Arsitektur Modern Minimalis Karya Rakta Studio dengan Warna Cat Rumah Elegan 2021

Arsitektur Modern Minimalis Karya Rakta Studio dengan Warna Cat Rumah Elegan 2021 | Foto artikel Arsitag

Fasad rumah modern minimalis yang keren dan elegan, via arsitag.com

Rumah modern minimalis terdiri atas unsur ‘modern’ yang mengacu pada gaya arsitektur yang ketika dipadukan dengan ‘minimalis,’ akan memiliki kecenderungan gaya hidup yang mengedepankan pengoptimalan fungsi sebuah elemen. Gaya arsitektur modern minimalis mengikuti perkembangan zaman, tak lekang oleh waktu karena kejujurannya memanfaatkan dan mengekspresikan karakter tiap elemen berikut material pembentuknya. Namun demikian, konsep modern minimalis di tahun 2021 masih mempertahankan penggunaan elemen yang simpel, minim dekorasi, bentuk geometris murni, maupun material yang polos.

Il House, karya Rakta Studio tahun 2018 di Padalarang, Bandung, Jawa Barat menjadi contoh yang baik dalam mengimplementasikan gaya hidup minimalis pada desain arsitektur modern yang bersinergi dengan keasrian alam.

1. Tampilan Eksterior Rumah Modern Minimalis yang Keren dan Elegan


Gaya arsitektur modern yang identik dengan permainan garis dan bentuk geometris tercermin dengan apik pada bagian façade. Sebuah balok besar menjadi massa bangunan utama di lantai atas dan menjadi focal point keseluruhan bangunan. Tampilannya yang menjorok ke depan, seolah menggantung membentuk kantilever. Atap dak di atasnya terlihat mengambang, menaungi dengan bentuk lempengan yang terlihat ringan. Selain itu, bentuk geometris murni pada fasad semakin menonjol berkat pemilihan warna cat yang netral. Warna cat rumah minimalis 2021 bagian luar cenderung menggunakan gradasi warna abu-abu, putih, krem, hingga cokelat. 

Material kaca dengan bingkai bermotif granit dengan warna coklat natural menjadi penyeimbang masifnya blok massa yang besar itu. Sedangkan, material kayu berwarna coklat tua menjadi penyokong yang mengokohkan bagian dasar bangunan.

Baca juga: Permainan Garis dan Geometri Cantik Rumah Minimalis ala ArMSchitecture

2. Rumah Modern Minimalis dengan Konsep Ruang Terbuka yang Menyatu dengan Alam
Konsep ruang terbuka yang menyatu dengan alam pada rumah modern minimalis, via arsitag.com

Konsep ruang terbuka yang menyatu dengan alam pada rumah modern minimalis, via arsitag.com


Memiliki lahan dengan keasrian alam, pastilah sebuah kelebihan yang harus dimanfaatkan dengan optimal. Di sinilah, sang inovator kaca patut diacungi jempol. Kaca adalah bahan modern yang mampu menampilkan keindahan alam dengan optimal. Dinding kaca pada sebagian besar ruang menciptakan ruang terbuka yang benar-benar menyatu dengan alam, menyajikan keindahan dan keasrian alam, memberi warna pada ruang. Tidak perlu lukisan pemandangan alam karena karya ciptaan Tuhan telah terpampang dengan indahnya dan dapat dinikmati dari dalam ruang open-plan.

3. Aliran Ruang yang Nyaman di Rumah Modern Minimalis
Ruang open-plan dengan aliran ruang yang nyaman, via arsitag.com

Ruang open-plan dengan aliran ruang yang nyaman, via arsitag.com


Arsitektur rumah dapat dikategorikan nyaman jika mampu mewadahi dengan baik keseluruhan aktivitas yang diperlukan setiap anggota keluarga. Bukan hanya ketersediaan jenis ruang-ruangnya saja, tetapi juga hubungan antarruang yang mengalir dengan baik. Konsep hidup minimalis memang mempermudah mewujudkan aliran ruang yang baik dan nyaman dalam sebuah rumah. Kejujuran dalam mengimplementasikan setiap elemen yang dibutuhkan, membuat setiap elemen dan setiap ruang berfungsi maksimal. Ruang dapur dan ruang makan yang disatukan dengan ruang keluarga dalam sebuah ruang open-plan, membuat ruang terasa lega tanpa batas tembok masif. Selain itu juga mempermudah komunikasi antar keluarga dalam beberapa ruang berbeda sekaligus.  

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Aliran Ruang yang Nyaman

4. Pemanfaatan Kaca untuk Memaksimalkan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Alami
Pemanfaatan kaca untuk memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami, via arsitag.com

Pemanfaatan kaca untuk memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami, via arsitag.com


Tidak dipungkiri lagi, kaca masih menjadi material terbaik untuk memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Desain rumah ini mencoba memposisikan dinding, pintu, atau jendela kaca pada posisi yang paling tepat, serta memperhatikan arah matahari dan arah angin yang biasa berhembus di lokasi rumah didirikan.  Tidak lupa pula pergantian arahnya saat pergantian musim turut diperhatikan mengingat letak Indonesia yang berada di daerah tropis dengan 2 pergantian musim, termasuk pergeseran arah matahari dan arah angin setiap 6 bulan sekali.

5. Tangga Modern Minimalis sebagai Elemen Dekorasi Fungsional
Tangga sebagai elemen fungsional dekoratif interior, via arsitag.com

Tangga sebagai elemen fungsional dekoratif interior, via arsitag.com


Tidak hanya sebagai akses menuju dan dari lantai atas, tangga juga dapat dijadikan elemen dekorasi interior. Bahkan, bisa menjadi point of interest pada ruang. Tangga minimalis dari kayu dengan warna coklat tua alami dengan struktur kantilever, menggantung di dinding dengan apik dan terlihat sangat keren, terkesan modern dan cerdas. Deretan kawat baja yang menggantung dari plafon hingga ke tiap anak tangga, menciptakan kesan minimalis yang memukau, sekaligus menjadi struktur pengokoh yang unik. Hamparan batu koral di bawah void tangga dapat dijadikan inner courtyard, area duduk, atau area bermain anak.

6. Kamar Tidur di Rumah Modern Minimalis
Kamar tidur modern minimalis dengan Walk in Closet, via arsitag.com

Kamar tidur modern minimalis dengan Walk in Closet, via arsitag.com


Dekorasi kamar tidur bergaya modern minimalis hanya bisa digambarkan dengan tiga kata, simpel, nyaman, dan memukau. Permainan garis sebagian besar tercipta dari keberadaan elemen yang memang benar-benar dibutuhkan, seperti dipan, nakas, dan cermin.  Tata pencahayaan pada plafon dengan permainan tinggi rendah gipsum, membuat suasana kamar tidur semakin nyaman dan terlihat elegan.

7. Perpaduan Elemen Natural dan Modern di Taman Modern Minimalis
Perpaduan elemen alam dan modern di taman modern minimalis, via arsitag.com

Perpaduan elemen alam dan modern di taman modern minimalis, via arsitag.com


Kesejukan birunya air, hijaunya tanaman, coklat kayu pada lantai teras, dan warna batu-batu koral yang alami menjadi elemen utama pembentuk taman modern minimalis yang asri. Tidak perlu terlalu banyak jenis tanaman, berarti juga tidak perlu terlalu banyak perawatan dan waktu untuk menjaga keasrian taman ini. Keindahan, kesejukan, dan keasriannya dirasakan, keunggulan minim perawatannya juga didapat.

8. Kamar Mandi Semi-Outdoor Bergaya Modern Minimalis
Kamar mandi semi-outdoor yang sehat, via arsitag.com

Kamar mandi semi-outdoor yang sehat, via arsitag.com


Optimalisasi pencahayaan dan sirkulasi udara alami yang sangat dibutuhkan sebuah kamar mandi yang sehat bisa didapatkan dengan konsep semi-outdoor. Dinding kaca dengan jendela sorong bisa menjadi akses sempurna untuk mendapatkan cahaya matahari yang membunuh kuman dan pergantian udara segar untuk kamar mandi.

9. Tata Pencahayaan yang Keren di Rumah Modern Minimalis
Tata pencahayaan yang tepat untuk kenyamanan suasana, via arsitag.com

Tata pencahayaan yang tepat untuk kenyamanan suasana, via arsitag.com


Perkembangan tata pencahayaan, tipe, dan warna lampu membawa banyak kemudahan dalam menciptakan suasana yang diinginkan dalam sebuah ruang. Bahkan membuat eksterior bangunan tampak semakin elegan. Dipadukan dengan inovasi bentuk plafon dan warna-warna yang dapat memantulkan keindahan cahaya ke seluruh ruang, sang arsitek berhasil menciptakan kesan ruang nyaman yang hangat dan teduh. Terlihat indah sekali, bukan?

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.