Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Sederhana Yang Elegan

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Sederhana Yang Elegan | Foto artikel Arsitag
Cover: PIK Residence oleh Emilia Oei (Sumber: arsitag.com)

Tamu bisa datang kapan saja ke rumah Anda, baik untuk menjalin silaturahmi, keperluan bisnis, atau keperluan lainnya. Salah satu bagian rumah yang biasa dijadikan tempat untuk menerima tamu adalah ruang tamu. Ruang tamu yang bersih dan rapi bisa memberikan kesan pertama yang baik terhadap rumah Anda.  Selain itu, desain interior ruang tamu juga akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap tamu yang datang berkunjung.

Ada beberapa desain interior yang bisa dipilih, mulai dari desain minimalis, skandinavia, klasik, industrial, tradisional, modern, Asia, kontemporer, hingga tropis. Akan tetapi, jika Anda bingung memilih desain interior ruang tamu yang cocok, berikut ini beberapa inspirasi desain interior ruang tamu sederhana yang elegan:

1. Dinding batu alam

B+ M House oleh DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)

B+ M House oleh DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)

Jika wallpaper dinding sudah terlalu umum untuk digunakan, Anda bisa menggunakan batu alam sebagai penggantinya. Ada beberapa batu alam yang bisa dipilih yaitu batu andesit, kobel, palimanan, candi, paras jogja, templek, susun sirih, dan wall cladding. Supaya desain interior ruang tamu terlihat makin elegan, gunakan perabotan dengan warna yang sama seperti batu yang dipilih!

2. Klasik modern dengan permadani

Pangkalan Jati House 19 oleh RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Pangkalan Jati House 19 oleh RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Penggunaan permadani atau karpet  berukuran lebar akan membuat ruang tamu terlihat makin menarik. Selain itu, motif dan corak karpet yang digunakan bisa mempengaruhi desain interior ruang tamu Anda. Seperti misalnya karpet Persia yang akan memberikan nuansa klasik modern ala Timur Tengah.

3. Sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga

Project Rumah Tinggal 3 Lantai oleh Andiyanto Purwono.ST (Sumber: arsitag.com)

Project Rumah Tinggal 3 Lantai oleh Andiyanto Purwono.ST (Sumber: arsitag.com)

Inspirasi desain interior ruang tamu lainnya adalah pemanfaatan sekat. Jika rumah Anda memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang terbuka lebar, Anda bisa memisahkannya dengan menggunakan sekat seperti lemari atau papan kayu yang telah didesain sedemikian rupa.

4. Dekat dengan taman indoor

OASE CITY HOUSE oleh PARADES Studio (Sumber: arsitag.com)

OASE CITY HOUSE oleh PARADES Studio (Sumber: arsitag.com)

Selain menambah nilai estetika, taman indoor yang bersebelahan dengan ruang tamu dapat meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam rumah. Anda bisa menanam beberapa tanaman hias atau bahkan membuat kolam ikan di sekitar taman indoor tersebut.

5. Nuansa hitam putih

FY HOUSE oleh Gilbert Yohannes Voerman (Sumber: arsitag.com)

FY HOUSE oleh Gilbert Yohannes Voerman (Sumber: arsitag.com)

Jika ingin terlihat lebih sederhana dan elegan, nuansa hitam putih mungkin cocok untuk ruang tamu Anda. Biasanya, pola-pola yang digunakan adalah pola papan catur, zebra, dan garis-garis. Meskipun hanya terdiri dari dua warna saja, tetapi desain interior ruang tamu bernuansa hitam putih terlihat sangat sederhana dan elegan.

6. Ruang tamu sudut

Depok Mulya oleh Liska Yulianti (Sumber: arsitag.com)

Depok Mulya oleh Liska Yulianti (Sumber: arsitag.com)

Memiliki rumah berukuran kecil tidak menjadi penghalang untuk memiliki ruang tamu idaman. Anda bisa memanfaatkan sudut rumah untuk disulap menjadi ruang tamu. Komponen desain interior ruang tamu yang Anda butuhkan sangat sederhana, cukup dua buah kursi dan meja kecil saja. Bisa juga ditambahkan hiasan lain seperti lukisan dan pot bunga kecil.

7. Dominan kayu ala Jepang

J House oleh Graharupa Studio (Sumber: arsitag.com)

J House oleh Graharupa Studio (Sumber: arsitag.com)

Desain interior ruang tamu yang terakhir adalah dominan kayu seperti rumah-rumah di negeri sakura, Jepang.  Anda bisa menggunakan lantai parket dan perabot lainnya yang terbuat dari kayu, contohnya kursi kayu, lemari kayu, dan bingkai cermin kayu.

Baca juga:

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Keren Untuk Apartemen Baru Anda

8 Desain Interior Ruang Tamu Mewah untuk Rumah Klasik

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.