrop yang berdiri sendiri.

Anda bisa memadukan dengan tekstur panel kayu yang bersifat hangat untuk memperlunak sifat baja yang kaku.Pagar baja Cor-Ten (Sumber: blog.deedsdesign.com)

Anda bisa memadukan dengan tekstur panel kayu yang bersifat hangat untuk memperlunak sifat baja yang kaku.

4. Logam bergelombang (corrugated metal)Pagar logam bergelombang (Sumber: photos.hgtv.com)

4. Logam bergelombang (corrugated metal)

Kokoh dan murah, material ini dapat digunakan untuk membuat pagar taman yang tak lekang oleh waktu. Logam berpola gelombang di halaman belakang ini menambah kesan industrial yang kaku dan menjadi tekstur yang menarik pada taman. Pagar logam berpola gelombang ini juga dapat memberikan latar belakang netral yang menarik untuk kanopi patio.

5. Panel kacaPagar kaca dan baja Cor-Ten (Sumber: thedangergarden.com)

5. Panel kaca

Panel kaca menjaga privasi, namun membebaskan cahaya tetap masuk. Pagar pada gambar ini menciptakan desain pagar custom yang terbuat dari paduan pelat baja Cor-Ten dan kaca buram.

6. Bilah logamPagar bilah logam Casa Sorteo Tec No. 191 oleh Arq. Bernardo Hinojosa (Sumber: homedsgn.com)

6. Bilah logam

Pagar bilah logam adalah salah satu ide desain pagar yang paling disukai. Selain mudah dan cepat dipasang, pagar ini sangat tahan lama dan fleksibel dalam gaya dan desain. Di taman ini, pagar kontemporer terbuat dari bilah logam vertikal yang membentuk penghalang yang menarik secara visual sebagai sebuah karya seni modern.

Siapa bilang bilah logam tidak dapat dianyam? Jika Anda ingin mencoba inovasi baru, pagar bilah logam sederhana ini merupakan desain custom dengan konstruksi anyaman.Ide desain pagar bilah logam anyaman (Sumber: renoguide.com.au)

Siapa bilang bilah logam tidak dapat dianyam? Jika Anda ingin mencoba inovasi baru, pagar bilah logam sederhana ini merupakan desain custom dengan konstruksi anyaman.   

7. Besi tulanganSaratoga Creek House di San Fransisco oleh WA Design Architects (Sumber: houzz.com)

7. Besi tulangan

Pagar rebar atau besi tulangan ini memberikan batas tanpa menghalangi pandangan. Tiang-tiang besi tulangan dilas pada balok baja yang tertanam di bawah tanah, dan menjadi pondasi kokoh yang menopang pagar besi tulangan ini.

8. Dinding batu bronjong (rock gabion wall)Ide dan desain pagar dinding batu bronjong (Sumber: eclecticlivinghome.wordpress.com)

8. Dinding batu bronjong (rock gabion wall)

Pagar rumah ini menggunakan paduan rangka kayu dan teknik konstruksi bronjong dinding batu untuk menampilkan kesan kontemporer. Dinding batu bronjong ini terbuat dari rangka besi yang dapat diisi dengan batu, beton, kayu, atau bahan lainnya dan dapat berguna sebagai pembatas privasi, penghalang angin, dan dinding penahan.

Cobalah teknik konstruksi batu bronjong separuh jadi yang justru menjadi desain custom yang unik, dengan rangka besi transparan dan batu-batu yang seolah melayang.Pagar batu bronjong Cafe Ato Seoul Oleh Design Bono (Sumber: retaildesignblog.net)

Cobalah teknik konstruksi batu bronjong separuh jadi yang justru menjadi desain custom yang unik, dengan rangka besi transparan dan batu-batu yang seolah melayang.

9. Dinding kaca bronjong (glass gabion wall)House in the Garden oleh Cunningham Architects & Hocker Design Group (Sumber: homedsgn.com)

9. Dinding kaca bronjong (glass gabion wall

Pagar rumah ini didesain khusus dengan teknik konstruksi bronjong tetapi menggunakan bongkahan kaca yang dilengkapi dengan lampu yang cahayanya dapat terpantul lewat bongkahan kaca tersebut.

Perhatikan efek cahaya pada malam hari. Keren, bukan?House in the Garden oleh Cunningham Architects & Hocker Design Group (Sumber: homedsgn.com)

Perhatikan efek cahaya pada malam hari. Keren, bukan?

10. Bilah kayuPagar bilah kayu dan panel baja dekoratif (Sumber: renoguide.com.au)

10. Bilah kayu

Pagar yang terbuat dari bilah kayu dengan celah sempit ini memberikan pembatas privasi. Untuk tampilan unik yang lebih kontemporer, padukan dengan pelat baja dekoratif dan taman vertikal.

11. Bambu dekoratifIde desain pagar bambu (Sumber: bambooimport.com)

11. Bambu dekoratif

Bambu bersifat organis, dramatis, dan praktis. Pagar rumah ini terbuat dari bambu yang tampak cantik untuk setiap rancangan dan gaya lanskap apa pun. Batang-batang bambu dijajar sedemikian rupa sehingga membentuk dinding pembatas yang menawarkan privasi. [ROS]

Sumber :

www.houzz.com

Beberapa Ide Desain Kreatif Untuk Rumah Anda :

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.