Inspirasi Tempat Penyimpanan Kreatif di Belakang Pintu

Inspirasi Tempat Penyimpanan Kreatif di Belakang Pintu | Foto artikel Arsitag
Pemanfaatan pintu sebagai tempat penyimpanan, via bhg.com dan idealhome.co.uk

Apakah Anda kehabisan ide dalam menemukan tempat penyimpanan untuk semua barang-barang Anda? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami masalah yang sama. Terlebih lagi, mengingat ruang yang semakin terbatas saat ini membuat kita harus lebih jeli dalam mencari dan memanfaatkan ruang untuk menyimpan berbagai barang.

Namun, sadarkah Anda bahwa salah satu jawaban untuk permasalahan ini berada tepat di depan mata kita selama ini? Pernahkah Anda berpikir untuk memanfaatkan area di belakang pintu sebagai tempat penyimpanan? Masih tidak percaya? Mari kita lihat beberapa ide kreatif tempat penyimpanan belakang pintu berikut untuk sumber inspirasi Anda.

Memanfaatkan Wire Rack
Rak penyimpanan tingkat dengan daya tamping luas, via homedit.com

Rak penyimpanan tingkat dengan daya tamping luas, via homedit.com
 

Untuk tampilan yang keren dan modern, Anda dapat menggunakan wire rack. Rak belakang pintu ini tersedia dalam berbagai pilihan tingkat dan ukuran. Untuk pintu ruangan, Anda dapat menggunakan wire rack 7-8 susun, namun untuk lemari kabinet dapur, Anda dapat menggunakan tipe 2-3 susun.

Tampil Kasual dengan Tempat Penyimpanan dari Kanvas
Tempat penyimpanan bahan kanvas yang super keren dengan tema militer, via organized-home.com

Tempat penyimpanan bahan kanvas yang super keren dengan tema militer, via organized-home.com
 

Ingin tampilan yang lebih santai dan kasual? Tempat penyimpanan belakang pintu dari kain kanvas ini adalah jawabannya. Sebenarnya, tempat penyimpanan tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Cocok dijadikan tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan fashion seperti tas, topi, dan lain sebagainya. Anda dapat menggantungnya tepat di belakang pintu lemari ataupun pintu kamar tidur.
 

Baca juga: Desain Kamar Kapal Pesiar dengan Tempat Tidur Tersembunyi Super Keren
 

Penggunaan Peg Board
Peg board yang super serbaguna untuk penyimpanan belakang pintu, oleh The Walde Project, via bhg.com

Peg board yang super serbaguna untuk penyimpanan belakang pintu, oleh The Walde Project, via bhg.com
 

Penggunaan peg board saat ini semakin populer. Item yang satu ini terbilang sangat serbaguna, termasuk untuk menyimpan barang belakang pintu. Peg board sangat fleksibel untuk menyimpan aneka ragam benda dalam berbagai ukuran.  Cukup dengan menambahkan beberapa tongkat dan papan, jadilah sebuah rak. Cara lainnya, adalah dengan menggantungkan keranjang sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau cukup dengan menggantungkan barang-barang Anda pada lubang yang tersedia.

Rak dengan Cermin yang Mempesona
Cermin sekaligus tempat penyimpanan aksesoris, via decoist.com

 Cermin sekaligus tempat penyimpanan aksesoris, via decoist.com
 

Inspirasi selanjutnya merupakan ide penyimpanan tersembunyi. Pergunakan organizer atau rak yang dilengkapi dengan cermin sebagai tempat penyimpanan belakang pintu. Ide ini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai alat dan perangkat make-up yang mungkin selama ini masih berceceran di atas meja rias. Strategi ini sangat tepat, terutama bagi Anda yang memiliki ruang sangat terbatas dan tidak memiliki area khusus untuk meja rias.  Untuk membuatnya tampil lebih mempesona, pilih rak penyimpanan dengan bentuk yang unik dan cantik, misalnya saja bentuk setengah lingkaran.
 

Baca juga: Tips Memakai Cermin untuk Desain Interior Rumah yang Cantik
 

Pemanfaatan File Holder Bening
Rak bening yang terkesan ringan dan melayang, via homeyohmy.com

Rak bening yang terkesan ringan dan melayang, via homeyohmy.com
 

Apabila Anda memiliki beberapa item  yang sering digunakan, Anda dapat membuatkan tempat penyimpanan belakang pintu dengan menggunakan file holder bening. Dengan begini, semua item tersebut akan terlihat jelas, mudah diakses, dan juga Anda dapat dengan mudah mengecek jumlah persediaan untuk item tersebut. Untuk lebih memudahkan, beri label nama untuk setiap kotak dan pisahkan sesuai dengan kategori masing-masing.

Rak Khusus untuk Tutup Panci
Cara mudah menyimpan tutup panci di pintu laci, via marthastewart.com

 Cara mudah menyimpan tutup panci di pintu laci, via marthastewart.com
 

Ubah cara Anda menyimpan tutup panci selama ini dengan memanfaatkan ide tempat penyimpanan belakang pintu yang satu ini. Menyimpan tutup panci dengan rapi menghadirkan tantangan tersendiri. Triknya adalah dengan menyangkutkannya pada sebatang palang melintang. Tempat terbaik untuk memasang palang tersebut tentu saja di belakang pintu. Ide penyimpanan tersembunyi ini dapat Anda terapkan di belakang pintu pantry, pintu closet, dan pintu lemari kabinet dapur sebagai tempat penyimpanan ekstra yang tidak mengganggu pandangan mata.

Tempat Penyimpanan Belakang Pintu untuk Menyimpan OOTD
Kombinasi beberapa tipe penyimpanan di balik pintu closet, foto oleh Dominic Blackmore, via idealhome.co.uk

Kombinasi beberapa tipe penyimpanan di balik pintu closet, foto oleh Dominic Blackmore, via idealhome.co.uk
 

Persiapkan OOTD (outfit of the day) untuk esok hari dengan menambahkan area penyimpanan belakang pintu di lemari pakaian atau closet Anda.  Untuk ini, Anda dapat menggunakan beberapa tipe gantungan,  mulai dari hanging rod, hook, dan rak mini untuk item yang berukuran mungil.

Selain memberikan ruang penyimpanan ekstra, penempatan di belakang pintu tentu saja menjaga tampilan tampak selalu rapi.  Anda bebas menaruh barang apa saja. Jangan lupa, sesuaikan pemilihan rak atau gantungan dengan benda yang ingin disimpan di dalamnya. Meskipun tersembunyi, penyimpanan yang diatur dengan rapi tentu memudahkan untuk mencari barang saat akan digunakan maupun disimpan kembali. Selamat berkarya!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis



Promo Brand
NEW