Furnitur Modular untuk Gerai Toko yang Dinamis

Furnitur Modular untuk Gerai Toko yang Dinamis | Foto artikel Arsitag

Cover: Modular Display Retail Store, dokumentasi penulis


 

Sejak pandemi virus Corona berlangsung mulai tahun 2020 keadaan berubah total. Termasuk gerai pertokoan turut mengalami dampak, baik yang berdiri sendiri, maupun berada di dalam pusat perbelanjaan. Berdasarkan realita yang ada ini, konfigurasi ulang dan styling secara berkala perlu dilakukan. Hal ini memiliki peran yang signifikan, mengingat kondisi yang sangat dinamis dan berubah secara tiba- tiba.

Rancangan desain set furniture yang bisa diringkas dan dipindahkan dengan mudah akan menjadi poin plus untuk menunjang gerai toko yang memungkinkan berpindah ke berbagai lokasi, baik itu gerai utama, bazaar, maupun pameran. Maka dari itu, set elemen interior yang modular dianggap mampu menjawab kebutuhan, karena dapat menyediakan sebuah penataan interior yang mudah ditata ulang, namun tetap menampilkan estetika.

Berikut beberapa alternatif furnitur modular yang bisa diaplikasikan ke retail pascapandemi nantinya.

1. Piping Rack
Rak display model pipa, dokumentasi penulis

Rak display model pipa, dokumentasi penulis
 

Rancangan modul dari rak yang pertama berupa elemen garis dari kayu panjang yang menempel ke dinding. Kemudian, dikombinasikan dengan ambalan dan beberapa kabinet kayu yang memberikan fleksibilitas dalam penataan barang yang akan ditampilkan. Ditopang sebuah bidang yang dibuat dari stik secara berurutan, kemudian dijadikan sebagai kaki penyangga display. Sehingga, rak cukup stabil untuk berdiri sendiri di tengah ruangan.

Praktisnya lagi, Jarak antar komponen ambalan dan kabinet bisa diatur sesuai kebutuhan. Tingkat rapat ataupun renggang pun dapat menyesuaikan ukuran barang. Luas bidang yang tidak terlalu besar cocok untuk menampilkan barang koleksi yang edisi khusus dan memang ingin dijadikan pusat perhatian.

2. Island Center Display
Island display, dokumentasi penulis

Island display, dokumentasi penulis
 

Island display di toko secara langsung akan menjadi sebuah pusat perhatian dalam interior toko. Pemilihan warna yang cerah dan mencolok, akan menarik perhatian pelanggan tertuju pada produk yang ditampilkan pada area ini. Pemilihan bentuk untuk komponen island display umumnya cukup sederhana. Biasanya, dari bentuk geometris dasar yang bakal terlihat menarik setelah dilakukan pengulangan dengan susunan tertentu. Jumlah barang yang ditata bisa menyesuaikan keperluan, baik satu contoh saja maupun beberapa persediaan yang ditata dalam jumlah yang cukup banyak.
 

Baca juga: Desain Interior Restoran Burger Sehat yang Unik dan Menawan
 

3. Poke to Hole Display
Rak display model lubang, dokumentasi penulis

Rak display model lubang, dokumentasi penulis
 

Display tipe ini cukup sederhana dan sudah banyak ditemukan di masyarakat umum. Ide dasar dari modul berupa lubang yang bisa ditusuk dengan sebuah tongkat yang akan dijadikan penyangga bidang alas di atasnya. Demikian pula dengan sebuah bidang 3D yang salah satu sisinya diberi area offset yang sesuai dengan ukuran lubang. Beragam variasi dapat dikreasikan dari tipe display ini. Mulai dari yang paling sederhana berupa papan ambalan, lingkaran, hingga bentuk geometris lainnya. Desainnya yang bersifat fleksibel, mempersilakan Anda bebas menentukan jumlah pajangan. Ingin memajang produk satu benda saja, maupun beberapa persediaan sekaligus.

4. Floating Acrylic Display
Rak display model transparan, dokumentasi penulis

Rak display model transparan, dokumentasi penulis
 

Kesan futuristic sangat terlihat dari display tipe berikutnya. Pemilihan material yang transparan menimbulkan kesan  melayang. Pembuatannya cukup simple, dengan adanya laser cutting akrilik yang akan disatukan dengan teknik interlocking ataupun disekrup manual. Adanya bidang akrilik yang diulang-ulang dapat menjadi penyangga, agar display dapat berdiri di tengah ruang dan tidak bertumpu pada tembok. Model transparan pada display juga berdampak meningkatkan fokus pada item yang ditampilkan. Hal ini dikarenakan tidak ada distraksi dari warna yang mencolok.
 

Baca juga: Desain Rumah Minimalis dengan Tempat Penyimpanan Built-In Maksimal
 

5. Bar Tray Display
Rak display kayu, dokumentasi penulis

Rak display kayu, dokumentasi penulis
 

Penggunaan material kayu pada rak display menampilkan kesan sederhana dan stabil. Adanya bar kayu pada rangka display, membuat ketinggian ambalan rak mudah diubah-ubah sesuai kebutuhan. Pengaturan display ini cukup mudah dan tidak memerlukan sambungan khusus. Anda dapat menyesuaikan ambalan kayu dengan ketinggian produk yang akan ditampilkan. Kapasitasnya pun mampu menampung cukup banyak jumlah stok barang dan memuat berbagai ukuran yang berbeda.  

Setelah melihat beberapa alternatif furnitur modular untuk pertokoan, tentunya kita semakin punya gambaran untuk outlet toko ke depannya. Rancangan rak pajang yang dapat dibongkar pasang dan ditata ulang, akan sangat bermanfaat untuk gerai toko pascapandemi, yang dituntut untuk bisa dinamis mengikuti perkembangan dan perubahan. Jadi, untuk para pemilik bisnis yang punya rencana membuat gerai toko, desain furnitur modular patut menjadi komponen yang menarik dan bisa memberi solusi untuk penataan toko Anda nanti.

AUTHOR

Christina Tedjosoejanto

Christina Tedjosoejanto adalah penulis tamu yang mengirimkan artikel ke Arsitag. Sebagai mahasiswi Desain Interior UK Petra Surabaya, Christina memiliki ketertarikan untuk sharing ide-ide mengenai penataan ruang, desain interior, dan home furnishing. Motto hidupnya “Never Ending Improvement” membuatnya tidak berpuas diri atas pencapaian yang diraih dan selalu berkembang menjadi lebih baik.