Inspirasi Dinding Kamar Mandi Keren Untuk Rumah Minimalis Anda

Inspirasi Dinding Kamar Mandi Keren Untuk Rumah Minimalis Anda | Foto artikel Arsitag

Cover The Minimal White House at Jimbaran Asri di Bali karya Julio Julianto (Sumber: arsitag.com)

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang digunakan untuk membersihkan diri. Anda dapat mandi, buang air besar, buang air kecil, dan mencuci tangan di dalam kamar mandi. Karena identik dengan air, kamar mandi harus didesain waterproof. Terutama bagian dinding dan ubin kamar mandi yang terkadang terkena cipratan air saat Anda mandi. Meskpiun demikian, bukan berarti dinding kamar mandi harus terlihat monoton. Berikut ini beberapa inspirasi dinding kamar mandi keren untuk rumah minimalis Anda:

1. Dinding marmer

BathroomBathroom PRV A126 di Bandung karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)
 

Beberapa rumah dengan gaya klasik dan modern biasanya menggunakan dinding marmer. Meskipun harganya sangat mahal, tetapi marmer memberikan kesan mewah pada kamar mandi Anda. Ada cukup banyak pilhan corak marmer, akan tetapi harganya biasanya jauh lebih mahal dari keramik.

2. Dinding warna hitam

BathroomBathroom Ralali di Jakarta karya Revano Satria (Sumber: arsitag.com)
 

Kamar mandi identik dengan basah dan kotor. Genangan dan cipratan air yang dibiarakan begitu saja akan membuat kamar mandi Anda berlumut. Jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak suka membersihkan kamar mandi, mungkin inspirasi dinding kamar mandi berwarna hitam bisa menyamarkan kamar mandi Anda yang kotor.

3. Dinding motif tanaman

BathroomBathroom MT House di Tangerang Selatan karya Kreatifitriplus (Sumber: arsitag.com)
 

Dinding kamar mandi tidak harus bermotif kotak, dan garis-garis. Kamar mandi juga bisa diberikan sentuhan outdoor seperti pada desain Mt House karya kreatifitriplus yang memanfaatkan ukiran berwujud tanaman pada dinding kamar mandinya.

4. Dinding superhero

BathroomBathroom Urban Pop House di Jakarta karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)
 

Tokoh super hero seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan Spiderman tentunya menjadi idola bagi sebagian orang. Bahkan, tokoh-tokoh tersebut juga bisa menjadi inspirasi dinding kamar mandi rumah minimalis milik Anda. Sebenarnya, motif dinding super hero tidak hanya cocok untuk anak-anak saja, tapi juga bisa digunakan untuk semua usia.

5. Dinding mural anak

BathroomBathroom Prodia Child Lab di Surabaya karya Lumos Interior Design (Sumber: arsitag.com)
 

Dari pada sketsa dan ide Anda dibirakan begitu saja, lebih baik dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat. Misalnya, digunakan sebagai inspirasi desain mural pada dinding-dinding kamar mandi. Selain itu, kamar mandi dengan beberapa lukisan mural akan menunjukan kreativitas dari pemiliknya.

6. Dinding kayu

BathroomBathroom Bea House di Tangerang karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)
 

Secara tampilan, elemen kayu akan memberikan kehangatan dan kesan tradisional. Namun, jika dimanfaatkan sebagai dinding kamar mandi, kayu akan lebih cepat lapuk dan pudar saat terkena air secara terus menerus.

7. Dinding semen ekspos

BathroomBathroom JS House di Tangerang karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)
 

Salah satu ciri rumah minimalis adalah penggunaan semen ekspos sebagai dindingnya. Hal demikian juga ternyata bisa diterapkan sebagai inspirasi dinding kamar mandi keren untuk rumah minimalis milik Anda

8. Dinding batu bata

BathroomBathroom Tanjung Mas House di Tangerang karya i n s p i r a t i o (Sumber: arsitag.com)
 

Cara termudah untuk mewujudkan kamar mandi dengan kesan tradisional adalah penggunaan dinding batu bata ekspos. Namun, tingkat kelembapan batu bata sangat tinggi dan mudah sekali meresap air, akibatnya akan mudah berlumut jika terkena cipratan air secara terus menerus.

Artikel Inspirasi Lainnya:

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda adalah seorang programmer di siang hari dan seorang penulis di malam hari. Ia pernah menjadi content marketer di Tokopedia, namun saat ini bekerja sebagai programmer di Kalbe Nutritionals. Menulis adalah bagian dari hidupnya selama bertahun-tahun. Dia juga telah menulis ratusan artikel untuk banyak blog dan majalah.