Inspirasi Ruang Makan Cantik dan Segar dengan Dekorasi Tanaman Hijau

Inspirasi Ruang Makan Cantik dan Segar dengan Dekorasi Tanaman Hijau | Foto artikel Arsitag

Desain ruang makan karya Ismail Solehudin Architecture,via Arsitag
 

Ruang makan sejatinya tidak hanya sebagai tempat menikmati hidangan. Di ruang makan inilah antaranggota keluarga juga saling berbagai cerita dengan lebih santai. Mewujudkan pengalaman tersebut, maka ruang makan selayaknya memiliki desain yang nyaman untuk semua anggota keluarga.

Selain mampu memenuhi kebutuhan penghuninya, faktor nuansa dan estetika juga mengambil peranan penting dalam menciptakan ruang makan yang nyaman. Maka, beberapa elemen bisa dihadirkan termasuk dekorasi tanaman hias.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa inspirasi ruang makan yang cantik dan segar dengan dekorasi tanaman hias.

1. Pot dinding, solusi untuk ruang makan kecil
Inspirasi ruang makan sempit yang cozy, karya MIV Architects, via Arsitag

Inspirasi ruang makan sempit yang cozy,karyaMIV Architects,via Arsitag
 

Memiliki ruang makan yang sempit tentu memiliki tantangan tersendiri dalam merancangnya. Selain harus pintar dalam menata perabot, kecerdikan dalam memilih dekorasi juga penting agar ruang makan tidak sumpek.

Lantas, mungkinkah menghadirkan tanaman di ruang makan yang sempit? Jawabannya tentu saja bisa. Hadirkan suasana hijau dengan tanaman yang diletakkan di pot dinding.

Tanaman yang dipilih bisa berupa tanaman rambat atau juntai seperti jenis sirih gading. Karakter tanaman juntai yang khas menjadi penambah kecantikan ruang makan, sehingga anggota keluarga betah berada di sana.

2. Harmoni dengan interior modern
Desain mewah ruang makan karya Helloembryo, via Arsitag

Desain mewah ruang makan karyaHelloembryo,via Arsitag
 

Ruang makan yang modern dan mewah juga akan terlihat lebih segar dengan adanya dekorasi tanaman. Rangkaian bunga yang menghiasi meja menjadi sebagian dekorasi yang memberi kesan cantik elegan.

Sedangkan, untuk memberi kesan lebih segar alami, tanaman hias indoor berdimensi besar seperti jenis karet kebo, bisa ditempatkan di sudut ruang makan.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Meja Makan Minimalis yang Simpel tapi Super Elegan
 

3. Rangkaian bunga penghias meja makan
Desain ruang makan dengan dekorasi tanaman, karya Makai Design Company, via Arsitag

Desain ruang makan dengan dekorasi tanaman, karyaMakai Design Company,via Arsitag
 

Bunga hias yang dirangkai dan diletakkan di vas meja menjadi karya klasik yang tetap abadi hingga sekarang. Keberadaan rangkai bunga yang cantik ini akan memberi keindahan pada ruang makan sehingga pengalaman bersantap menjadi lebih spesial.

Jenis bunganya juga bisa beragam dan disesuaikan dengan momen yang tengah berlangsung. Seperti contohnya rangkaian mawar ketika makan malam romantis, hingga rangkaian bunga krisan untuk pesta keluarga.

4. Ruang keluarga yang sejuk dengan tanaman tropis
Desain ruang makan menghadap halaman belakang, karya Ismail Solehudin Architecture, via Arsitag

Desain ruang makan menghadap halaman belakang, karya Ismail Solehudin Architecture,via Arsitag
 

Perabot berbahan kayu atau bermotif kayu kerap dipilih untuk menghadirkan nuansa alam ke dalam ruang makan. Jika Anda juga suka, jangan ragu pula untuk memaksimalkan konsep ini dengan meletakkan tanaman bernuansa tropis.

Pisang-pisangan, monstera, atau palem kuning merupakan sebagian contoh tanaman tropis yang populer dijadikan dekorasi indoor. Karakter daun dengan warna hijau yang cerah menjadi daya pikat yang membuat ruang makan terlihat segar dan natural.

5. Lebih ceria dengan rangkaian bunga aneka warna
Ruang makan dengan dekorasi bunga, karya Birka Loci, via Arsitag

Ruang makan dengan dekorasi bunga, karyaBirka Loci,via Arsitag
 

Kehadiran bunga yang beraneka warna akan menjadikan ruang makan terasa lebih cerah dan ceria. Hal ini bisa menjadi solusi untuk memecah kemonotonan tampilan ruang. Selain bunga rangkainya itu sendiri, elemen vas juga mengambil peranan penting untuk mempercantik tampilan ruang.
 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Meja Makan Cantik untuk Membangun Mood
 

6. Hutan di ruang makan
Dekorasi ruang makan dengan tanaman hias gantung, foto oleh Kenjica, via Unsplash

Dekorasi ruang makan dengan tanaman hias gantung, foto olehKenjica,via Unsplash
 

Jika Anda benar-benar menyukai suasana alam dan berkeinginan untuk menjadikan ruang makan terasa seperti di alam terbuka, desain ruang makan seperti di atas bisa menjadi contoh.

Ruang makan sederhana dengan meja kecil dikelilingi oleh berbagai macam  dekorasi tanaman. Mulai dari yang berada di pot, vas, gantung, hingga rambat. Hal ini seperti membawa suasana hutan langsung ke dalam ruang makan.

Jadi, desain ruang makan dengan dekorasi tanaman seperti apa yang menarik perhatian Anda?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.