Desain Dapur di Halaman Belakang untuk Quality Time Bersama Teman dan Keluarga

Desain Dapur di Halaman Belakang untuk Quality Time Bersama Teman dan Keluarga | Foto artikel Arsitag

Dapur di bawah pohon di halaman belakang rumah, foto @ibiza_ibiza_ibiza, via unsplash.com
 

Ingin memaksimalkan fungsi halaman belakang rumah? Mempunyai halaman belakang rumah yang cukup luas, merupakan keuntungan Anda untuk mengubah halaman belakang menjadi area berkumpul keluarga. Caranya, dengan menerapkan konsep dapur semi outdoor atau bahkan dapur outdoor. Nantinya di akhir pekan, dapur di halaman belakang bermanfaat menjadi tempat menyenangkan untuk menggelar acara memasak dan santap bersama teman dan keluarga. Lantas, seperti apa desain dapur di halaman belakang yang cocok untuk rumah Anda? Berikut ide-ide yang tak boleh dilewatkan!

Desain Dapur di Halaman Belakang dengan Material Kayu

Via Instagram.com / @thehappybuild
 

Halaman belakang yang awalnya dimanfaatkan untuk meletakkan pot-pot bunga ini disulap menjadi dapur semi outdoor yang cantik. Papan-papan kayu menjadi pilihan material utama. Visual yang menarik diperoleh dari  kombinasi papan-papan kayu yang sebagian dicat hitam, sementara sebagian lain dibiarkan dengan warna natural. Khusus untuk area dapur, ditambahkan atap transparan dengan rangka dari kayu. Aktivitas memasak dan bersantap pun bisa dilakukan sambil menikmati keindahan bunga-bunga di halaman belakang.

Dapur Gazebo
Gazebo yang disulap menjadi dapur, foto toddpharistx, via Pixabay

Gazebo yang disulap menjadi dapur, foto toddpharistx, via Pixabay
 

Tak sekadar duduk-duduk di gazebo, desain dapur terbuka ini memaksimalkan gazebo menjadi tempat memasak sekaligus bersantap bareng teman dan keluarga. Meja dapur dengan desain berbentuk huruf “U” yang menghadap keluar memudahkan beraktivitas saat di dapur, sekaligus bisa menjadi meja makan. Kursi-kursi yang diletakkan mengelilingi meja dapur menjadikan dapur sebagai assembly point yang hangat.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Bentuk U yang Cantik untuk Rumah 2021
 

Menyatu dengan Kolam Ikan
Dapur di Sutorejo House, karya tim arsitek DAS Quadrat, via Arsitag.com

Dapur di Sutorejo House, karya tim arsitek DAS Quadrat, via Arsitag.com
 

Halaman belakang Sutorejo House ini dimanfaatkan untuk kolam ikan. Kolam ikan kemudian menjadi area rekreasi bagi keluarga. Selain itu, keberadaan kolam ikan juga membantu menurunkan suhu rumah sehingga udara terasa lebih sejuk. Nah, kolam ikan di halaman belakang rumah ini dibuat seakan menyatu dengan dapur. Pembatasnya berupa material kaca transparan yang bisa dibuka lebar-lebar. Penggunaan kaca membuat visual ruangan terasa tanpa batas. Dapur pun jadi terasa lebih luas, sirkulasi udara lebih baik, dan keindahan halaman belakang leluasa dinikmati sembari memasak dan bersantap.

Dapur dan Ruang Makan Terbuka Anti Sumpek
Dapur terhubung dengan taman belakang, karya arsitek Tamara Wibowo, via Arsitag.com

Dapur terhubung dengan taman belakang, karya arsitek Tamara Wibowo, via Arsitag.com
 

Cuaca tampaknya menjadi pertimbangan utama saat merancang dapur dan ruang makan terbuka. Di hunian ini, dapur dan ruang makan yang berada di bagian belakang rumah dibuat terhubung dengan halaman belakang yang rimbun. Dinding pembatas benar-benar dihilangkan dan diganti seluruhnya dengan panel-panel kaca yang bisa dibuka lebar ataupun sebagian saja. Ketika musim penghujan tiba, panel-panel kaca bisa ditutup rapat, sehingga dapur dan ruang makan tetap terlindungi. Aktivitas memasak dan bersantap terasa lebih santai dengan pemandangan rimbunnya halaman belakang.

Desain Dapur di Teras Belakang

Via Instagram.com / @backyardretreat
 

Teras belakang rumah yang menghadap ke halaman belakang biasanya hanya dimanfaatkan untuk duduk-duduk santai saja. Namun, pada inspirasi ini teras belakang rumah disulap menjadi dapur terbuka. Desain kicthen island bermanfaat sebagai meja dapur sekaligus sebagai meja makan. Material-material bernuansa alam, seperti kayu dengan warna natural, bata ekspos, serta batu alam pada lantai, membuat desain dapur ini terasa menyatu dengan nuansa alam yang kental di halaman belakang.
 

Baca juga: 6 Tips Cerdik Bersih-bersih Dapur Agar Selalu Kinclong dan Nyaman
 

Dapur Outdoor yang Simpel dan Manis

Via Instagram.com / @yardsie_design
 

Begitu melihat dapur ini, sudah bisa dibayangkan betapa asyiknya acara memasak dan bersantap yang bisa diadakan di area terbuka. Dapur outdoor ini menawarkan desain yang simpel berbentuk “L”. Satu sisi digunakan untuk memasak, dan sisi lainnya dipakai untuk menyajikan makanan. Didominasi warna putih yang sederhana, area dapur dibuat lebih tinggi dengan lantai dari paving block.

Nah, inspirasi desain dapur di halaman belakang rumah ini pastinya akan mengubah fungsi halaman belakang menjadi lebih maksimal. Tak hanya untuk memasak, dapur di halaman belakang menjadi tempat yang hangat untuk menikmati quality time bersama teman dan keluarga!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.



Hubungi ARSITAG