Inspirasi Desain Interior Ruang Keluarga Minimalis untuk Rumah Mungil Anda

Inspirasi Desain Interior Ruang Keluarga Minimalis untuk Rumah Mungil Anda | Foto artikel Arsitag
Dendy Darman // arsitag.com
 

Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang, terutama mereka yang baru saja berkeluarga. Angan-angan bersantai menikmati momen kebersamaan dengan keluarga adalah sesuatu yang menyenangkan dan selalu dinantikan. Ruang keluarga tentunya diharapkan menjadi tempat utama untuk berkumpul. Maka dari itu, sebaiknya penataan ruang keluarga haruslah nyaman walaupun mungkin hanya sederhana. Meski memiliki ruang keluarga yang simpel, ada banyak cara untuk mendekorasinya agar terlihat lebih indah dan nyaman.

Sebenarnya, mendekorasi interior ruang keluarga minimalis tidak terlalu sulit. Anda bisa memainkan ide yang ada, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan bagi anggota keluarga Anda. Dengan interior ruang keluarga yang nyaman, acara bersantai akan lebih mengasyikkan. Supaya memudahkan Anda untuk membuat tampilan interior ruang keluarga minimalis yang sedap dipandang, berikut beberapa inspirasinya.

Ruang keluarga dengan ornamen kayu
Parametr Indonesia // arsitag.com

Parametr Indonesia // arsitag.com
 

Ruangan yang menonjolkan ornamen kayu ini bisa Anda tiru. Kabinet dan meja yang terbuat dari kayu memberikan kesan vintage dan elegan. Ditambah, lantai dengan karpet bulu semakin menambah kenyamanan dan kehangatan ruang keluarga. Untuk pencahayaan yang maksimal, Anda bisa menggunakan pintu kaca.

Ruang keluarga bergaya minimalis eklektik
elledecor.com

elledecor.com
 

Ide berikutnya, cobalah mengombinasikan gaya eklektik pada ruang keluarga minimalis. Pemakaian sofa dan kursi malas, meja koktail, dan karpet Skandinavian, dirangkai menjadi formasi yang memperindah ruangan. Apabila ingin menambahkan dekorasi, standing lamp dan lukisan berukuran sedang bisa menambah kesan romantis.

Baca juga: Inspirasi Desain Kantor Gaya Gado-Gado nan Unik dan Estetik via Liputan6.com
 

Ruang keluarga bernuansa pantai
elledecor.com

elledecor.com
 

Berikan nuansa pantai yang menyenangkan dalam ruang keluarga minimalis Anda melalui interior yang serba putih. Gunakan sofa putih dan kursi keluaran Hans Wegner berlapis kain untuk kesan elegan. Sertakan pula meja dan bangku koktail kenari berukuran kecil. Untuk terlihat lebih sejuk, tambahkan tanaman hias.

Ruang keluarga sederhana
interiordesign.id

interiordesign.id
 

Jika Anda memiliki ruang keluarga yang terbatas, tak perlu khawatir. Agar ruangan terkesan lega dan tidak sumpek, gunakan saja bean bag dan beberapa bantal dengan aneka motif. Kemudian, agar acara berkumpul bersama keluarga makin hangat dan nyaman, gunakan karpet turki sebagai alasnya. Untuk pelengkap dekorasinya, tambahkan meja kecil tempat kudapan disertai vas bunga.

Ruang keluarga yang digabungkan dengan ruang makan
rumah-minimalis.xyz

rumah-minimalis.xyz
 

Mendekorasi interior rumah yang luasnya sangat terbatas, menuntut pertimbangan khusus. Bukan mustahil untuk mewujudkan ruangan yang nyaman. Ide cerdik yang bisa dicoba adalah dengan menggabungkan ruang makan atau dapur dengan ruang keluarga.

Sebagai pemisahnya, Anda bisa menggunakan tirai partisi di antara dapur dan ruang keluarga. Agar berkesan lapang, cukup pakai sofa panjang dengan tambahan beberapa bantal. Karpet polos atau bermotif dapat digunakan untuk arena berkumpul keluarga Anda. Untuk dekorasi tambahan, tempatkan jam dinding atau meja kecil. Sementara itu, dinding dengan wallpaper bermotif pola Mondrian akan membangkitkan kesan modern pada ruangan.

Baca juga: Ruang Multifungsi di Rumah? Mengapa tidak! 
 

Ruang keluarga dengan gaya modern
instagram.com/tabloidrumah

instagram.com/tabloidrumah
 

Gaya modern memang paling mudah dan sering diterapkan pada ruang keluarga minimalis. Seperti ruangan ini yang mengandalkan warna netral putih pada dindingnya. Solusi mengakali ruang yang terbatas, sofa letter L dengan warna cerah menjadi furnitur utama. Jangan lupa, pasang karpet pada lantainya untuk area duduk ekstra saat berkumpul. Kemudian, hidupkan suasana dengan kabinet untuk menaruh TV, beserta rak tinggi sebagai tempat dekorasi seperti foto-foto atau pot tanaman hias.

Ruang keluarga mungil nan cantik
instagram.com/rumahcantikidaman

instagram.com/rumahcantikidaman
 

Coba perhatikan ruang keluarga yang satu ini. Walaupun sangat sempit, tetapi tetap terlihat cantik bukan? Kuncinya, hanya pada penataan yang tepat dan dekorasi yang optimal. Dengan memadukan konsep industrial, ruang keluarga ini tetap nyaman dan hangat. Beberapa dekorasi berupa pot tanaman hias ditambahkan untuk memberikan kesejukan pada ruangan. TV LED pun dipasang di dinding supaya tidak terlalu memakan banyak tempat. Sofa dua dudukan berwarna coklat sudah cukup menjadi pelengkap ruang keluarga. Sangat ringkas bukan?

Di samping menciptakan tampilan yang sedap dipandang, inspirasi interior ruang keluarga minimalis tetap mempertimbangkan faktor kenyamanan. Selain itu, kreativitas perlu dilibatkan untuk menghasilkan kepuasan maksimal. Manfaatkan referensi di atas untuk mewujudkan nuansa baru di ruang keluarga Anda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

FX Prasetyo

Mulai menapaki dunia menulis sejak tahun 2014, FX Prasetyo mencoba membuka dunia dan memberikan manfaat bagi banyak orang melalui tulisan. Bekerja dengan waktu yang fleksibel adalah yang disukainya, selain juga menyenangi sepakbola dan hiking.