Ingin Mengecat Ulang Sendiri Kamar Tidur Anda? Pelajari Tantangan Dan Solusinya Di Sini

Ingin Mengecat Ulang Sendiri Kamar Tidur Anda? Pelajari Tantangan Dan Solusinya Di Sini | Foto artikel Arsitag
Warna cat kamar mempengaruhi kualitas desain (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Kamar tidur sebagai ruang dengan tingkat privasi yang tinggi dan mencerminkan karakter unik tiap pribadi, tentulah akan semakin nyaman jika didesain dan dicat dengan warna kesukaan. Bahkan, beberapa orang lebih memilih mengurus sendiri kamar tidurnya daripada meminta bantuan orang lain. Mulai dari kebersihan sehari-hari sampai tata ulang perabotan dan pengecatan.

Jika ingin mengecat ulang sendiri kamar tidur Anda, pelajari tantangan dan solusinya di sini. Artikel ini memberikan berbagai smart tips yang membuat proses menyenangkan ini menjadi semakin menyenangkan, hemat biaya, waktu, dan tenaga.

1. Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan Sebelum Memilih Warna dan Jenis Cat

Kamar tidur bergaya tropikal kontemporer modern, Bayview Garden Villa, Nusa Dua, Bali karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)Kamar tidur bergaya tropikal kontemporer modern, Bayview Garden Villa, Nusa Dua, Bali karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)  
 

Seringkali kita berpikir “Saya tahu apa yang saya mau”, tapi ingatlah untuk berpikir juga tentang apa yang dibutuhkan. Terkadang keinginan dipengaruhi suasana hati saat ini, namun kebutuhan terpengaruh keadaan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Ingatlah juga, mengecat ulang bukanlah pekerjaan yang hanya butuh 1-2 jam dan semudah menjentikkan jari. Perlu waktu, tenaga, dan biaya untuk melakukannya. Jadi, pastikan warna dan jenis cat yang dipilih benar-benar sesuai karakter dan kebutuhan agar kamar tidur terasa nyaman lebih lama.

2. Kenali Kamar Tidur dan Semua Perabotannya

Clark+Kensington, ACE Paints dengan pilihan warna beragam (Sumber: thepaintstudio.com)Clark+Kensington, ACE Paints dengan pilihan warna beragam (Sumber: thepaintstudio.com)  
 

Elemen ruang bukan hanya dinding, tetapi juga lantai, plafon, dan semua perabotannya. Tiap elemen memiliki peran dan karakteristik unik, mulai dari bahan, tekstur, ketahanan terhadap suhu, hingga warna yang semuanya saling terkait dan melengkapi. Jadi, saat ingin mengecat ulang kamar tidur, jangan batasi hanya pada dinding. Atau jika hanya ingin mengecat ulang dindingnya, pastikan kesesuaiannya dengan elemen lainnya.

3. Mengecat Sendiri Itu Menyenangkan

Kamar tidur Capital Residence bergaya skandinavia, karya Enviro Tec (Sumber: arsitag.com)Kamar tidur Capital Residence bergaya skandinavia, karya Enviro Tec (Sumber: arsitag.com) 
 

Ada kepuasan tersendiri saat berhasil mengecat kamar tidur sendiri. Setiap jengkal area kamar terasa benar-benar hasil kerja keras yang terbayarkan dengan kenyamanan yang didapat.  Waktu berada di kamar menjadi lebih berkualitas dan inspiratif.

4. Pilihlah Warna yang Tepat

Perpaduan ragam warna customize menciptakan suasana baru yang nyaman di kamar tidur (Sumber: thepaintstudio.com)Perpaduan ragam warna customize menciptakan suasana baru yang nyaman di kamar tidur (Sumber: thepaintstudio.com) 
 

Cakram warna memang bisa membantu dalam pemilihan warna. Namun, bisa juga membuat bingung karena semua warna tampak bagus atau terlihat mirip. Mulailah dengan jenis warna yang diinginkan. Warna lembut atau cerah? Netral atau kontras? Satu warna atau lebih?

Saat memilih warna cat dinding, ingat pula warna plafon, lantai, dan perabotan dalam kamar. Tidak perlu terburu-buru menentukan warnanya. Mintalah kartu atau sampel warna untuk dibawa pulang dan dicocokkan dengan warna elemen lainnya. Lihatlah warnanya pada siang hari dengan pencahayaan alami dan di malam hari di bawah pencahayaan lampu agar terasa sensasinya dalam keadaan yang berbeda sepanjang hari.

5. Proses Tinting atau Pencampuran Warna

5. Proses Tinting atau Pencampuran Warna
Proses tinting menciptakan warna-warna baru sesuai kebutuhan (Sumber: acepaints.acehardware.co.id) 
 

Biasanya di kaleng cat sudah tertera warna yang ada di dalamnya. Namun, walau sudah beragam warna tersedia, tetap saja ada kemungkinan warna yang diinginkan tidak tersedia.

Di ACE Paints, beragam warna baru berkualitas yang sesuai kebutuhan dan keinginan dapat dihadirkan melalui proses tinting, teknologi komputerasi terkini untuk mencampur warna. Uniknya, cat yang akan di-tinting berwarna putih. Baru setelah melalui proses tinting, warnanya berubah sesuai keinginan. Ketepatan prosesnya pun cukup akurat sesuai persentase warna yang dicampur. Jadi bisa membeli lagi jika kurang.

6. Persiapan Mengecat Ulang

Kamar tidur Westmark Apartment karya JR Design (Sumber: arsitag.com)Kamar tidur Westmark Apartment karya JR Design (Sumber: arsitag.com) 
 

Biasanya, keinginan untuk mengecat ulang timbul karena cat sudah kusam, terkelupas, atau sudah bosan dengan warnanya dan menginginkan suasana baru. Nah, proses pengecatan ulang bukan hanya melapisi yang lama dengan yang baru begitu saja. Jika cat tembok lama sudah terkelupas, perlu dilakukan proses pengelupasan cat dulu. Atau paling tidak, jika cat lama masih merekat dengan baik, dinding perlu dibersihkan dulu dari debu agar cat baru bisa merekat dengan baik.

Agar hasil akhirnya bagus, lebih merata, dan cat lebih merekat, gunakan cat primer atau cat dasar dulu. Menggunakan cat dasar sama pentingnya seperti membangun pondasi rumah, walau memang memerlukan waktu dan tenaga lebih karena perlu dua kali pengerjaan, cat primer lalu cat tembok.

Tapi kini, ACE Paints menyediakan cat 2 in 1, perpaduan primer dan cat untuk interior dan eksterior dengan tipe finishing flat, satin, dan semi gloss. Ukurannya pun beragam, mulai dari pail, galon, dan quart. Uniknya lagi, bila satu galon cat merk lain berisi 2,5 liter, satu galon ACE Paints berisi 3,79 liter.

7. ACE Paints, Cat Berkualitas Tinggi yang Memberi Kemudahan Dalam Pengecatan

ACE Paints, pilihan ragam warna cat berkualitas (Sumber: acehardware.co.id)ACE Paints, pilihan ragam warna cat berkualitas (Sumber: acehardware.co.id)  
 

Clark+Kensington, Royal, dan Essence menjadi deretan merek cat yang termasuk ACE Paints. Produk cat dari Amerika Serikat ini telah meraih sertifikat Green Wise karena produknya yang rendah VOC (Volatile Organic Compounds)/zat kimia berbahaya bagi kesehatan yang sangat mudah menguap dalam suhu ruang, tanpa bau tak sedap, dan terbuat dari bahan ramah lingkungan.

Clark+Kensington, produk paint+primer in one dilengkapi teknologi Ceramic Microsphere yang menghemat tenaga, waktu, biaya, dan bergaransi seumur hidup. Hasil dan daya rekatnya maksimal, tahan cuaca, noda dan jamur, serta kering lebih cepat. Permukaan yang dicat dengan Clark+Kensington lebih halus dan awet, tidak menghasilkan bercak kapur, dan sangat mudah dibersihkan.

Senada dengan Clark+Kensington, Royal juga produk paint+primer in one, jadi tidak perlu cat primer sebelum mengaplikasikan cat merek ini. Bergaransi seumur hidup, cat Royal minim cipratan, tahan noda, cuaca dan jamur, mudah dibersihkan dengan pilihan warna-warna yang lebih cerah. Fitur minim cipratan dan daya rekat tinggi yang terbuat dari 100% akrilik lateks, sangat berguna bagi orang awam yang bukan pro wall painter agar cat tidak berantakan dan mengotori perabotan.

Satu lagi merek yang menjadi bagian ACE Paints, Essence, dengan garansi 12 tahun. Merek ini juga diklaim mudah diaplikasikan, tidak menghasilkan bercak kapur, tahan cuaca, dan minim cipratan.

Kamar tidur dengan warna coklat dan krem yang berkesan hangat karya Garisprada (Sumber: arsitag.com)Kamar tidur dengan warna coklat dan krem yang berkesan hangat karya Garisprada (Sumber: arsitag.com) 
 

Mengecat ulang sendiri kamar tidur, kini menjadi semakin menyenangkan, hemat waktu, tenaga, dan biaya dengan kehadiran ACE Paints, cat primer+paint in one dengan berbagai keunggulan untuk menciptakan kamar tidur dengan suasana baru yang nyaman dan keindahan inspirasi warna yang tahan lama.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.



Mau bangun?