Ide Dekorasi Ruang Keluarga Mungil dengan Tanaman Hijau Cantik

Ide Dekorasi Ruang Keluarga Mungil dengan Tanaman Hijau Cantik | Foto artikel Arsitag

Desain interior rumah, foto oleh Fer Troulik,via Unsplash
 

Ruang keluarga yang nyaman tentu menjadi impian banyak orang. Penataan ruang yang baik akan membuat pengalaman berkumpul bersama keluarga menjadi lebih intim dan harmonis. Ini bukan soal besar dan luasnya, ruang keluarga yang mungil pun jika didesain dengan tepat akan membuat betah setiap anggota keluarga.

Berbicara soal desain ruang keluarga, banyak elemen dekorasi yang mampu menunjang estetikanya. Rekomendasi yang banyak disukai orang ialah tanaman.

Ya, keberadaan tanaman dalam ruangan dipercaya ampuh mengubah nuansa ruangan secara langsung. Warna hijaunya yang alami, memberi kesan segar yang menyenangkan.

Sebagai referensi, berikut ide dekorasi ruang keluarga mungil dengan menggunakan tanaman hijau yang cantik.

1. Hijau tropis di sudut ruang
Desain ruang keluarga, foto oleh Spacejoy, via Unsplash

Desain ruang keluarga,foto oleh Spacejoy,via Unsplash
 

Ruang keluarga yang tidak begitu luas selayaknya didesain dengan meminimalkan penggunaan furnitur. Sofa minimalis menjadi pilihan yang sesuai dengan meja bundar dan rak tingkat di sampingnya. Sedangkan, untuk elemen tanaman, tak ada salahnya untuk memilih tanaman berdaun lebar seperti jenis pisang hias.

Keberadaan tanaman pisang hias efektif langsung memberi kesan tropis yang menyegarkan mata. Letakkan tanaman hias tropis ini di sudut ruang agar efisen tempat, namun keberadaannya tetap terlihat.

2. Sisi ruang dekoratif
Desain interior dengan tanaman dalam pot, foto oleh Spacejoy, via Unsplash

Desain interior dengan tanaman dalam pot,foto oleh Spacejoy,via Unsplash
 

Meskipun luasnya terbatas, estetika ruang keluarga harus tetap menjadi perhatian. Untuk mewujudkannya, cobalah menata satu sisi ruangan sebagai display atau dekorasi khusus. Pada sisi ini, Anda dapat memajang lukisan, foto, pajangan dinding, atau cermin dekoratif.

Rak sebagai ruang penyimpanan dapat pula dimanfaatkan bagian atasnya sebagai meja untuk menaruh lampu duduk, tanaman hias kecil, lilin dekorasi, dan pajangan cantik lainnya.

Jangan sampai ketinggalan, tata tanaman hias indoor dengan sedemikian rupa dan perhatikan keseimbangan visualnya. Tak perlu ragu untuk memilih tanaman berkarakter daun lebar untuk memberi kesan natural yang lebih kuat.
 

Baca juga: 5 Tips Menarik Menyusun Bantal Sofa Ruang Keluarga Layaknya Desainer Profesional
 

3. Hutan di ruang keluarga
Suasana bagai hutan mini dalam ruangan, foto oleh Luisa Brimble, via Unsplash

Suasana bagai hutan mini dalam ruangan, foto olehLuisa Brimble,via Unsplash
 

Jika Anda benar-benar mencintai tanaman dan ingin suasana dalam rumah bak hutan tropis, desain di atas adalah inspirasi yang menarik. Tanaman hijau khas tropis seperti paku-pakuan, monstera, hingga palem mendominasi dan tersebar di beberapa titik.

Meskipun banyak tanaman, namun penataannya tetap diperhatikan dengan baik sehingga tidak terkesan berantakan. Pilihan furnitur kayu juga sangat sesuai untuk menunjang konsep desain ruang keluarga yang sebenarnya tidak begitu luas ini. Sebagai kontras, lukisan dinding berukuran besar dengan warna-warni mencolok seketika menjadi pusat perhatian.

4. Warna netral untuk kesan luas
Tanaman indoor menghidupkan warna monoton, foto oleh Minh Pham, via Unsplash

Tanaman indoor menghidupkan warna monoton, foto olehMinh Pham,via Unsplash
 

Warna desain interior memberi efek yang cukup besar terhadap kesan luas dan sempitnya sebuah ruangan. Pada ruang yang mungil, maka warna-warna netral seperti putih, abu, atau cokelat bakal membuat ruangan terasa lebih luas.

Kombinasi antarwarna juga harus sedap dipandang agar tidak terkesan ‘bertabrakan’. Keunggulan dari warna-warna netral ialah cocok untuk disandingkan dengan warna hijau dari daun. Tanaman pun akan terlihat lebih segar dan membuat ruang keluarga lebih cerah.

5. Ruang keluarga mungil yang hangat
Desain interior rumah dengan tanaman hias, foto oleh Yahleen Gaffney, via Unsplash

Desain interior rumah dengan tanaman hias, foto oleh Yahleen Gaffney,via Unsplash
 

Pilihan furnitur yang tepat menjadi hal krusial dalam menata ruang keluarga berukuran mungil. Oleh karena itu, sofa, meja, dan lemari minimalis modern adalah pilihan yang paling mudah untuk diaplikasikan.

Menambahkan karpet di bawah meja akan memberi tekstur lebih spesial dan membuat ruangan terlihat semakin stylish. Sedangkan, tanaman indoor bisa ditata di sudut ruang menggunakan pot hias yang estetik. Jika perlu, pasang pula lampu hias cahaya kuning untuk memberi kesan hangat pada ruangan.

6. Permainan warna dan bentuk
Desain interior menampilkan aneka bentuk, foto oleh Spacejoy, via Unsplash

Desain interior menampilkan aneka bentuk, fotooleh Spacejoy,via Unsplash
 

Bermain dengan warna dan bentuk memang berisiko dalam mendesain ruang yang mungil. Namun, jika Anda bisa memadupadankannya dengan baik, desain yang atraktif dan ceria tentu bukan hal mustahil.

Tips yang bisa Anda terapkan ialah dengan mengecat dinding dengan warna netral seperti putih. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan warna dan bentuk dari perabotan dan dekorasi yang beragam.

Sedangkan untuk tanaman, Anda bisa meletakkannya di sudut ruang untuk yang berukuran besar dan sebagai tanaman utamanya. Tanaman indoor pendamping bisa diletakkan di atas meja atau digantung, agar ruang keluarga terlihat lebih manis.
 

Baca juga: Pesona Bahan Alami Rotan untuk Dekorasi Interior Rumah Anda
 

7. Memaksimalkan setiap sisi ruang
Tanaman dalam pot mempercantik ruang tv, foto oleh Patrick Perkins, via Unsplash

Tanaman dalam pot mempercantik ruang tv, foto olehPatrick Perkins,via Unsplash
 

Ruang yang mungil dan terbatas tentu membuat Anda harus menatanya secara lebih efektif dan efisien. Manfaatkan setiap sisinya tidak hanya untuk dekorasi tetapi juga untuk fungsi.

Namun, sering kali penataan interior seperti ini membuat ruang terasa penuh dan monoton. Oleh karena itu, perlu tanaman hias indoor yang berkarakter dekoratif untuk memberi ‘warna’ dan kesan segar.

Ruang keluarga yang nyaman tidak bergantung pada luasnya. Penataan dan desain yang tepat adalah kunci, sehingga Anda harus bijak dalam memilih furnitur dan elemen dekorasi. Tanaman sendiri adalah elemen dekorasi yang ampuh untuk membuat ruang keluarga menjadi lebih cantik dan menyenangkan untuk ditempati.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.