Ide-ide Simpel dan Kreatif untuk Mempercantik Dapur Anda

Ide-ide Simpel dan Kreatif untuk Mempercantik Dapur Anda | Foto artikel Arsitag

Cara mudah mempercantik dapur, foto via treehouse.co
 

Bosan dengan tampilan dapur yang sudah lama tidak diubah?

Memiliki dapur yang cantik, bersih, dan rapi tentu akan membuat aktivitas memasak menjadi lebih seru dan menyenangkan. Kebersihan dan kerapian dapur pun penting untuk menjaga kualitas masakan yang Anda hasilkan.

Tak hanya itu, dekorasi dapur yang cantik pun turut mendukung kenyamanan dan mood Anda saat memasak.

Bagi Anda yang ingin mengubah tampilan dapur menjadi lebih cantik, renovasi bukanlah pilihan satu-satunya. Cukup dengan ide simpel dan kreatif berikut ini, Anda sudah bisa memberikan tampilan baru untuk dapur.

Rak Terbuka Dari Papan Minimalis
Rak terbuka dari papan kayu minimalis, foto via theshelvingstore.com

Rak terbuka dari papan kayu minimalis, foto via theshelvingstore.com
 

Apabila di dapur Anda terdapat dinding kosong yang cukup besar, isilah dinding tersebut dengan menambahkan beberapa rak gantung terbuka. Cara ini dapat berfungsi untuk memamerkan koleksi peralatan memasak Anda, buku masak, hingga dekorasi cantik lainnya.

Rak dapur gantung ini pun akan memberikan ruangan penyimpanan ekstra pada dapur. Penggunaan rak terbuka akan membuat dapur terlihat lebih luas, lapang, dan cerah.

Cat Ulang Kabinet Dapur
Cat kabinet dapur dengan warna putih dan abu-abu natural, karya Leicht Kitchen, via Arsitag

Cat kabinet dapur dengan warna putih dan abu-abu natural, karya Leicht Kitchen, via Arsitag
 

Warna kabinet dapur Anda sudah kotor dan memudar? Atau, ingin mengubah warnanya dengan yang baru?

Mengecat kabinet dapur memang membutuhkan waktu, namun cara ini termasuk cara yang mudah dan murah dibandingkan Anda harus merenovasi atau mengganti kabinet.

Pilihlah warna yang sesuai dengan keinginan Anda dan sesuaikan dengan desain ruangan secara keseluruhan. Anda pun juga bisa mempertimbangkan untuk memilih warna yang lebih mencolok untuk mengubah tampilan dapur menjadi lebih berbeda.
 

Baca juga: Model Desain Keramik Dapur Minimalis untuk Dapur Cantik dan Kekinian
 

Penerangan di Area Backsplash
Penerangan di area backsplash, karya Arkitekt.id, via Arsitag

Penerangan di area backsplash, karya Arkitekt.id, via Arsitag
 

Lighting atau penerangan memegang peranan penting dalam menciptakan mood sebuah ruangan, termasuk dapur.

Untuk memberikan efek dramatis pada dapur, Anda bisa menambahkan pencahayaan pada area di bawah kabinet atau area backsplash ini. Anda dapat menggunakan lampu yang dioperasikan dengan baterai LED yang tetap menyala.

Sistem pencahayaan ini bisa menjadi opsi pencahayaan dengan warna yang warm atau hangat dibandingkan pencahayaan di atas kepala. Di malam hari pun dapur akan terlihat semakin estetik, lho.

Aksen Hijau dari Tanaman
Aksen segar dari tanaman, foto via Pixabay

Aksen segar dari tanaman, foto via Pixabay
 

Cara paling mudah untuk menambahkan kesegaran serta warna ke dalam dapur adalah dengan menambahkan aksen tanaman hijau di dapur. Aksen hijau dari tumbuhan ini akan membuat dapur terlihat menarik, sekaligus lebih segar dan fresh.

Selain menambahkan tanaman hias, Anda pun bisa menanam tanaman herbal atau bahan masakan seperti parsley, mint, oregano, lavender, dan masih banyak lagi. Letakkan tanaman di dekat jendela agar tetap bisa mendapatkan cahaya matahari dengan maksimal.

Berikan Sentuhan Warna Cerah
Sentuhan warna cerah, foto via snappygoat.com

Sentuhan warna cerah, foto via snappygoat.com
 

Apakah dapur Anda terlihat monoton? Mungkin inilah saatnya untuk Anda menambahkan sedikit aksen warna cerah pada dapur.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba, seperti menambahkan kursi makan berwarna cerah, menggunakan peralatan memasak baru, menambahkan wallpaper di area backsplash, hingga menambahkan karpet berwarna cerah.
 

Baca juga: Ide Desain Kitchen Set Minimalis Modern yang Simpel dan Elegan
 

Cat Ulang Dinding Dapur
Cat ulang dinding dapur, foto via Pixabay

Cat ulang dinding dapur, foto via Pixabay
 

Sudah melakukan tips di atas, tetapi perubahannya kurang terlihat?

Mungkin warna dinding dapur Anda secara keseluruhan cenderung membosankan atau kotor, sehingga perlu dicat ulang. Anda pun bisa mengecat sendiri dinding dapur dengan menggunakan warna yang Anda inginkan.

Warna apa pun bisa Anda pilih, baik itu warna gelap atau cerah. Pastikan warna dinding senada dengan warna kabinet agar tampilan keseluruhan dapur tetap cantik dan selaras.

Sudah siap untuk mulai mendekorasi dapur Anda dengan ide kreatif seperti dapur di atas? Kira-kira ide mana yang ingin Anda coba lebih dulu?

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.