8 Desain Ruang Baca yang Super Nyaman

8 Desain Ruang Baca yang Super Nyaman | Foto artikel Arsitag
L+L House Karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio Tonton (Sumber: arsitag.com)

Kalau Anda suka membaca, ruang baca bisa jadi adalah ruangan kedua yang paling penting bagi Anda setelah kamar tidur. Ruang baca nyaman akan membuat Anda semakin tenang melakukan hobi, tetapi juga sekaligus bisa menjadi tempat melepaskan penat.

Kalau berniat menyisihkan satu ruang khusus untuk menyimpan sekaligus membaca koleksi-koleksi Anda, tidak ada salahnya mulai memikirkan desain ruang baca sederhana. Ada berbagai macam  desain ruang baca minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. 8 contoh berikut bisa Anda jadikan referensi.

Ruang Baca di Loteng

Ruang baca loteng yang nyaman (Sumber: rtastudio.com)

Ruang baca loteng yang nyaman (Sumber: rtastudio.com)

Kalau ruangan yang tersisa di rumah hanyalah loteng, Anda bisa menyulapnya menjadi ruang baca. Letakkan rak buku di sisi kanan dan kiri. Buat jendela kaca yang besar agar sirkulasi udara bisa berjalan baik, sekaligus tempat melemparkan pandangan kala Anda sudah lelah membaca. Satu buah sofa akan menyempurnakan ruang baca di loteng Anda.

Ruang Baca Ala Scandinavian

Ruang baca ala Skandinavian (Sumber: jhinteriordesign.com)

Ruang baca ala Skandinavian (Sumber: jhinteriordesign.com)

Suka warna putih atau ruangan dengan kesan bersih? Ruang baca ala Scandinavian ini cocok sekali untuk Anda. Tambahkan sofa berwarna abu-abu. Tumpukan buku-buku koleksi yang berjajar di rak akan memberikan variasi warna yang terkesan asal, namun semarak.

Reading Corner

Reading corner (Sumber: pinterest.com)

Reading corner (Sumber: pinterest.com)

Alih-alih menyebutnya ruang, tempat baca ini hanya dibuat dengan memanfaatkan salah satu sudut di rumah. Kalau tidak bisa menyediakan ruangan tersendiri, tidak ada salahnya mengadopsi ide ini sebagai tempat Anda melahap koleksi buku-buku Anda.

Rak Buku Sekaligus Ruang Baca

Rak sekaligus ruang baca (Sumber: archdaily.com)

Rak sekaligus ruang baca (Sumber: archdaily.com)

Desain ruang baca satu ini juga sangat cocok dengan Anda yang tidak memiliki banyak ruang. Anda bisa mendesain rak besar tidak hanya untuk menyimpan buku tapi juga mengosongkan bagian tengahnya untuk dipasangi sofa/ busa empuk. Anda bisa membaca tanpa harus bergerak jauh menggapai buku-buku di rak.

Ruang Baca di Kamar Tidur

Kamar sebagai ruang baca (Sumber: pinterest.com)

Kamar sebagai ruang baca (Sumber: pinterest.com)

Sama seperti desain sebelumnya, ide ruang baca ini juga sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak ruang di rumah. Daripada bingung di mana meletakkan koleksi buku-buku, kenapa tidak mencoba menjadikan kamar Anda sekaligus sebagai ruang baca? Konsep tempat tidur bertingkat ini juga akan semakin menghemat ruang.

Ruang Baca dengan Kursi Gantung

Ruang baca dengan kursi gantung/ayunan (Sumber: pinterest.com)

Ruang baca dengan kursi gantung/ayunan (Sumber: pinterest.com)

Kalau sofa selalu membuat Anda tertidur ketika membaca, kenapa tidak mencoba menggantinya dengan ayunan atau kursi gantung seperti desain di atas? Lengkapi dengan karpet berbulu dan warna-warna pastel yang menenangkan untuk kesan cozy.

Ruang Baca di Bawah Tangga

Ruang baca di bawah tangga (Sumber: pinterest.com)

Ruang baca di bawah tangga (Sumber: pinterest.com)

Selain disulap menjadi tempat penyimpanan, bagian bawah tangga juga bisa dialihfungsikan sebagai ruang baca. Letakkan sebuah sofa empuk yang nyaman dan rak-rak kecil di sebelahnya. Bagian bawah tangga ini pasti akan menjadi tempat favorit Anda di dalam rumah.

Colorful Reading Room

Ruang baca colorful (Sumber: pinterest.com)

Ruang baca colorful (Sumber: pinterest.com)

Tidak selamanya ruang baca lekat dengan warna-warna pastel yang lembut. Kalau Anda menyukai warna cerah, desain ruang baca dengan dinding merah ini bisa Anda jadikan referensi untuk suasana ruang baca yang lebih berwarna dan hidup. Konsep serupa bisa Anda gunakan untuk mendesain ruang baca untuk anak-anak Anda. Tambahkan juga karakter kartun agar membuat mereka semakin semangat membaca.
 

Artikel ini juga terdapat di www.sindonews.com dengan judul : 8 Desain Interior Perpustakaan Pribadi yang Super Cozy 

Baca juga:

5 Inspirasi Desain Perpustakaan Di Rumah

5 Cara Kreatif Menciptakan Ruang Tanpa Dinding

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."