Dekorasi Interior Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek yang Meriah

Dekorasi Interior Rumah untuk Menyambut Tahun Baru Imlek yang Meriah | Foto artikel Arsitag

Dekorasi tahun baru imlek, via pexels.com


 

Tahun baru Imlek akan tiba sebentar lagi. Apa saja yang sudah Anda siapkan untuk menyambutnya dengan meriah? Bagi Anda yang akan merayakan tahun baru Imlek, tentunya tidak akan lengkap rasanya jika dekorasi interior rumah tidak dihiasi dengan beragam pernak-pernik khas Imlek. Dengan dekorasi yang bagus dan meriah, perayaan Imlek tahun ini akan lebih semarak dan tentunya aura positif akan hadir ke dalam rumah.

Lalu, dekorasi interior rumah apa saja sih yang bisa Anda aplikasikan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek? Yuk, lihat beberapa rekomendasinya berikut ini.

Lentera atau Lampion Merah untuk Mengusir Nasib Buruk
Lampion merah, via unsplash.com

Lampion merah, via unsplash.com
 

Hiasan yang pertama ini tentunya sangat khas dengan perayaan Imlek. Lentera atau lampion ini bisa Anda temukan di berbagai tempat, mulai dari rumah, jalanan, gedung-gedung, dan sebagainya. Wajar saja, lampion merupakan salah satu hiasan paling penting selama perayaan tahun baru Imlek. Bukan tanpa sebab, ternyata ada makna di balik pemasangannya, lho.

Dengan menggantung lentera atau lampion berwarna merah di depan pintu rumah Anda, dipercaya dapat mengusir berbagai kesialan atau nasib buruk di tahun yang baru ini.

Hiasan Meja Makan
Hiasan meja makan khas Imlek, via pexels.com

Hiasan meja makan khas Imlek, via pexels.com
 

Imlek menjadi momen berkumpul bersama dengan keluarga tercinta. Nah, saat berkumpul, tentunya meja makan akan menjadi tempat yang paling banyak digunakan. Menikmati santapan Imlek bersama keluarga tentunya tidak lengkap tanpa pernak pernik di meja makan Anda. Apalagi, makan bersama dianggap sebagai acara utama dalam perayaan Imlek.

Anda bisa menggunakan taplak meja berwarna merah yang akan membuat meja makan terlihat lebih meriah. Lengkapi dengan alas piring dan gelas bergambar bunga yang dapat menambah kesan cerah dan bahagia pada ruangan.
 

Baca juga: 5 Tips Menarik Menyusun Bantal Sofa Ruang Keluarga Layaknya Desainer Profesional
 

Lilin Imlek
Lilin Imlek, via pexels.com

Lilin Imlek, via pexels.com
 

Hiasan lain yang tidak boleh ketinggalan adalah lilin-lilin besar khas Imlek. Lilin bisa menambah kesan elegan dan hangat di dalam rumah. Lilin juga memiliki filosofinya sendiri, lho. Keberadaan lilin dipercaya sebagai simbol rezeki yang terang di tahun yang baru, serta lambang syukur atas doa yang telah terkabul.

Hiasan Dinding
Hiasan dinding, via pexels.com

Hiasan dinding, via pexels.com
 

Ada banyak hiasan dinding khas Imlek yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih kertas dengan beragam gambar tumbuhan atau hewan khas Tahun Baru Imlek 2022, atau pilih ukiran doa dalam bahasa Mandarin. Setiap hewan atau tumbuhan yang dipajang ini mewakili keinginan yang berbeda.

Anda dapat memajang lukisan tahun baru di pintu atau dinding. Lukisan ini berfungsi sebagai dekorasi serta simbol salam tahun baru. Gambar pada lukisan biasanya adalah sosok dan tanaman legendaris yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Pohon Kumquat
Pohon Kumkuat atau jeruk mandarin, foto oleh Ivan Radic, via flickr.com

Pohon Kumkuat atau jeruk mandarin, foto oleh Ivan Radic, via flickr.com
 

Dalam bahasa Kanton, kumquat disebut gam gat sue. Gam sendiri berarti “emas”, sedangkan gat terdengar seperti kata dalam bahasa Kanton yang berarti “semoga berhasil”. Maka dari itu, pohon kumquat kerap dilambangkan sebagai keinginan akan kekayaan dan keberuntungan. Pohon ini sangat populer digunakan selama liburan tahun baru Ilmek. Terutama di wilayah berbahasa Kanton seperti Hong Kong, Makau, Guangdong, dan Guangxi.
 

Baca juga: Cara Kreatif Menata Dekorasi Tanaman Hias di Dalam Rumah
 

Bunga Mekar
Hiasan bunga mekar yang segar, via pexels.com

Hiasan bunga mekar yang segar, via pexels.com
 

Tahun Baru Imlek, juga kerap disebut sebagai Festival Musim Semi yang menandai awal dari musim semi. Maka, tak jarang banyak orang yang mendekorasi rumah dengan beragam jenis bunga-bunga mekar. Dekorasi ini melambangkan datangnya musim semi dan harapan untuk tahun baru yang lebih sejahtera.EDIT

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.