Design Donk Menyulap Apartemen Mungil Jadi Hunian Super Cozy dan Stylish

Design Donk Menyulap Apartemen Mungil Jadi Hunian Super Cozy dan Stylish | Foto artikel Arsitag
Desain interior Setiabudi Residence karya Design Donk tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)
 

Apartemen mungil, begitu mendengarnya mungkin langsung terbayang ruangan sempit dengan perabotan minim berukuran kecil, serta tumpukan barang yang membuatnya semakin sumpek. Memang, mahalnya lahan membuat keberadaan hunian vertikal berukuran mungil semakin menjamur. Namun, tidak perlu khawatir, berbagai solusi dan inovasi di bidang arsitektur dan interior bisa menciptakan hunian yang nyaman di apartemen mungil sekalipun.

Design Donk, penyedia jasa desain arsitektur dan interior, berhasil menjawab permasalahan mungilnya apartemen dengan menciptakan hunian super cozy dan stylish di salah satu unit apartemen di Setiabudi, Jakarta Selatan. Mari kita intip desainnya!

1.  Memaksimalkan View untuk Kenyamanan Interior Apartemen
Apartemen minimalis dengan konsep ruang terbuka dan view yang luas (Sumber: arsitag.com)

Apartemen minimalis dengan konsep ruang terbuka dan view yang luas (Sumber: arsitag.com)
 

Dari segi arsitektur, pihak pengembang telah menyediakan sebuah bidang dinding kaca dengan jendela besar yang bisa dibuka. Berperan menjadi sumber pencahayaan, sirkulasi udara alami, serta penyedia view. Secara visual, cahaya yang masuk secara langsung maupun yang terpantul oleh dinding dan plafon serba putih dapat menerangi seluruh ruangan. Selain itu, sinarannya juga bermanfaat meminimalisasi intensitas gelap yang ada di dalam ruangan sehingga terlihat lebih luas. Di siang hari, penerangan alami ini tentu akan menghemat biaya listrik.

Aliran udara yang baik juga berperan penting membuat ruang tidak terasa sumpek. Kaca yang luas seolah menyediakan view ke alam bebas yang tak terbatas, keindahan tata kota dan birunya langit di siang hari, serta kerlap-kerlip lampu di malam hari.

2.  Interior Apartemen Minimalis yang Cantik dengan Permainan Garis dan Bidang Geometri
Permainan garis dan geometri untuk menghadirkan keindahan gaya minimalis di apartemen (Sumber: arsitag.com)

Permainan garis dan geometri untuk menghadirkan keindahan gaya minimalis di apartemen (Sumber: arsitag.com)
 

Permainan garis dan bidang geometri menjadi awal terbentuknya ruang. Garis lurus horizontal dan vertikal berpadu serasi dengan garis lengkung. Saling menyatu untuk menciptakan suasana ruang yang diinginkan sambil tetap menegaskan fungsinya. Garis horizontal dan vertikal pada rak pajang foto, rak tanaman, serta kusen menciptakan kesan minimalis yang simpel. Cahaya lampu kuning downlight di bawah rak membuatnya semakin menawan. Garis lengkung dapat ditemukan pada kursi makan, standing lamp, dan lampu bola di sebelah televisi. Menjadi penyeimbang agar suasana tidak monoton dan terasa lebih hidup. Lantai kayu berpola diagonal selang-seling menyatukan ruang menjadi sebuah ruang terbuka yang terkesan alami.

3. Interior Kamar Tidur Apartemen dengan Kenyamanan Maksimal
Kamar tidur minimalis serba putih yang nyaman di apartemen mungil (Sumber: arsitag.com) 

Kamar tidur minimalis serba putih yang nyaman di apartemen mungil (Sumber: arsitag.com)
 

Walau ukurannya mungil, tapi kamar tidur apartemen ini terasa lega dan cozy. Dinding serba putih dilengkapi gorden horizontal blind yang juga berwarna putih, membuat kamar terasa lebih luas karena cahaya menerangi hingga sudut ruang. Jendela di kedua sisi memberi view keindahan kota. Keasrian hijau daun Monstera, walau hanya menempati sudut ruang, dapat memberi warna alami yang menambah kenyamanan kamar tidur.

Baca juga: 8 Tips Mengakali Kamar Tidur Sempit Biar Sedikit Lapang. Biar Tidurmu Makin Nyaman via Hipwee.com
 

4. Dapur Mungil yang Fungsinya Optimal
Dapur minimalis mungil yang cantik dengan pencahayaan menawan (Sumber: arsitag.com) 

Dapur minimalis mungil yang cantik dengan pencahayaan menawan (Sumber: arsitag.com)
 

Dapur mungil akan berfungsi optimal jika penataannya tepat. Dapur bentuk L yang menempati pojok ruangan, sangat menghemat tempat juga memudahkan pergerakan. Top table dari bahan solid surface putih glossy dilengkapi area pengolahan di sudut L. Penempatan yang pas untuk area cuci di sebelah kanan,  sementara area memasak di bagian kirinya. Bahan solid surface memungkinkan permukaan polos dengan sambungan yang nyaris tak terlihat untuk menghadirkan kesan kesatuan yang luas.


Kitchen set yang rapi untuk dapur yang nyaman dan terkesan luas (Sumber: arsitag.com)

Kitchen set yang rapi untuk dapur yang nyaman dan terkesan luas (Sumber: arsitag.com)
 

Susunan rak dan ambalan memudahkan penyimpanan peralatan memasak. Dipercantik dengan tersedianya area penyimpanan peralatan makan berdasarkan pengelompokan ukuran serta warna yang rapi. Tata lampu downlight yang tersembunyi di bawah rak kayu menerangi backsplash keramik putih dan top table kitchen set dengan cahaya pantul yang tidak menyilaukan mata. Malahan menciptakan gradasi warna coklat muda dan putih yang membuat dapur terlihat elegan.

5. Kamar Mandi Apartemen Bergaya Minimalis
Kamar mandi mungil bergaya minimalis bernuansa alam (Sumber: arsitag.com) 

Kamar mandi mungil bergaya minimalis bernuansa alam (Sumber: arsitag.com)
 

Keramik putih motif kotak-kotak kecil mendominasi dinding kamar mandi. Nuansa abu-abu gelap dan coklat pada lantai kayunya mewakili elemen alami yang menghadirkan kenyamanan sekaligus keamanan. Kayu yang dipilih berbahan anti licin. Konsistensi perpaduan garis lurus dan garis lengkung kembali dihadirkan lewat bentuk kotak pada dinding serta perabotan di kamar mandi, dan juga bentuk cermin yang melingkar.

Baca juga: Mengintip Desain Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Minimalis Anda
 

Perpaduan bentuk kotak dan lingkaran menciptakan kesan minimalis yang dinamis (Sumber: arsitag.com)

Perpaduan bentuk kotak dan lingkaran menciptakan kesan minimalis yang dinamis (Sumber: arsitag.com)
 

Apartemen ini membuktikan bahwa desain interior yang tepat dapat menyulap apartemen mungil menjadi hunian super cozy dan stylish. Yakni memanfaatkan potensi arsitektur bangunan asli, dengan melibatkan keadaan lingkungan sekitar serta konsistensi gaya dengan fungsi. Jadi, sudah tidak perlu lagi pesimis untuk mendapatkan kenyamanan di hunian mungil. Mari terus berinovasi dan mewujudkan ide-ide kreatif untuk menciptakan home sweet home demi kualitas hidup yang semakin baik.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.