Ide Dekorasi Tanaman untuk Bikin Ruang Kantor Anda Lebih Asyik

Ide Dekorasi Tanaman untuk Bikin Ruang Kantor Anda Lebih Asyik | Foto artikel Arsitag

Ruang kantor dengan dekorasi tanaman, karya FIANO,via arsitag.com
 

Ruangan yang nyaman tentu akan membuat pengalaman berada di dalamnya menjadi lebih asyik. Apalagi, jika ruangan ditempati untuk waktu yang lama, faktor kenyamanan ini sangat diperlukan.

Ruang kantor contohnya. Pekerja pasti ingin aktivitasnya bisa berjalan dengan baik dan produktif. Oleh karena itu, penataan ruang kantor tak boleh disepelekan. Dekorasi yang menyertainya harus bisa mendukung kenyamanan pekerja.

Banyak pilihan elemen dekorasi yang bisa menghiasi ruang kantor. Namun, tanaman memiliki keunggulannya tersendiri.

Ya, tanaman sebagai dekorasi ruang kantor tidak hanya untuk mempercantik, tetapi juga bisa mendukung produktivitas kerja. Hal tersebut lantaran tanaman bisa meningkatkan kualitas udara sehingga ruang kerja menjadi lebih segar. Alhasil, konsentrasi pekerja juga akan meningkat dan pada akhirnya produktivitas bisa dicapai.

Lantas, bagaimana cara menata tanaman untuk ruang kerja?

Sebagai referensi, berikut beberapa ide dekorasi tanaman untuk ruang kantor agar lebih asyik.

1. Hemat ruang dengan taman vertikal
Taman vertikal di ruangan kantor, karya Jerry M Febrino, via arsitag.com

Taman vertikal di ruangan kantor, karyaJerry M Febrino,via arsitag.com
 

Taman vertikal bisa menjadi solusi untuk ruang kantor yang tidak begitu luas. Konsep ini hemat tempat, tetapi efeknya maksimal lantaran bisa menampung banyak tanaman.

Tak heran jika vertical garden dianggap sebagai bagian dari konsep green architecture yang tengah digandrungi.

Selain itu, kecantikan visual taman vertikal juga tak perlu diragukan. Apalagi, desainnya bisa disesuaikan dengan konsep dan nuansa ruang yang ingin dibangun.

2. Rapi dengan rak tanaman
Rak tanaman untuk dekorasi ruang, karya Parama Dharma, via arsitag.com

Rak tanaman untuk dekorasi ruang, karyaParama Dharma,via arsitag.com
 

Berkonsep serupa dengan vertical garden, ide dekorasi tanaman satu ini juga menarik untuk menghiasi ruang kantor Anda.

Alih-alih membiarkan dinding ruang kosong dan monoton, Anda bisa membuat rak untuk meletakkan tanaman. Susunan tanaman di rak seperti ini cocok untuk ruang kerja atau rapat karena tampilannya yang rapi.

Jika Anda tidak ingin repot menyiram atau merasa tanah di pot akan kotor, tanaman sirih gading atau sejenisnya bisa menjadi pilihan. Hal ini lantaran tanaman ini bisa tumbuh dengan menggunakan media tanam air.
 

Baca juga: Desain Kantor Industrial Minimalis dengan Tema Monokrom Elegan
 

3. Tanaman pot yang elegan
Pot tanaman elegan di ruang, karya DinardiThen Studio, via arsitag.com

Pot tanaman elegan di ruang, karyaDinardiThen Studio,via arsitag.com
 

Selain tanamannya itu sendiri, bagian penting dari dekorasi tanaman indoor adalah pot yang dipakai. Ya, pot untuk dekorasi ruang tentu harus bisa menunjang estetika tanaman.

Lihat saja pada contoh dekorasi tanaman di ruang kerja karya DinardiThen Studio di atas. Tampak pot tanaman menggunakan kaki yang menjadikannya posisi tanaman lebih tinggi. Rangka kaki yang tipis menjadikan ruang untuk tanaman itu sendiri tidak penuh. Hal ini juga menjadikan tampilan dekorasi tanaman ini tampil elegan dan mahal.

4. Jangan takut dengan tanaman besar
Pisang hias untuk dekorasi ruang, karya Oi Architect, via arsitag.com

Pisang hias untuk dekorasi ruang, karyaOi Architect,via arsitag.com
 

Meletakkan tanaman dengan ukuran besar untuk dekorasi interior sering kali dihindari lantaran membuat ruang terasa penuh. Akan tetapi, ini artinya jika ruangan memang mencukupi, tak ada salahnya untuk mengeksekusinya. Justru ini bisa menjadi solusi untuk ruangan yang minim perabot sehingga tidak terkesan kosong dan monoton.

5. Efek transisi untuk dinding kaca
Ruang kantor karya Studio SA_e, via arsitag.com

Ruang kantor karyaStudio SA_e,via arsitag.com
 

Ruang kantor berdinding kaca dan langsung mengarah ke taman tentu memiliki keunggulan tersendiri. Suasana asri dari luar bisa langsung dirasakan di dalam ruangan.

Namun, apakah ini artinya tidak perlu lagi meletakkan tanaman sebagai dekorasi indoor? Ternyata tidak juga. Anda tetap bisa menaruh tanaman di dekat jendela untuk memberi efek transisi antara bagian dalam dan luar. Hal ini akan membuat ruang dalam dan ruang luar seolah lebih menyatu dan berkesinambungan.

6. Batasi dengan tanaman
Desain ruang kerja dengan pembatas tanaman, karya SCALA, via arsitag.com

Desain ruang kerja dengan pembatas tanaman, karyaSCALA,via arsitag.com
 

Salah satu fungsi tanaman dalam desain ialah sebagai pembatas. Fungsi inilah yang cocok diterapkan pada ruang kantor agar pembatas ruang atau meja menjadi lebih menarik dibanding menggunakan dinding masif. Secara visual pun, keberadaan tanaman akan membuat ruangan lebih segar yang mempengaruhi susasana hati pekerja.

7. Memberi warna segar
Desain ruang kerja, karya Arkara, via arsitag.com

Desain ruang kerja, karyaArkara,via arsitag.com
 

Ruang kantor Anda mungkin didominasi dengan warna-warna teduh seperti putih atau pastel. Hal ini dimaksudkan agar konsentrasi pegawai tidak terganggu sekaligus memberi kesan rapi dan bersih.

Namun, sebagai aksen, ada baiknya ditambahkan dekorasi tanaman hias. Warna hijau yang cerah akan memberi suasana baru yang segar sehingga ruang kantor tidak monoton.
 

Baca juga: Inspirasi Kerja dari Ruang Makan Selama WFH
 

8. Konsep taman gantung
Taman gantung di ruang kantor, karya Felix Wibowo, via arsitag.com

Taman gantung di ruang kantor, karyaFelix Wibowo,via arsitag.com
 

Tak hanya taman vertikal, kreasi taman di langit-langit ruang juga sangat apik. Konsep ini dikenal dengan nama taman gantung. Ya, seperti namanya, maka taman ini diisi dengan tanaman yang digantung.

Selain menghemat tempat, konsep taman gantung pada ruang kantor juga sangat menarik untuk estetika. Tanaman seperti jenis jenggot musa adalah pilihan menarik karena perawatan yang minim dan bisa tumbuh tanpa media tanah sehingga tidak mengotori ruang.

Jadi, ide dekorasi tanaman kantor mana yang menarik perhatian Anda?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.