Desain Interior Apartemen Modern Kontemporer Ala Samitrayasa yang Tampil Mewah

Desain Interior Apartemen Modern Kontemporer Ala Samitrayasa yang Tampil Mewah | Foto artikel Arsitag
Desain interior modern kontemporer dalam apartemen CG Residence ala Samitrayasa // Arsitag.com
 

Minat akan apartemen dengan gaya desain interior modern kontemporer menunjukkan tren peningkatan. Seperti pada apartemen CG Residence ini, Samitrayasa menawarkan desain interior modern yang berpadu cantik dengan gaya kontemporer. Mengusung ruang terbuka yang diterangi banyak cahaya, kesan elegan dan berkelas sangat terasa. Tampilannya yang minim ornamen dan mengandalkan satu tone warna senada, desain apartemen dengan interior modern kontemporer ini mengikuti perkembangan gaya hidup modern yang ada saat ini.

Menyiasati ukuran apartemen CG Residence yang terbilang mungil, Samitrayasa menerapkan konsep ruang terbuka (open floor plan). Penggunaan sekat terbilang minim. Dapur dan ruang makan dibuat terhubung tanpa sekat. Sedangkan, di antara ruang makan dan ruang keluarga terdapat sedikit sekat sehingga masih sangat terbuka dan batas antar ruangan hampir tak terasa. Konsep ini membuat apartemen berkesan luas dan menciptakan suasana menyatu yang hangat.

Nuansa Modern Kontemporer di Ruang Keluarga
Ruang keluarga dengan warna hangat di apartemen CG Residence // Arsitag.com

Ruang keluarga dengan warna hangat di apartemen CG Residence // Arsitag.com
 

Bergaya modern kontemporer, ruang keluarga ini menggunakan warna netral yang dominan. Sebagai warna netral, warna cokelat pada sofa dan karpet memang terkesan biasa-biasa saja. Warna ini tidak mencolok dan tak menggugah emosi. Akan tetapi, justru warna ini bisa berpadu dengan warna-warna apapun, seperti warna hijau pada sekat ruangan, warna lantai, dan juga dinding.

Warna cokelat yang memenuhi ruang keluarga ini mampu memberi kesan hangat. Sementara itu, model sofa tampak simpel tanpa ornamen-ornamen berat sehingga menonjolkan kesan modern. Kemudian, warna hijau sekat yang kontras seketika menjadi dekorasi yang efektif memecah kesan monoton.

Ruang Makan yang Memaksimalkan Cahaya Alami ala Interior Modern Kontemporer
Ruang makan dengan jendela besar // Arsitag.com

Ruang makan dengan jendela besar // Arsitag.com
 

Kini, gaya desain kontemporer dengan jendela kecil dan dekoratif tidak lagi digunakan. Seperti di apartemen ini, Samitrayasa memilih menggunakan jendela berukuran besar dan lebar. Jendela besar di ruang makan membuat area meja makan mendapat cahaya alami secara maksimal. Tentu saja, suasana makan menjadi lebih menyenangkan dengan pancaran cahaya matahari dan suguhan pemandangan Kota Jakarta. Sedangkan, sebagai penegas batasan area, sebuah karpet lebar diletakkan di bawah meja dan kursi makan. Mempertahankan konsep minim pembatas, sekat yang membatasi ruang makan dan ruang tamu dibuat tanggung. Disengaja tidak menutup area makan seluruhnya, melainkan hanya sebagian kecil saja.

Dapur dan Ruang Makan yang Terhubung
Dapur dan ruang makan yang menyatu dan akrab // Arsitag.com

Dapur dan ruang makan yang menyatu dan akrab // Arsitag.com
 

Desain dapur dan ruang makan yang saling terhubung menjadi salah satu ciri khas gaya kontemporer. Tak hanya tanpa sekat, dapur dan ruang makan apartemen dibuat dengan warna dan desain yang senada. Dapur juga tak memiliki banyak detail yang rumit. Pilihan meja dapur berbentuk persegi menimbulkan kesan tegas nan rapi. Demikian pula dengan lemari-lemari dapur yang berperangai tinggi.

Baca juga: 6 Penyekat Ruang untuk Rumah Mungil via Kompas.com
 

Ruang Tidur Utama dengan Panel Kayu
Kamar tidur utama di apartemen modern kontemporer // Arsitag.com

Kamar tidur utama di apartemen modern kontemporer // Arsitag.com
 

Sebagai kamar tidur utama, ukuran ruangan dibangun lebih luas dan punya fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dua kamar tidur lainnya. Memadukan gaya kontemporer dan modern, Samitrayasa menyusun layout yang disesuaikan dengan kegiatan penghuni kamar. Tujuannya tak lain demi kenyamanan. Sebagai area pribadi, walk-in-closet dibuat berdekatan dengan kamar mandi. Area walk-in-closet juga menjadi tempat transit atau transisi dari kamar mandi ke area tempat tidur. Trik ilusi ruangan diterapkan di kamar tidur utama untuk membentuk kesan lapang. Yakni, dengan mengaplikasikan desain panel kayu vertikal di beberapa bagian yang memberi kesan ruangan lebih tinggi dan luas. Berkat panel dinding kayu ini pula, kamar tidur utama tampak hangat.

Elemen Kayu Natural
Elemen kayu natural di dinding dan lantai kamar // Arsitag.com

Elemen kayu natural di dinding dan lantai kamar // Arsitag.com
 

Mempertahankan konsistensi warna, kamar tidur kedua di apartemen CG Residence juga menerapkan warna natural yang menonjolkan warna dan tekstur kayu yang khas. Elemen kayu mendominasi lantai dan dinding kamar tidur. Sebagai elemen pendukung, vas keramik berukuran besar mengesahkan sentuhan dekorasi gaya kontemporer. Sedangkan, elemen modern dihadirkan melalui karpet bermotif abstrak, cahaya alami yang melimpah melalui jendela besar, dan penataan furnitur yang nyaman bagi penghuni.

Lagi, Ornamen Panel Kayu
Panel kayu sebagai ornamen minimalis // Arsitag.com

Panel kayu sebagai ornamen minimalis // Arsitag.com
 

Berbeda dengan kamar tidur kedua, kamar tidur ketiga memunculkan kembali panel kayu vertikal seperti halnya di kamar tidur utama. Instalasi panel kayu membentuk kisi-kisi yang menjadi dinding latar belakang head board. Sentuhan gaya desain apartemen modern kontemporer semakin terasa dengan jendela besar yang menyalurkan cahaya alami secara optimal. Beserta, warna furnitur yang kontras dengan warna dinding namun tetap berasal dari warna yang senada. Sedangkan, suasana hangat dihadirkan dengan tambahan karpet berbulu yang tebal.

Baca juga: Desain Interior Apartemen Modern Minimalis yang Chic dan Penuh Warna
 

Ilusi Ruang dengan Cermin
Ilusi ruang dengan cermin // Arsitag.com

Ilusi ruang dengan cermin // Arsitag.com
 

Oleh karena kamar tidur memiliki ukuran mungil, desainer menerapkan trik ilusi ruangan dengan meletakkan cermin di beberapa titik agar tampak lebih luas. Trik ini semakin sempurna dengan adanya garis vertikal pada instalasi panel dinding berbahan kayu. Efeknya, tak hanya memunculkan kesan luas, tetapi ruangan pun terkesan lebih tinggi.

Mencoba mewakili selera kalangan urban, gaya desain modern kontemporer ala Samitrayasa pada apartemen CG Residence ini menawarkan kemewahan, kenyamanan, sekaligus kehangatan bagi penghuninya. Pencahayaan alami yang melimpah hampir di setiap ruangan mampu menciptakan suasana yang hangat. Ditambah, unsur kayunya yang menonjolkan keindahan warna natural dan serat kayu. Sementara itu, penggunaan satu tone warna dengan cantiknya terlihat senada dan mewah. Anda tergiur untuk memiliki hunian serupa?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.