Inspirasi Taman yang Cocok untuk Rumah dengan Gaya Mid-Century Modern

Inspirasi Taman yang Cocok untuk Rumah dengan Gaya Mid-Century Modern | Foto artikel Arsitag

Taman mid-century modern karyaRichard Neutra, via studiotimcampbell.com
 

Desain bersifat dinamis alias bisa berkembang mengikuti bagaimana kebutuhan dan persepi di suatu zaman. Seperti pada pertengahan abad ke-20 atau dekade-dekade setelah Perang Dunia II, berkembang gaya desain yang disebut mid-century modern. Gaya desain ini banyak diterapkan dalam dunia arsitektur dan termasuk pada bagian tamannya.

Mid-century modern dipercaya mengusung ide arsitektur dengan gaya desain maju dan visioner dengan tujuan terciptanya masyarakat yang lebih baik. Ciri paling mencolok dari gaya mid-century modern adalah fitur yang sederhana dan terintegrasi dengan alam. Pada sebuah rumah atau bangunan, konsep terintegrasi dengan alam ini tercermin dari penggunaan kaca yang luas dan ruang terbuka yang lebar sehingga suasana taman bisa dirasakan langsung dari dalam rumah.

Berkaitan dengan taman rumah, gaya mid-century modern juga memiliki ciri khasnya sendiri. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah beberapa insipirasi taman rumah yang menerapkan prinsip-prinsip gaya mid-century modern.

1. Taman untuk Ragam Aktivitas
Taman mid-century modern karya Flavin Architects, via bostonmagazine.com

Taman mid-century modern karyaFlavin Architects, via bostonmagazine.com
 

Pada arsitektur lanskap gaya mid-century modern, pemanfaatan taman menjadi hal penting. Taman rumah tidak hanya untuk dilihat, tetapi harus difungsikan untuk aktivitas anggota keluarga. Bahkan, antara taman dan ruang dalam selayaknya saling berkesinambungan sehingga perannya semakin bisa dirasakan. Oleh karena itu, taman rumah yang mengusung konsep mid-century modern biasa menempatkan area untuk bersantai dan berkumpul. Seperti pada desain karya Flavin Architecture di atas, tampak ruang outdoor menyatu secara visual dengan ruang dalamnya.

2. Area Terbuka untuk Sirkulasi Udara
Taman mid-century modern karya Dezan Studio, via arsitag.com

Taman mid-century modern karyaDezan Studio, via arsitag.com
 

Pintu besar pada bangunan bergaya mid-century modern selain untuk memberi visual luas, juga bermanfaat melancarkan sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, sistem ini juga memudahkan masuknya cahaya matahari sehingga sekaligus menghemat energi. Oleh karena alasan ini, umumnya taman untuk rumah bergaya mid-century modern berkarakter luas dan terbuka. Penghalang masuknya udara dan cahaya harus diminimalisasi, sehingga biasanya tidak ada pohon besar dan rimbun persis di dekat bangunan.

3. Warna-Warna Natural
Taman mid-century modern karya inspiratio, via arsitag.com

Taman mid-century modern karyainspiratio, via arsitag.com
 

Dalam desain rumah mid-century modern, warna juga mengambil peranan penting. Pilihan warna yang paling menggambarkan gaya ini adalah warna-warna hangat dan natural, seperti cokelat kayu, hijau daun, oranye, kuning, atau abu-abu. Pada taman, pemilihan warna-warna ini bisa diaplikasikan mulai dari dek kayu hingga warna lampu taman.

Baca juga: Inspirasi Desain Game Room di Rumah yang Super Asyik via Hipwee.com
 

4. Pengaplikasian pada Courtyard
Courtyard mid-century modern karya Arnold Iskandar G Intan, via arsitag.com

Courtyard mid-century modern karyaArnold Iskandar G Intan, via arsitag.com
 

Taman di antara bangunan atau courtyard juga bisa mendukung konsep mid-century modern pada arsitektur rumah. Pengaplikasiannya bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan kepadatan elemen taman agar pandangan dari dalam rumah tetap nyaman. Sirkulasi udara dan arah masuknya cahaya juga tidak boleh dilewatkan sebagai bahan pertimbangan penataan taman courtyard ini.

5. Minim Perawatan
Taman mid-century modern karya KAD Firma Arsitektur, via arsitag.com

Taman mid-century modern karyaKAD Firma Arsitektur, via arsitag.com
 

Oleh karena mengusung konsep alami, taman pada rumah bergaya mid-century modern dipilih yang minim perawatannya. Maksud dari minim perawatan (low maintanance) ini adalah tidak menggunakan banyak tanaman semak yang harus dipangkas, apalagi dibentuk layaknya topiari. Jika pun menggunakan semak pangkas, hal itu hanya untuk tanaman pembatas.

6. Material Alam
Taman mid-century modern karya Outset Design, via ecooutdoor.com.au

Taman mid-century modern karyaOutset Design, via ecooutdoor.com.au
 

Perancangan taman bergaya mid-century modern lebih mengutamakan penggunaan bahan-bahan alam. Contoh penerapannya adalah seperti penggunaan batu alam untuk stepping stone, kerikil untuk land cover, dan kayu untuk alas deck. Penggunaan bahan organik seperti ini akan memperkuat kesan alam yang memang menjadi ciri khas arsitektur mid-century modern.

7. Optimalisasi Teras
Teras taman mid-century modern karya Parson Architecture, via parsonarchitecture.com

Teras taman mid-century modern karyaParson Architecture, via parsonarchitecture.com
 

Seperti yang sudah diungkap di awal, arsitektur taman mid-century modern lebih menekankan pada penggunaan yang aktif. Hal ini tercermin pula pada optimalisasi pemanfaatan teras sebagai ruang transisi antara ruang dalam dan ruang luar. Oleh karena itu, teras pada taman mid-century modern ditata secara khusus agar bisa digunakan untuk tempat beraktivitas layaknya perpanjangan rumah.

Baca juga: Apa Asyiknya Desain Dapur Semi Outdoor?
 

8. Pengaplikasian Kolam
Kolam minimalis di taman mid-century modern karya Richard Neutra, via studiotimcampbell.com

Kolam minimalis di taman mid-century modern karyaRichard Neutra, via studiotimcampbell.com
 

Jika Anda ingin menghadirkan kolam pada taman rumah bergaya mid-century modern, contoh di atas bisa menjadi inspirasi. Pola geometris yang sangat mencirikan bangunan mid-century modern diteruskan pada bentuk kolam. Akibatnya, memunculkan efek visual seolah antara bangunan dan kolam terlihat seperti satu kesatuan. Air yang ada pada kolam juga sangat mencerminkan unsur alam sebagai pemberi kesejukan pada ruang di sekitarnya.

Keberadaan taman tidak bisa dipisahkan pada sebuah rumah. Taman seolah menjadi perpanjangan rumah yang menyediakan area outdoor untuk melepas penat. Tak hanya interior yang menerapkan gaya mid-century modern, taman pun menjadi penyempurna konsep mid-century semenjak dari tampilan eksterior. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi model taman mid-century modern bukan?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.