Mari Cermati Detail Elegan Desain Interior Minimalis Modern Karya Fine Team Studio

Mari Cermati Detail Elegan Desain Interior Minimalis Modern Karya Fine Team Studio | Foto artikel Arsitag
Cover: Desain interior Brooklyn Soho Apartment di Alam Sutera, Tangerang karya Fine Team Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Sebuah karya bisa diakui sebagai karya terbaik jika setiap detailnya dirancang dengan cermat. Mulai dari konsepnya, bentuk, ukuran, pemilihan material, dan warna, hingga detail sambungan, bahkan posisi urat kayu, harus dirancang dengan penuh ketelitian. Dedikasi semacam ini akan melahirkan sebuah karya desain yang elegan. Elegan karena berfungsi dengan baik dan memiliki desain yang indah sebagai hasil dari proses mendetail yang panjang dan penuh ketekunan.

Perjalanan proses yang penuh kecermatan dan ketekunan inilah yang membuat hasil karya Fine Team Studio patut diperhitungkan sebagai karya-karya terbaik di dunia arsitektur, desain interior, dan konstruksi bangunan. Dari sekian banyak karya yang  telah diwujudkan sejak Juli 2013, mari cermati detail elegan desain interior minimalis modern karya Fine Team Studio!

Baca juga:Cara Menyatukan Desain Minimalis dengan Gaya Sendiri

1. Pemilihan material dengan perpaduan yang tepat

Ruang open-plan di Brooklyn Soho Apartment karya Fine Team Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Ruang open-plan diBrooklyn Soho Apartment karya Fine Team Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Material kayu untuk rak dapur dan kabinet TV, serta granit bermotif marmer berpadu dengan baja pada tangga. Garis urat kayu yang lembut dan alami, menampilkan karakter minimalis yang cenderung didominasi garis vertikal dan horizontal. Desain interior minimalis modern diperkuat garis-garis tegas pada tangga, kusen, dan tiang struktural.

Warna dan karakter alami kayu tetap dipertahankan untuk menunjukkan ‘simplicity’ dari konsep minimalis. Warna coklat alami ini berpadu harmonis dengan dinding, struktur tangga, dan gorden yang putih bersih. Coklat tua pada tangga memperkuat kesan minimalis modern dan menjadikan tangga sebagai ‘focal point’ pada ruang open-plan.

Desain interior Permata Buana Residence di Kembangan, Jakarta Barat karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Desain interiorPermata Buana Residence di Kembangan, Jakarta Barat karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Material kaca sebagai cermin membuat ruang terasa lebih luas, alumunium pada pegangan tangga, dan partisi baja membuat ruang keluarga tampak elegan. Warna ruang yang didominasi putih membuat ruang semakin berkilau. Ruang keluarga berinterior minimalis modern semakin tampil unik, indah, dan elegan dengan detail motif daun pada partisi baja. Sofa dan karpet abu-abu gelap memposisikan elemen furnitur ini sebagai primadona ruang keluarga.

2. Penataan cahaya yang baik

Tata lampu yang simple namun fungsional membuat kamar tidur Brooklyn Soho Apartement tampil elegan (Sumber: arsitag.com)

Tata lampu yang simple namun fungsional membuat kamar tidur Brooklyn Soho Apartement tampil elegan (Sumber: arsitag.com)

Lampu gantung panjang di atas kedua nakas gantung, menyorot nakas dan area di sekitarnya dengan lampu kuning. Warna dan posisi lampu gantung yang tidak terlalu tinggi membuat kamar tidur terasa lebih nyaman. Area lantai kayu yang terkena cahayanya memperlihatkan serat-serat kayu dengan apik, membuat kamar tidur tampak alami dan elegan. 

Desain interior kamar tidur Permata Buana Residence di Kembangan, Jakarta Barat karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Desain interior kamar tidur Permata Buana Residencedi Kembangan, Jakarta Barat karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Saat siang hari, jendela besar di sepanjang dinding, menjadi sumber cahaya alami. Di malam hari, 4 lampu downlighting yang diposisikan di plafon gypsum tepat di atas ranjang, menjadi sumber cahaya saat belum tidur. Lampu-lampu lainnya diposisikan di sisi samping sebagai pencahayaan saat tidur.

3. Setiap elemen dirancang dengan detail

Rak TV dan kabinet di Brooklyn Soho Apartment (Sumber: arsitag.com)

Rak TV dan kabinet di Brooklyn Soho Apartment(Sumber: arsitag.com)

Bentuk rak TV dan kabinet berkonsep minimalis dengan permainan bentuk geometris persegi panjang. Kesan modern didapat dari pemanfaatan besi sebagai rangkanya. Perpaduan warna coklat muda pada kayu dan coklat tua pada rangka besi memberikan kesan harmonis. Warna coklat yang lebih tua pada bagian rangka menunjukkan kekokohan sekaligus sebagai aksen. Dominasi garis horizontal ditampilkan dengan jelas oleh urat-urat kayu. Garis vertikal diposisikan di bagian dalam rak, sebagai penyeimbang dominasi garis horizontal dan memberi kesan lebih tinggi untuk bagian rak yang memanjang. Adanya 3 soket menunjukkan kejelian saat merancang furnitur ini karena juga memikirkan kerapian peralatan listrik yang akan diletakkan pada rak.

Detail sudut rak di Brooklyn Soho Apartment  (Sumber: arsitag.com)

Detail sudut rak di Brooklyn Soho Apartment  (Sumber: arsitag.com)

Perletakan rangka atas dan bawah sengaja dibedakan dan telah diperhitungkan sesuai dimensi benda-benda yang akan diletakkan di dalamnya. Variasi ini juga memperkuat tampilan minimalis modern.

4. Tampilan simple, bersih, dan rapi

Dapur Brooklyn Soho Apartment (Sumber: arsitag.com)
DapurBrooklyn Soho Apartment(Sumber: arsitag.com)

Kabinet dapur didesain dengan modul-modul tertentu agar antara kabinet atas dan kabinet bawah ada keteraturan dan kesinambungan. Ukuran modul ditentukan berdasarkan standarisasi peralatan dapur dan kenyamanan pemakainya. Tampilan simple didapat dengan hampir tidak adanya profil yang berlebihan. Estetika didapat dari kealamian urat-urat kayu dan garis-garis batas antar rak kabinet.

Dapur Pondok Hijau Golf Residence di Kelapa Dua, Tangerang karya Fine Team Studio tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Dapur Pondok Hijau Golf Residence di Kelapa Dua, Tangerang karya Fine Team Studio tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Kali ini, Fine Team Studio memberikan tampilan minimalis modern dengan material glossy pada pintu kabinet dapur. Selain mudah dibersihkan, material ini menyerupai cermin, tampak keren, dan memberi efek pantulan yang membuat ruang tampak lebih luas. Efek pantulan yang memberi kesan luas semakin terasa dengan kehadiran cermin di sepanjang dinding dapur.

Baca juga: 10 Desain Dapur Rumah Sederhana yang Penuh Kehangatan

5. Kekompakan perpaduan setiap elemen yang saling menguatkan

Ibza's Bar & Lounge di Kelapa Gading, Jakarta Utara karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Ibza's Bar & Loungedi Kelapa Gading, Jakarta Utara karya Fine Team Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Setiap elemen dalam desain, termasuk desain interior, harus kompak dan berpadu untuk saling menguatkan karakter dan fungsi setiap elemen dan seluruh ruang. Ekspos struktur berbentuk balok berpadu kompak dengan meja persegi panjang, kursi persegi, dan pola lantai persegi. Keempat elemen ini memperkuat tampilan minimalis. Sofa modern, lampu gantung berbentuk oval, dan lingkaran cermin memperkuat kesan modern. Kedua gaya minimalis dan modern ini juga saling menguatkan karakter dan fungsi tiap elemen dengan permainan warna, perletakan furnitur, dan tata pencahayaan yang baik. 

Fish Streat Tanjung Duren di Kelapa Dua, Tangerang karya Fine Team Studio dan CO associates tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Fish Streat Tanjung Durendi Kelapa Dua, Tangerang karya Fine Team Studio dan CO associates tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Para desainer muda yang tergabung dalam Fine Team Studio telah membuktikan kreativitas, ketekunan, dan kerjasama mereka dalam mewujudkan karya-karya terbaik. Setiap elemen yang dipikirkan dengan matang secara detail akan menelurkan karya-karya yang elegan. Konsep desain yang baik akan mewujudkan desain yang sempurna. “FINE CONCEPT MAKES PERFECT DESIGN”.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.