Desain Rak Penyimpanan Kreatif untuk Rumah Mungil Kekinian

Desain Rak Penyimpanan Kreatif untuk Rumah Mungil Kekinian | Foto artikel Arsitag

Rak penyimpanan hemat ruang, foto oleh Luisa Brimble, via Unsplash


 

Bagi para pemilik rumah, selain perabotan, menata ruang penyimpanan kerap menjadi masalah yang memusingkan. Apalagi, jika Anda memiliki banyak barang koleksi, baik itu pajangan maupun pakaian atau buku. Menata semua barang tanpa membuat ruangan terasa sumpek adalah sebuah misi besar.

Untuk Anda yang sedang bingung memilih rak penyimpanan, ada beberapa inspirasi desain tempat penyimpanan yang dapat dijadikan referensi. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Built-in Storage
Rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding, foto oleh Jon Tyson, via Unsplash

Rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding, foto oleh Jon Tyson, via Unsplash
 

Built-in storage adalah salah satu opsi tempat penyimpanan yang bisa Anda pertimbangkan, terlebih jika Anda memiliki ruang yang terbatas. Built-in storage memungkinkan Anda menyimpan barang-barang di rak yang menyatu dengan dinding.

Salah satu contoh desain di atas menghadirkan built-in storage tanpa tutup. Apabila ingin barang-barang tidak terlihat, Anda tentu saja dapat melengkapi rak ini dengan pintu.
 

Baca juga: Desain Apartemen Studio Kompak yang Cantik dengan Meja Rahasia
 

Rak Penyimpanan Multifungsi
Rak sepatu yang berfungsi sebagai tempat duduk, foto oleh Shop Slo, via Unsplash

Rak sepatu yang berfungsi sebagai tempat duduk, foto oleh Shop Slo, via Unsplash
 

Cara lain membuat rak penyimpanan di ruangan yang terbatas adalah membuat tempat penyimpanan tersebut memiliki fungsi lain. Beberapa orang memilih untuk memanfaatkan kolong ranjang sebagai tempat penyimpanan. Untuk area lain di luar kamar tidur, Anda bisa mengintip ide tempat penyimpanan di atas.

Selain berfungsi sebagai rak sepatu, bagian atas rak difungsikan sebagai tempat duduk. Lapisi dengan karpet lembut lalu tambahkan cushion, dan tempat ini akan jadi lokasi terbaik untuk Anda bersantai dengan keluarga.

Rak Penyimpanan Sekaligus Meja
Meja belajar/meja kerja sekaligus tempat penyimpanan, foto oleh Wu Yi, via Unsplash

Meja belajar/meja kerja sekaligus tempat penyimpanan, foto oleh Wu Yi, via Unsplash
 

Untuk Anda yang sedang WFH, memiliki meja kerja berantakan tentu tidak menyenangkan. Membiarkan alat tulis, laptop, dan beragam berkas di satu tempat berpengaruh mengurangi produktivitas. Karena itulah, Anda membutuhkan area kerja yang nyaman sekaligus tempat penyimpanan yang mudah dijangkau.

Meja kerja yang dilengkapi dengan rak seperti ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Jika sedang tidak bekerja, Anda dapat memanfaatkannya untuk membaca koleksi buku atau sekadar bermain game di laptop.

Memasang Rak di Salah Satu Dinding Saja
Rak penyimpanan di sepanjang dinding, foto oleh Pickawood, via Unsplash

Rak penyimpanan di sepanjang dinding, foto oleh Pickawood, via Unsplash
 

Ide penyimpanan cerdas lainnya dapat Anda lihat pada contoh desain di atas. Rak di rumah ini dipasang memenuhi satu dinding saja dengan semua barang yang tersimpan di sana. Karena posisinya yang menempel langsung ke dinding, hal ini memberikan kesan seolah-olah rak itu adalah partisinya.

Dengan sebuah pintu di tengahnya, pemilik rumah membagi rak tersebut ke dalam dua area. Satu area untuk bersantai sambil menonton televisi bersama keluarga. Sementara, area di sebelahnya yang berisi buku-buku bisa digunakan sebagai sudut untuk belajar atau bekerja.
 

Baca juga: Desain Rumah Minimalis dengan Tempat Penyimpanan Built-In Maksimal
 

Rak Gantung
Rak gantung yang menghemat ruang, foto oleh Mindspace Studio, via Unsplash

Rak gantung yang menghemat ruang, foto oleh Mindspace Studio, via Unsplash
 

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan ruang sekaligus biaya, membuat floating shelf atau rak gantung merupakan sebuah ide yang sempurna. Rak gantung memungkinkan Anda memiliki banyak tempat penyimpanan tanpa memakan ruang. Pada contoh desain di atas misalnya, bagian bawah rak yang kosong dimanfaatkan untuk meletakkan pajangan dan kursi santai.

Itulah beberapa inspirasi rak penyimpanan yang praktis untuk rumah mungil Anda. Semoga salah satunya bisa menjadi referensi Anda ketika menata hunian menjadi lebih nyaman.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."