Model Desain Pintu Minimalis untuk Rumah Anda

Model Desain Pintu Minimalis untuk Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Desain pintu untuk rumah minimalis, karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Apa jadinya rumah tanpa pintu. Pintu memiliki beragam fungsi, antara lain sebagai pintu masuk ke dalam hunian sekaligus sebagai tempat sirkulasi antarruangan. Selain sebagai elemen terpenting di dalam rumah, desain pintu juga turut mendapat perhatian dalam desain keseluruhan rumah. Desain pintu yang menarik, modern, dan minimalis akan membuat tampilan rumah lebih menarik.

Bentuk, desain, hingga material yang digunakan untuk membuat pintu pun kini sudah semakin beragam dan dapat disesuaikan dengan selera penghuni. Nah, bagi Anda yang sedang mencari referensi desain pintu untuk hunian Anda, berikut adalah beberapa desain pintu minimalis yang cocok untuk Anda.

Pintu Kaca untuk Memisahkan Ruang
Pintu kaca untuk interior rumah, foto oleh Alexandra Gronago, via unsplash

Pintu kaca untuk interior rumah, foto oleh Alexandra Gronago, via unsplash
 

Untuk desain rumah minimalis dengan luas terbatas, desain pintu kaca bisa menjadi pilihan yang cocok karena dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Pintu kaca dapat membuat pencahayaan di dalam rumah menjadi jauh lebih baik karena tidak memberikan batas visual. Pintu kaca minimalis dapat Anda gunakan pada pintu dapur, pintu taman, hingga pintu shower di kamar mandi.

Namun untuk keamanan, sebaiknya gunakan pintu kaca full hanya di dalam interior rumah. Tampilannya yang modern dan bersih akan memberikan efek mewah ke dalam hunian.

Pintu Putar Minimalis di Area Dapur dan Ruang Makan
Pintu putar untuk ventilasi maksimal, karya Tamara Wibowo, via arsitag.com

Pintu putar untuk ventilasi maksimal, karya Tamara Wibowo, via arsitag.com
 

Walaupun masih tergolong jarang digunakan, pintu putar dapat menambah kesan mewah dan elegan pada hunian, lho. Pivot door atau pintu putar sekilas memang terlihat serupa dengan desain pintu engsel biasanya. Namun, yang unik, bukaan pintu ini memutar dan bersumbu pada sisi atas dan bawah daun pintu. Desain pintu seperti ini biasanya digunakan untuk menjadi pintu utama atau pintu belakang yang menyambung ke taman karena terkesan unik dan menarik.
 

Baca juga: Mempelajari Makna dan Fungsi Pintu dalam Ruang Tahun 2021
 

Pivot door di area dapur, karya Tamara Wibowo, via arsitag.com

Pivot door di area dapur, karya Tamara Wibowo, via arsitag.com
 

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan desain pintu putar, Anda memerlukan bukaan yang lebih besar dibandingkan pintu pada umumnya. Dan juga, akan lebih banyak memakan ruang di rumah Anda. So, untuk hunian dengan luas terbatas, desain pintu yang satu ini kurang disarankan.

Pintu Geser Modern Minimalis dari Kaca dengan Engsel Hitam
Pintu geser kaca untuk memisahkan interior dengan taman, karya Rakta Studio, via arsitag.com

Pintu geser kaca untuk memisahkan interior dengan taman, karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Ini dia pintu yang cocok digunakan di berbagai ruang dan posisi. Pintu geser biasanya digunakan untuk menghemat ruang di dalam hunian, sebab tidak membutuhkan ruang tambahan untuk membukanya. Kebanyakan, desain pintu geser digunakan pada hunian bergaya modern dan minimalis karena tampilannya yang sleek dan rapi.

Pintu geser juga bisa dibuat dengan gaya dan material apa pun, mulai dari kayu, kaca, besi, hingga alumunium. Pintu geser juga banyak digunakan sebagai partisi ruangan minimalis.

Pintu geser kaca seperti menyatukan bagian outdoor ke area indoor, karya Rakta Studio, via arsitag.com

Pintu geser kaca seperti menyatukan bagian outdoor ke area indoor, karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Nah, untuk menggunakan pintu geser, Anda harus memastikan rel yang digunakan. Pastikan rel selalu dalam keadaan baik, sehingga pintu tidak rentan macet dan sulit dibuka. Selain itu, pastikan rel pintu juga selalu bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

Pintu Lipat Modern Berwarna Hitam
Pintu lipat hunian karya Bitte Design Studio, via arsitag.com

Pintu lipat hunian karya Bitte Design Studio, via arsitag.com
 

Selain pintu geser, pintu lipat adalah pilihan berikutnya bagi Anda yang ingin memberikan bukaan yang luas pada rumah. Pintu lipat umumnya digunakan pada area belakang rumah untuk menghubungkan ruang keluarga dan taman. Selain itu, pintu lipat pun dapat berfungsi sebagai partisi pembatas antarruang.

Dibandingkan dengan pintu geser, pintu lipat bisa memberikan bukaan yang lebih maksimal. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan pintu lipat sebagai ganti dari jendela rumah karena bukaannya yang besar.

Pintu Kayu Engsel Berwarna Terang
Pintu kayu sebagai pintu utama rumah karya DELUTION, via arsitag.com

Pintu kayu sebagai pintu utama rumah karya DELUTION, via arsitag.com
 

Kayu selalu menjadi material paling konvensional untuk desain pintu, baik itu kayu alami dengan guratan asli, hingga kayu olahan. Desain pintu kayu pun semakin beraneka ragam, ada yang bercorak chevron, lurus, hingga custom.
 

Baca juga: Desain Arsitektur Rumah Industrial Minimalis yang Simpel dan Elegan

Warna kayu natural untuk pintu minimalis karya DELUTION, via arsitag.com

Warna kayu natural untuk pintu minimalis karya DELUTION, via arsitag.com
 

Untuk Anda yang ingin menggunakan pintu kayu, pastikan kayu sudah mendapatkan pelapis yang baik agar tahan lama dan tetap kuat, serta tahan terhadap serangan rayap.

Pintu rumah minimalis kerap menjadi pilihan hunian masa kini. Selain lebih praktis, desainnya pun lebih mudah dipadupadankan dengan tema hunian apa pun. Mulai dari material kayu, pvc, maupun kaca, Anda bebas menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pintu minimalis biasanya menawarkan warna-warna yang netral. Seperti warna monokromatik ataupun earthy tone yang akan semakin mempercantik tampilan fasad rumah Anda.

Baca juga:  Jasa Desain Rumah Minimalis Chic

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.