Tips Mendekorasi Ruang Tamu dengan Meja Kopi Cantik

Tips Mendekorasi Ruang Tamu dengan Meja Kopi Cantik | Foto artikel Arsitag
11 A Residence Karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)
 

Bagi ruang tamu, coffee table keren adalah komponen yang harus Anda perhatikan. Bukan hanya dari segi fungsi sebagai tempat meletakkan suguhan saat tamu datang, dari segi estetika, coffee table ini akan memberikan kesan berbeda ke dalam ruang tamu jika Anda mampu menatanya dengan cerdas.

Ingin sentuhan yang berbeda dalam ruang tamu Anda? Simak contoh dan tips menata ruang tamu dengan meja kopi unik berikut ini!

Perhatikan Keseimbangan

Perhatikan Keseimbangan Isi MejaPerhatikan Keseimbangan Isi Meja (Sumber: hgtv.com)
 

Tidak ada yang membuat meja kopi cepat berantakan selain terlalu banyaknya pernak-pernik kecil. Secara kontras, hanya meletakkan benda besar di atasnya akan terlihat berat dan tak praktis. Untuk menjaga tampilan meja tetap seimbang, variasikan skala benda di atasnya dan kelompokkan benda yang berukuran dan berjenis sama secara bersama-sama.

Gunakan Grid

Gunakan Grid untuk Membagi MejaGunakan Grid untuk Membagi Meja (Sumber: hgtv.com)
 

Jika Anda memiliki meja kopi minimalis dengan ukuran besar, menata isinya akan menjadi hal yang membingungkan. Cara mudah mengatasinya adalah dengan membagi wilayahnya menjadi petak-petak tertentu. Dengan menggunakan grid, Anda bisa menentukan benda dan bagian mana yang harus ditata terlebih dahulu.

Lakukan Pergantian Tema Secara Berkala

Lakukan Pergantian Tema Secara Berkala dengan Hiasan Meja Kopi AndaLakukan Pergantian Tema Secara Berkala dengan Hiasan Meja Kopi Anda (Sumber: hgtv.com)
 

Sebagai focal point dalam ruang tamu, meja kopi adalah tempat untuk memutar elemen dekoratif musiman. Misalnya, di musim lebaran Anda mungkin ingin memberikan sentuhan dekorasi berupa ketupat atau toples cantik kue lebaran. Di musim liburan, Anda mungkin lebih suka meletakkan dekorasi kulit kerang untuk memberikan nuansa pantai yang kental.

Perhatikan Titik Tinggi Rendah

Perhatikan Titik Tinggi Rendah
Letakkan Objek dengan Berbagai Ukuran (Sumber: hgtv.com)
 

Jika semua komponen di atas meja kopi Anda memiliki tinggi yang sama, tidak akan ada objek yang menonjol dan menjadi pusat perhatian. Usahakan meletakkan berbagai komponen dengan berbagai ukuran agar suasana di atas meja tidak terkesan monoton.

Mainkan Kekontrasan Warna

Mainkan Kekontrasan Warna
Mainkan Warna-warna Kontras (Sumber: hgtv.com)
 

Sama seperti bentuk, warna yang terlalu seragam juga tidak akan membuat tampilan meja kopi Anda tampak wah. Cobalah bermain dengan warna-warna kontras antara satu elemen dengan elemen lain. Ini akan membuat ruangan secara keseluruhan terasa lebih berwarna dan hidup.

Pilih Sudut yang Tepat

Pilih Sudut yang Tepat
Pilih Sudut yang Tepat untuk Dihias (Sumber: hgtv.com)
 

Jika Anda memiliki meja kopi yang besar namun merasa terlalu terintimidasi untuk menghias seluruh bagiannya, pilihlah salah satu sudut saja. Anda bisa mengambil sisi sebelah kanan untuk meletakkan dua atau tiga buah pajangan dan menyisakan ruang besar untuk meletakkan makanan, minuman, dan aneka camilan bagi tamu yang datang berkunjung.

Berikan Sentuhan Hijau

Berikan Sentuhan Hijau
Berikan Sentuhan Hijau di Meja Kopi Anda (Sumber: hgtv.com)
 

Meja kopi adalah salah satu tempat di mana Anda bisa meletakkan satu atau dua tanaman hijau untuk memberikan kesan fresh ke dalam ruang tamu. Letakkan satu tepat di tengah meja untuk membawa kesegaran dan nuansa baru ke rumah Anda.

Gunakan Baki/Nampan

Gunakan Baki/Nampan
Gunakan Baki (Sumber: hgtv.com)
 

Nampan atau baki memiliki tujuan fungsional sekaligus memberikan sentuhan dekorasi yang tak kalah cantik untuk meja kopi Anda. Meletakkan aneka hiasan di atas baki akan membuat Anda lebih mudah jika harus membersihkan meja atau memindahkan barang-barang di atasnya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."