Desain Cantik Apartemen Studio Mungil dengan Ranjang Lipat yang Hemat Ruang

Desain Cantik Apartemen Studio Mungil dengan Ranjang Lipat yang Hemat Ruang | Foto artikel Arsitag

Citra Landmark Studio, sebuah apartemen mini di Jakarta, karya HelloEmbryo, via arsitag.com


 

Bagi sebagian orang, tinggal di apartemen terutama yang berkonsep studio mungil mungkin terasa kurang memuaskan. Namun, untuk yang menyukai hal-hal simpel, tinggal di hunian berukuran kecil justru bisa menjadi cara yang menarik untuk berkreasi dan mengatur barang-barang yang dimiliki agar tidak terlalu banyak.

Sebuah unit di proyek Citra Landmark Studio ini adalah salah satu contoh desain studio mungil yang dirancang dengan segala keterbatasan namun tidak menghilangkan satu pun fungsinya sebagai sebuah hunian nyaman. Ditangani oleh HelloEmbryo yang sudah mengerjakan banyak proyek hunian serupa, salah satu interior unit Citra Landmark Studio hadir sebagai apartemen kecil yang cantik sekaligus menarik untuk dijadikan inspirasi bagi Anda, pemilik hunian sempit.

Menggunakan Berbagai Trik untuk Memberikan Kesan Luas
Menggunakan warna-warna terang untuk kesan luas, karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Menggunakan warna-warna terang untuk kesan luas, karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Dengan ukuran yang terbilang kecil, apartemen studio diharapkan mampu mengakomodasi semua kebutuhan penghuninya. Mulai dari kebutuhan ruang istirahat, area masak dan makan, area penyimpanan wardrobe, tempat bersantai, hingga kamar mandi.

Untuk memberikan kesan luas, sang desainer menggunakan berbagai cara; mulai dari menggunakan warna-warna terang hingga memakai material kayu untuk pintu menuju balkon dan pintu kamar mandi. Pencahayaan yang maksimal memungkinkan area dalam studio terasa lebih airy dan tidak sumpek.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Minimalis Japandi yang Super Kece
 

Layout Memanjang Menyerupai Lorong
Layout yang memanjang agar fungsi kedua sisi dinding maksimal, karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Layout yang memanjang agar fungsi kedua sisi dinding maksimal, karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Secara keseluruhan, apartemen kontemporer ini hadir tanpa sekat sama sekali untuk menghindarkan kesan sumpek. HelloEmbryo merancang layout yang memanjang, memungkinkan sisi kanan dan kiri dinding dimaksimalkan dengan baik.

Dari bagian depan pintu masuk, Anda akan menemukan area dapur di sisi kiri. Menggunakan kitchen set modern yang simpel, dapurnya tampak sederhana, namun tetap fungsional. Sementara itu, di seberangnya, ada kamar mandi yang juga dibuat dengan desain memanjang. Pintunya yang terbuat dari kaca menghilangkan kesan sempit ketika Anda berada di dalamnya.

Menggunakan murphy bed agar ruangan tidak terasa sempit, karya HelloEmbryo, via arsitag.com

Menggunakan murphy bed agar ruangan tidak terasa sempit, karya HelloEmbryo, via arsitag.com
 

Bagian selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah area tidur. Untuk menghilangkan ranjang yang kerap membuat kamar tidur jadi terlihat sempit, desainer memilihkan murphy bed atau wall bed. Ranjang yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kotaknya yang menempel di dinding ini menjadi pilihan banyak orang yang memiliki ruang tidur terbatas. Di siang hari, ranjang bisa dilipat dan menyediakan ruang. Area inilah yang bisa digunakan oleh penghuni apartemen untuk sekadar bersantai menonton televisi atau menyambut tamu yang datang.

Area Penyimpanan yang Diatur Saksama
Memaksimalkan dinding untuk area penyimpanan, karya Helloembryo, via arsitag.com

Memaksimalkan dinding untuk area penyimpanan, karya Helloembryo, via arsitag.com
 

Karena menggunakan murphy bed, penghuni rumah tentu juga kehilangan kesempatan menjadikan kolong ranjang sebagai tempat penyimpanan. Untungnya, di unit studio ini Anda tidak perlu mencemaskannya. Di belakang kotak penyimpanan ranjang, ada arak-rak kayu yang ditata sedemikian rupa.

Rak bagian atas bermanfaat untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai. Sementara, di sisi kanan difungsikan untuk menggantung pakaian. Pada sisi kiri ranjang, Anda akan menemukan satu set meja kerja lengkap dengan kursinya yang bisa difungsikan sebagai tempat saat work from home.
 

Baca juga: Desain Apartemen Studio Kompak yang Cantik dengan Meja Rahasia
 

Gantungan pakaian di sisi kiri dan meja kerja di sisi kanan ranjang murphy, apartemen karya Helloembryo, via arsitag.com

Gantungan pakaian di sisi kiri dan meja kerja di sisi kanan ranjang murphy, apartemen karya Helloembryo, via arsitag.com
 

Untuk menghilangkan kesan kaku, aksesoris adalah hal mutlak yang dibutuhkan. Penambahan beberapa pot tanaman hijau di atas rak dan di meja, menghadirkan nuansa yang lebih fresh. Cahaya matahari yang berasal dari beranda juga memberikan sentuhan natural yang membuat penghuni merasa lebih segar dan hangat.

Menata sebuah hunian kecil memang bukan hal yang mudah. Tetapi, dengan beberapa tips dari Helloembryo saat menata sebuah unit di Citra Landmark Studio ini, Anda bisa menciptakan tempat tinggal mungil yang tetap terasa nyaman.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."