Desain Rumah Minimalis dengan Tempat Penyimpanan Built-In Maksimal

Desain Rumah Minimalis dengan Tempat Penyimpanan Built-In Maksimal | Foto artikel Arsitag

Rumah minimalis dengan penyimpanan built-in, karya Kala Casa Studio, via arsitag.com


 

Pernah mendengar konsep tempat penyimpanan built-in? Konsep built-in semakin populer dan diminati di dunia furnitur. Istilah built-in digunakan untuk menyebut furnitur yang dibuat custom sesuai dengan bentuk ruang yang ada dalam hunian.

Tempat penyimpanan yang dibuat dengan cara built-in tidak bisa dipindahkan, karena memang telah disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Konsep ini banyak digunakan pada hunian dengan luas terbatas yang tidak memiliki banyak ruang untuk meletakkan furnitur siap pakai dengan ukuran yang besar. Selain itu, dengan menggunakan furniture built-in, Anda bisa memanfaatkan setiap sudut ruang secara maksimal.

Nah, salah satu desain rumah minimalis yang menggunakan tempat penyimpanan built-in hampir di setiap sudutnya adalah hunian karya Kala Casa Studio. Ingin melihat ide cerdasnya? Simak berikut ini.

Gaya Skandinavian Minimalis yang Simpel
Gaya Skandinavian minimalis, karya Kala Casa Studio, via arsitag.com

Gaya Skandinavian minimalis, karya Kala Casa Studio, via arsitag.com
 

Apartemen yang terletak di kawasan Bandung Utara ini mengusung konsep desain Skandinavian yang minimalis dan simpel. Perpaduan warna putih dan kayu menjadi dominasi pada setiap elemen interior apartemen. Baik untuk furnitur, dinding, lantai, hingga atap. Perpaduan warna natural ini pun dipadukan dengan lighting yang warm, sehingga menghasilkan hunian yang homey dan tenang.

Setiap area di dalam apartemen dibuat dengan desain yang simpel dan fokus pada fungsi. Maka dari itu, tempat penyimpanan yang efisien menjadi unsur utama yang diperhatikan.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen dengan Tempat Penyimpanan Maksimal
 

Kabinet untuk Rak Penyimpanan Sekaligus Meja Belajar
Kabinet multifungsi pada kamar, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com

Kabinet multifungsi pada kamar, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com
 

Dengan sistem built-in atau terpasang tetap, desainer menyiasati keterbatasan ruang dengan membuat rak dinding dengan fungsi ganda. Tak hanya memiliki banyak ruang penyimpanan di bagian atasnya, rak ini pun tersambung dengan meja belajar yang juga dilengkapi dengan rak terbuka minimalis di bagian sampingnya. Dengan begitu, penghuni pun bisa dengan mudah menyimpan berbagai perlengkapan. Tersedia penyimpanan tertutup di bagian atas tempat tidur, serta dapat meletakkan beberapa dekorasi di rak terbuka. Setiap sudut ruang yang tersedia di kamar ini sangat dipikirkan secara matang, agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Kitchen Set Built-In
Kitchen set built-in memenuhi dapur dan ruang makan, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com

Kitchen set built-in memenuhi dapur dan ruang makan, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com
 

Pada sebuah apartemen dengan luas yang terbatas, kitchen set built-in menjadi furnitur esensial yang harus dimiliki. Sebab, Anda membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan berbagai perlengkapan memasak, bahan makanan, dan juga perlengkapan makan.

Kitchen set pada dapur ini memaksimalkan seluruh ruang yang ada secara maksimal, baik itu di bagian atas hingga ke bagian bawahnya. Tak hanya itu, dapur built-in ini juga dilengkapi dengan ruang khusus untuk meletakkan lemari pendingin dan microwave secara sempurna sesuai dengan kebutuhan penghuninya.

Seluruh desainnya diperhatikan secara detail, sehingga dapur pun terlihat bersih, rapi, dan cantik. Tak ketinggalan, pencahayaan tersembunyi di area backsplash dan bagian bawah lemari pun membuat dapur jauh dari kesan kotor dan suram. Dengan dapur yang bersih dan rapi, visual ruangan tampak lapang dan apik meskipun ruang keluarga dan ruang makan menjadi satu.
 

Baca juga: Desain Rumah Mungil dengan Konsep Minimalis Jepang yang Super Simpel
 

Rak Built-In Minimalis untuk Dekorasi
Rak built-in untuk dekorasi, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com

Rak built-in untuk dekorasi, karya Kala CasaStudio, via arsitag.com
 

Lemari penyimpanan yang berada di area makan ini sekilas terlihat tersembunyi. Rak yang satu ini bisa menjadi solusi penyimpanan cerdas, karena dibuat seperti mengisi ceruk yang ada pada dinding. Ukurannya pun disesuaikan dengan ukuran ruangan. Rak terbuka yang difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan dekorasi dan koleksi pribadi ini pun menambah estetika dan membuat ruang terkesan lebih luas dengan konsep terbuka.

Dengan desain ruang makan open plan, memungkinkan rak built in ini pun menjadi dekorasi yang cantik bagi ruang keluarga. Di sisi lain, ruang keluarga yang minim dekorasi, sengaja menggunakan warna lebih cerah, seperti sofa warna biru dan bangku bulat warna merah. Membawa suasana yang lebih hidup dan segar bagi seluruh ruangan open plan.

Baca juga: Ide ide Desain Rumah

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.