Villa Sempurna untuk Liburan di Bali dengan Desain Tropis Minimalis yang Memukau

Villa Sempurna untuk Liburan di Bali dengan Desain Tropis Minimalis yang Memukau | Foto artikel Arsitag
Cover : Entrance Minimalis Aurora Villa yang Memukau dengan Garis Tegas Barisan Batu Alam (Sumber: arsitag.com)
 

Villa tropis minimalis cocok menjadi konsep villa di Pantai Balangan, Kuta Selatan, Bali, dengan kondisi lingkungan dan keindahan alam yang dapat dihadirkan untuk kenyamanan selama tinggal di villa. Namun, keindahan Pulau Dewata tidak hanya untuk dinikmati, tetapi diikutsertakan dan dipadukan dalam desain villa tropis minimalis yang memukau.

Beni Sabara, seorang arsitek yang berkantor di Bali dan Lombok, memadukan semangat eco-green dan mengaplikasikan sistem MEP (Mekanikal, Elektrikal, dan Plumbing/Perpipaan) ke dalam Villa Aurora yang bergaya tropis minimalis. Bagaimana perpaduan dan pengaplikasiannya? Mari kita telusuri desainnya!

1. Eksterior Villa Tropis Minimalis yang Simple Tapi Elegan  

Permainan Garis untuk Eksterior Minimalis yang Simple Tapi Elegan (Sumber: arsitag.com)Permainan Garis untuk Eksterior Minimalis yang Simple Tapi Elegan (Sumber: arsitag.com)
 

Sejak tampilan eksteriornya, konsep tropis minimalis sangat terasa. Permainan garis vertikal dan horizontal mempertegas gaya arsitektur minimalis dengan material kayu dan batu alam yang menjadi ciri khas arsitektur tropis.

Façade didominasi bidang persegi panjang di bagian atas, yang tersusun dari kayu berwarna coklat tua. Bidang yang sebenarnya didominasi garis horizontal, diseimbangkan dengan tiga ornamen menyerupai tangga dengan tiga bidang persegi. Kali ini, tiga ornamen dan tiga bidang persegi menjadi perlambang tiga tingkatan alam semesta, Tri Loka, kepercayaan yang umumnya dianut masyarakat Hindu di Bali.
 

Baca juga: Arsitektur Villa Tropis Kontemporer Karya Parametr yang Menampilkan Surga Pulau Dewata
 

2. Villa Tropis Minimalis dengan Entrance yang Memukau

Aurora Villa berkonsep Minimalis Modern dengan Semangat Eco-Green (Sumber: arsitag.com)Aurora Villa berkonsep Minimalis Modern dengan Semangat Eco-Green (Sumber: arsitag.com)
 

Setelah memasuki pagar, barisan batu alam di atas hamparan segarnya hijau rerumputan, menjadi entrance yang memukau untuk memasuki villa. Berbagai tanaman tropis, mulai dari aneka tanaman sukulen yang rendah hingga pohon mangga yang teduh, menciptakan kesegaran dan kenyamanan, menyambut dengan hangat dan memberi semangat untuk menapaki deretan blok batu alam satu per satu sambil menikmati keindahan alam.
 

3. Villa Tropis Minimalis dengan Semangat Eco-Green 

Semangat Eco-Green yang Menciptakan Kenyamanan Keindahan Alam dalam Villa Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com)Semangat Eco-Green yang Menciptakan Kenyamanan Keindahan Alam dalam Villa Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com) 
 

Eco-Green, konsep yang ramah lingkungan, sangat tepat diterapkan dalam desain Villa Aurora. Keindahan alam, kesegaran udara, dan hangatnya matahari di Pulau Bali yang sudah diakui dunia, sangat sayang jika tidak dipadukan dalam desain. Hubungan antara outdoor dan indoor yang saling berpadu dan seolah tiada batas, menjadi ciri khas desain villa ini.

Potensi alam menjadi bagian interior rumah dengan banyaknya bukaan di dinding. Jendela dan pintu geser yang terbuat dari kaca bening, mengoptimalkan sirkulasi udara, pencahayaan alami, serta memaksimalkan view yang bisa dinikmati dari dalam villa.
 

Baca juga: Mematahkan Mitos “Atap Hijau
 

4. Skylight Membawa Kehangatan dalam Villa Tropis Minimalis

Skylight sebagai Sumber Pencahayaan Alami dan Estetika di Ruang Keluarga Aurora Villa (Sumber: arsitag.com)Skylight sebagai Sumber Pencahayaan Alami dan Estetika di Ruang Keluarga Aurora Villa (Sumber: arsitag.com)
 

Konsep eco-green sejalan dengan penghematan energi. Skylight sebagai salah satu solusi desain dengan konsep eco-green untuk menghadirkan cahaya alami, membuat ruang lebih terang dan hidup, sambil tetap hemat energi. Skylight di plafond memberi kesan ruang yang lebih cerdik dan elegan.

Jalusi dengan desain garis horizontal berdampingan dengan dinding vertikal dilapis batu alam. Warna hitam dan coklat bersama pancaran cahaya di antara sela-sela jalusi, menampilkan keindahan desain minimalis yang menerangi ruang dengan teduh.
 

5. Penerapan Konsep Open-Plan dalam Villa Tropis Minimalis

Villa Tropis Minimalis dengan Konsep Open-Plan, Aurora Villa di Bali, karya Beni Sabara, tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)Villa Tropis Minimalis dengan Konsep Open-Plan, Aurora Villa di Bali, karya Beni Sabara, tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)
 

Satu lagi konsep yang sejalan dengan desain minimalis, konsep open-plan. Konsep ini meniadakan dinding batas dan perabotan yang tidak perlu, memfungsikan ruang dengan optimal, menciptakan keindahan dari kejujuran mewadahi kegiatan.

Tangga berupa undakan balok-balok beton dengan desain polos sesuai kegunaannya, keindahannya terpancar dari kesederhanaan bentuk dan kejujuran mengekspos keindahan material beton pembentuknya. Kawat baja menjadi pegangan tangga dan menciptakan keindahan visual desain minimalis.

Kotak-kotak persegi panjang mendominasi blok geometris pembentuk ruang. Meja makan, kabinet dapur, meja dapur, kabinet ruang keluarga, hingga rak TV, secara konsisten menampilkan garis dan sudut, yang tidak hanya simple dan elegan, tetapi juga mengoptimalkan pemanfaatan ruang.
 

6. Kenyamanan Kamar Tidur di Villa Tropis Minimalis

Kenyamanan Kamar Tidur Villa Tropis Minimalis yang Bersinergi dengan Alam (Sumber: arsitag.com)Kenyamanan Kamar Tidur Villa Tropis Minimalis yang Bersinergi dengan Alam (Sumber: arsitag.com)
 

Keseluruhan 5 kamar tidur di villa milik pribadi ini didesain dengan konsep minimalis modern yang dipadukan dengan semangat eco-green dalam pengaplikasian tata perabotan, pemanfaatan material, hingga sistem mekanikal, elektrikal, dan plumbing (MEP).


Kamar Tidur Villa Tropis Minimalis dengan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik (Sumber: arsitag.com)Kamar Tidur Villa Tropis Minimalis dengan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik (Sumber: arsitag.com) 
 

Plafon tray ceiling dengan bagian tengah yang lebih tinggi, didesain untuk menampilkan cahaya tak langsung yang memancarkan keindahan warna kuning, membuat ruang terkesan lebih hangat. Material kayu pada jalusi dan perabotan, berpadu dengan gipsum dan kaca. Material dan eksekusi desainnya yang minimalis, dengan ketegasan garis horizontal dan vertikal, serta tata perabotan dengan konsep Less is More, menciptakan villa tropis minimalis yang nyaman dan elegan.  

7. Kamar Mandi Villa Tropis Minimalis

Kenyamanan Alam dalam Kamar Mandi Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com)Kenyamanan Alam dalam Kamar Mandi Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com)
 

Semangat eco-green juga diterapkan pada desain kamar mandi. Taman mungil minimalis menjadi ruang terbuka yang menghadirkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik untuk kamar mandi yang sehat. Ruang terbuka ini juga memberi kesejukan warna hijau yang memperkuat kesan tropis.


 

Layout Sistem Mekanikal, Elektrikal, dan Plumbing yang Rapi di Kamar Mandi Villa Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com)Layout Sistem Mekanikal, Elektrikal, dan Plumbing yang Rapi di Kamar Mandi Villa Tropis Minimalis (Sumber: arsitag.com)
 

Perabotan yang sarat dengan garis dan geometris minimalis, mendominasi desain kamar mandi, tertata rapi menampilkan keindahan dari kesederhanaan bentuk.

8. Keindahan Segarnya Alam di Taman Villa Tropis Minimalis

Taman Minimalis yang Indah dan Mudah Perawatannya (Sumber: arsitag.com)Taman Minimalis yang Indah dan Mudah Perawatannya (Sumber: arsitag.com)
 

Taman menjadi daya tarik sebuah villa untuk memfasilitasi penciptaan kenyamanan. Taman minimalis memberi kenyamanan ekstra untuk pemiliknya karena perawatannya mudah. Tanaman beraneka warna, bentuk, dan dimensi, dapat dipilih untuk menciptakan taman minimalis yang menghadirkan keindahan dan kesejukan.


Kolam Renang dengan Kesegaran dan Kenyamanan Alam Tropis (Sumber: arsitag.com)Kolam Renang dengan Kesegaran dan Kenyamanan Alam Tropis (Sumber: arsitag.com)
 

Potensi alam tropis yang diikutsertakan dan dipadukan dalam desain dengan semangat eco-green, serta pengoptimalan mewadahi kegiatan lewat pemanfaatan material secara jujur, ternyata menciptakan desain tropis minimalis yang memukau.
 

Baca juga: 12 Cara Cerdik Mendesain Taman yang Mudah Perawatannya

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.