Renovasi Apartemen Mungil dengan Sekat Pintu Geser Minimalis Super Keren

Renovasi Apartemen Mungil dengan Sekat Pintu Geser Minimalis Super Keren | Foto artikel Arsitag
Desain interior apartemen mungil karya FFWD Arquitectes // design-milk.com
 

Tinggal di apartemen dengan luas terbatas? Bingung bagaimana cara menatanya agar tetap nyaman? Dengan menerapkan desain apartemen minimalis yang tepat, tinggal di apartemen yang kecil pun tetap bisa membuat Anda merasa betah dan leluasa, lho. Konsep desain interior apartemen minimalis juga lebih simpel dan ringkas, cocok untuk Anda yang tinggal di daerah pekotaan. Cobalah mencontoh apartemen sederhana di Barcelona ini.

Arsitek dan desainer interior lokal Barcelona, FFWD Arquitectes merenovasi secara besar-besaran apartemen Habitatge T31. Interior disulap menerapkan konsep desain ruang yang terbuka dan fleksibel, yang dapat dengan mudah diubah seiring dengan kebutuhan pemiliknya. Yuk, kita intip desain apartemen mungil yang super keren ini.

Sekat pintu geser kayu yang cerdas
Sekat pintu geser apartemen mungil karya FFWD Arquitectes // design-milk.com

Sekat pintu geser apartemen mungil karya FFWD Arquitectes // design-milk.com
 

Karakteristik penting yang kerap diterapkan dalam desian interior apartemen minimalis adalah fleksibilitas. Dengan tujuan utama menciptakan kenyamanan dalam beraktivitas. Apartemen minimalis sengaja dibuat dengan konsep desain yang terbuka dan minim sekat. Artinya, setiap ruangan interior dibuat saling terhubung satu sama lain. Hal inilah yang memungkinkan ruangan menjadi terlihat lebih lapang, karena tidak ada sekat dinding permanen yang memisahkan antara ruangan yang satu dengan yang lain. Nah, untuk membagi ruangan sesuai kebutuhan, apartemen ini dipisahkan oleh sekat pintu geser dari kayu yang dapat dibuka-tutup.

Sofa daybed yang bisa berubah menjadi kamar tidur
Sofa day bed di apartemen mungil karya FFWD Arquitectes // design-milk.com

Sofa day bed di apartemen mungil karya FFWD Arquitectes // design-milk.com
 

Menghadapi desain interior apartemen kecil dengan luas terbatas, Anda harus dapat memanfaatkan ruangan yang tersedia dengan semaksimal mungkin. Tentunya fleksibilitas akan terganggu apabila interior apartemen dipenuhi oleh banyak barang. Furnitur multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan adalah solusi cerdas bagi Anda. Seperti sofa daybed nyaman yang bisa berubah menjadi kamar tidur pribadi ketika panel geser menutup ruangan. Sebuah solusi cerdas yang dekoratif sekaligus fungsional bukan?

Baca juga: 7 Desain Pojok Baca yang Keren Supaya Betah Baca Buku di Rumahvia Cantik.tempo.co
 

Akses ke teras
Akses ke teras yang memberikan kesan terang dan terbuka // design-milk.com

Akses ke teras yang memberikan kesan terang dan terbuka // design-milk.com
 

Sebuah perubahan besar dan utama lainnya dari renovasi apartemen mungil adalah akses ke teras yang sebelumnya tidak digunakan. Akses ini pun berhasil memperluas apartemen, karena menyediakan area tambahan untuk penghuni bersantai dan menikmati udara segar. Akses ini berfungsi pula sebagai ventilasi ruang saat dibuka, dan memungkinkan udara serta cahaya matahari masuk secara natural ke dalam apartemen. Ventilasi yang baik sangat penting untuk apartemen mungil karena akan membuatnya terasa lebih segar dan terhindar dari sumpek.

Ruang untuk bekerja
Ruang kerja mungil di sudut apartemen untuk work from home // design-milk.com

Ruang kerja mungil di sudut apartemen untuk work from home // design-milk.com
 

Di seberang sofa daybed terdapat meja kerja yang memungkinkan ruang tamu sekaligus berfungsi sebagai ruang kerja pribadi. Bagi Anda yang mementingkan produktivitas tinggi saat bekerja, menghadirkan area kerja yang nyaman sangatlah penting untuk diperhatikan.

Meja kerja diletakkan tepat setelah pintu yang berbatasan langsung ke teras, sehingga cahaya natural dan udara segar dapat leluasa menjangkau area kerja. Tak perlu ruangan khusus yang besar, dengan memanfaatkan sudut ruangan yang tersisa, Anda pun sudah memiliki ruang kerja yang nyaman untuk membantu Anda tetap produktif selama bertahan di rumah saja.

Baca juga: Inspirasi Desain Interior Dapur Kecil Untuk Apartemen Baru Anda
 

Warna netral yang elegan
Warna netral yang simpel tetapi elegan // design-milk.com

Warna netral yang simpel tetapi elegan // design-milk.com
 

Apartemen minimalis identik dengan warna-warna netral yang elegan. Begitu pula apartemen satu ini, yang menggunakan dominasi kayu yang dipadukan dengan warna natural seperti abu-abu dan putih. Warna-warna sederhana inilah yang mampu membuat ruangan terasa lebih luas, bersih, dan cerah. Agar suasana lebih hidup, berikan sedikit sentuhan aksen pada bantal sofa dengan pola warna mencolok.

Siapa bilang apartemen mungil tidak bisa nyaman? Dengan konsep penataan ruang yang cerdas, Anda tetap dapat melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman di apartemen. Pastikan, Anda menemukan jasa renovasi apartemen berpengalaman yang tidak menyisakan ruangan sia-sia. Sudah siap mendekorasi ulang apartemen Anda?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.