Inspirasi Desain Apartemen yang Hangat nan Elegan Karya Miveworks

Inspirasi Desain Apartemen yang Hangat nan Elegan Karya Miveworks | Foto artikel Arsitag
Cover : Kamar tidur utama One Park Residence di Kebayoran Lama karya Miveworks tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)
 

Apartemen menjadi pilihan yang tepat dan praktis untuk mewadahi aktivitas kaum urban modern di tengah sempit dan mahalnya hunian di daerah perkotaan. Sesuai tujuannya yang memudahkan pemiliknya dari segi perawatan, desain apartemen harus fungsional dan praktis. Desain apartemen yang baik tidak membutuhkan banyak perawatan dan memungkinkan penghuninya tinggal dengan nyaman, serta melakukan semua kegiatannya dengan efisien.

Miveworks merancang hunian tiga kamar tidur di One Park Residence dengan desain kontemporer yang hangat. Pemilihan material yang tepat menjadi indikator kunci yang menginspirasi desain yang fungsional, efisien, dan elegan. Mari kita lihat karya Miveworks yang inspiratif ini!

1. Deretan balok kayu yang inovatif

1. Deretan balok kayu yang inovatif
Kayu: bahan alami yang memberi kenyamanan sekaligus kemewahan (Sumber: arsitag.com)
 

Susunan balok kayu yang berderet rapi membentuk dinding yang memberi kesan alami dan tampak elegan di kamar tidur One Park Residence. Penyatuan dengan alam yang didapat dari bahan kayu dan warna coklatnya, memberikan kenyamanan yang menenangkan hati dan perasaan terbebas dari semua kepenatan sibuknya aktivitas perkotaan. Deretan balok kayu yang dipadukan dengan jendela kaca, membuat cahaya dari jendela tampak lebih berkilau dan tampil elegan sebagai aksen bagi kamar tidur utama.

Murphy bed menjadi pilihan model tempat tidur di kamar tidur lainnya, sebagai buah pemikiran faktor efisiensi, penghematan ruang, dan kemudahan perawatan.

2. Kayu: bahan konvensional-modern yang tak lekang oleh waktu

2. Kayu: bahan konvensional-modern yang tak lekang oleh waktu
Meja rias ‘melayang’ dilengkapi kursi ‘stool’, bahan konvensional dengan desain modern (Sumber: arsitag.com)
 

Kayu sebagai material konvensional, ternyata mampu tampil modern dan mewujudkan berbagai ide kreatif yang inovatif. Meja rias tanpa kaki yang digantung di antara dinding, menjadi sebuah karya ‘melayang’ yang mengagumkan. Dengan inovasi ini, selain fungsional dan elegan, bagian bawah meja juga mudah dibersihkan. Sebuah kursi stool berkaki tiga yang mungil, dipilih untuk melengkapinya, dengan pertimbangan efisiensi ruang dan bentuknya yang imut, namun keren.

3. Simple dan Clean Look

3. Simple dan Clean Look
Ruang kerja minimaliskontemporer yang simple namun maksimal fungsinya (Sumber: arsitag.com)
 

Meja kerja minimalis yang dilengkapi kabinet di bawahnya dan rak gantung di atasnya, memberikan optimalisasi fungsi, kemudahan perawatan, dan tampilan yang elegan. Desain meja kerja simple dengan kabinet yang memberikan garis-garis horizontal fungsional, membuat area kerja tampil ‘clean look’.

4. Modul yang rapi

4. Modul yang rapi
Rak TV simetris yang rapi dan elegan (Sumber: arsitag.com)
 

Rak TV simetris tampil sederhana dengan modul-modul yang terpolakan dengan baik untuk menampilkan kesan rapi. Tata lampu downlight di belakang tiap modul berbahan kayu, menambah kesan hangat dan elegan.

 

5. Optimalisasi ruang dengan desain minimalis

5. Optimalisasi ruang dengan desain minimalis
Ruang makan minimalis di Apartemen One Park Residence (Sumber: arsitag.com)
 

Ruang makan yang bergabung dengan dapur, selain saling mendukung fungsi, juga mengoptimalkan besaran dan aliran ruang. Kegiatan memasak sambil menyiapkan meja makan menjadi lebih efisien dan hemat waktu. Kebutuhan ruang efektif lebih sedikit dan perawatannya lebih mudah.

6. Pemilihan bahan yang tepat guna

6. Pemilihan bahan yang tepat guna
Perpaduan marmer dan kayu yang tampil elegan di dapur apartemen (Sumber: arsitag.com)
 

Meja dapur dari marmer selain mendukung fungsinya yang harus tahan air, tahan panas, dan tahan benturan, juga memberikan tampilan yang alami dan elegan.

7. Tetap menyatu dengan alam

7. Tetap menyatu dengan alam
Balkon apartemen yang simple namun optimal (Sumber: arsitag.com)
 

Walau sempit, sebuah apartemen yang memiliki balkon sebagai tempat bersantai, bercengkerama, dan menikmati pemandangan akan memiliki nilai tambah tersendiri. Deretan balok kayu dan kursi rotan menambah kesan menyatu dengan alam, dengan lembut menghubungkan outdoor dengan indoor.

Desain apartemen yang menuntut minim perawatan tetap harus mengutamakan kenyamanan dan optimalisasi fungsi setiap elemennya. Pemilihan serta pemanfaatan bahan dengan tepat dan memaksimalkan karakteristiknya, akan menciptakan desain apartemen yang hangat dan elegan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.