Ide Kreatif Menata Ruang Kerja Mini di Rumah Minimalis Anda

Ide Kreatif Menata Ruang Kerja Mini di Rumah Minimalis Anda | Foto artikel Arsitag
Cover ruang kerja mini karya Envirotec (Sumber: arsitag.com)
 

Ruang kerja yang fungsional sekaligus stylish merupakan impian banyak orang. Solusi untuk membuat ruang kerja yang benar-benar produktif tanpa terkesan kaku terletak pada penempatan detail-detail kreatif pada ruang tersebut, misalnya saja built-in shelves, lukisan dinding, hingga penempatan pot tanaman.

Penempatan detail-detail kreatif ini bisa diterapkan pada berbagai jenis, tipe, dan ukuran ruang kerja, termasuk ruang kerja mini. Berikut ini adalah beberapa ide kreatif yang dapat Anda jadikan sebagai sumber inspirasi dalam menata ruang kerja mini di rumah minimalis Anda:

Karya Seni Favorit dalam Ruang Kerja Mini

Karya Seni Favorit dalam Ruang Kerja Mini
Lukisan dinding dalam ruang kerja mini (Sumber: freshome.com)
 

Jangan sampai ruang kerja mini dalam rumah Anda terlihat monoton dan membosankan. Berikan sentuhan seni dalam bentuk yang Anda sukai, misalnya saja lukisan dinding seperti pada ruang kerja di atas.

Ruang Kerja Mini di Bawah Jendela

Pemanfaatan area di bawah jendela sebagai ruang kerja mini (Sumber: solhausdesign.com)Pemanfaatan area di bawah jendela sebagai ruang kerja mini (Sumber: solhausdesign.com)
 

Manfaatkan ruang kosong di bawah jendela sebagai ruang kerja mini di rumah Anda. Dengan  cara seperti ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata setiap saat. Selain itu, Anda memberikan akses bagi cahaya matahari untuk masuk dan menerangi area kerja Anda. Untuk menyimpan berbagai peralatan kerja, manfaatkan ruang yang ada di bawah meja kerja. Sebuah built-in shelves juga akan sangat bermanfaat untuk meletakkan berbagai benda yang Anda butuhkan nantinya.

Desain Meja Kerja yang Unik

Meja kerja unik yang berfungsi ganda sebagai rak buku (Sumber: christophevendel.com)Meja kerja unik yang berfungsi ganda sebagai rak buku (Sumber: christophevendel.com)

 

Sebuah meja kerja dengan ukuran dan desain yang khusus dibangun sesuai dengan area yang ada merupakan jawaban bagi Anda yang ingin menciptakan sebuah ruang kerja mini yang nyaman. Meja kerja ini memiliki lekukan yang membuatnya unik. Pada bagian bawah meja ini terdapat rak buku untuk menyimpan semua bahan bacaan ataupun dokumen. Penggunaan dua buah kursi dengan bentuk, warna dan desain yang berbeda memberikan kesan fun.

Bulletin Board di atas Meja Kerja

Bulletin Board di atas Meja Kerja
Bulletin board di atas meja kerja untuk meningkatkan produktivitas (Sumber: freshome.com)

 

Tempatkan bulletin board di atas meja kerja Anda. Manfaatkan bulletin board ini sebagai tempat untuk mencatat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, to-do list, serta berbagai catatan lain untuk menunjang produktivitas kerja. Desain bulletin board pada gambar ruang kerja mini di atas memiliki tambahan rak untuk menyimpan berbagai dokumen ataupun berbagai perlengkapan kerja lain agar tidak menumpuk di atas meja.

Meja Kerja dengan Warna Terang

Meja Kerja dengan Warna Terang
Meja kerja berwarna merah untuk membangkitkan semangat kerja (Sumber: pinterest.com)
 

Pada umumnya, meja kerja selalu memiliki warna netral seperti putih, hitam, coklat, ataupun warna kayu. Anda bisa membongkar tradisi ini dengan menggunakan meja kerja dengan warna cerah seperti merah dalam ruang kerja mini di rumah Anda. Penggunaan warna cerah seperti ini bisa dipastikan akan membangun mood dan semangat kerja Anda.

Penggunaan Warna Kontras dalam Desain Ruang Kerja Mini

Penggunaan Warna Kontras dalam Desain Ruang Kerja Mini
Permainan warna kontras antara dinding dan karpet lantai dalam ruang kerja mini  (Sumber: pinterest.com)
 

Permainan warna yang kontras merupakan sebuah ide menarik untuk Anda terapkan saat menata ruang kerja mini di rumah Anda. Perpaduan warna yang sangat kontras antara warna abu-abu dan hitam pada meja dan dinding ruangan dengan warna merah pada karpet membuat area kerja ini terlihat lebih menarik.

Statement Chair

Statement chair untuk ruang kerja mini (Sumber: homebliss.in)Statement chair untuk ruang kerja mini (Sumber: homebliss.in)

Salah satu cara paling mudah untuk menata ruang kerja mini di rumah Anda agar terlihat lebih menarik adalah dengan menggunakan statement chair seperti ini. Pergunakan statement chair sebagai center of attention dalam ruang kerja mini Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan aspek ergonomis dari kursi tersebut, untuk memastikan agar Anda tetap nyaman selama bekerja.

Jadi, meja kerja mini yang manakah favorit Anda?


 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis



Mau bangun?