Desain Laundry Abad Pertengahan

Foto inspirasi dan ide desain laundry abad pertengahan.


Laundry adalah area atau ruangan yang digunakan untuk aktivitas mencuci, menjemur dan menyetrika. Ruang laundry sebagai ruang jemur, cuci dan setrika ialah ruangan yang perlu dimiliki dalam rumah. Menyembunyikan pakaian kotor ataupun pakaian gantung yang baru saja dikeringkan perlu dilakukan agar rumah tidak terkesan berantakan dan orang lain pun tidak mudah melihatnya.


Ruang laundry merupakan ruang yang padat aktivitas, namun bukan berarti ruang ini tidak dapat didesain dengan gaya-gaya yang sesuai dengan bangunan atau hunian anda. Ruang laundry sebaiknya didesain dengan efisien dan mudah dibersihkan atau dirapikan, agar leluasa digunakan setiap hari.


Bagaimana mendesain ruang laundry yang baik?

Tata ruang laundry yang baik harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan cucian dari mesin cuci dan mesin pengering, dan memiliki akses ke gantungan pakaian atau jemuran (di dalam atau di luar) jika Anda mengeringkan secara alami.


Ruang laundry juga harus memiliki ukuran yang proporsional dengan rumah atau bangunan anda. Ruang laundry yang terlalu besar tentu akan menghabiskan ruang, namun terlalu sempit atau dengan tanpa perencanaan yang matang, ruang lain akan terkorban untuk mengurus laundry.


Penempatan ruang laundry juga berpengaruh. Jika ruang laundry digunakan untuk mengurus cucian keluarga, letakkan ruang laundry pada bagian yang mudah diakses dan cukup leluasa untuk berlama-lama. Jika ruang laundry digunakan oleh pembantu rumah tangga, berilah akses mudah untuk keluar dan masuk rumah. Jika ruang laundry berada di bangunan seperti asrama, akses menuju ruang luar sangat disarankan.


Ruang laundry juga sebaiknya pada area yang jarang dilewati oleh orang lain sehingga cucian tidak akan terlihat oleh tamu, maupun berada dalam akses dalam rumah sehingga merasa terganggu. Ruang laundry cenderung akan cukup bising, letakkan ruangan laundry di mana ruangan lain tidak akan terganggu oleh kebisingan.


Apa saja yang biasanya ada dalam ruang laundry?

Ruang laundry sebagai ruangan untuk aktivitas cuci jemur dan setrika biasanya memiliki benda-benda yang kemudian akan berpengaruh pada mendesain ruang laundry.


1. Mesin Cuci

Mesin cuci biasanya terdiri atas beberapa macam. Ada mesin cuci dengan bukaan depan, dan mesin cuci bukaan atas. Mesin cuci juga ada yang memiliki satu tabung dan dua tabung. Jenis bukaan mesin cuci memiliki pengaruh pada desain, misal dalam melayout ruangan atau menentukan sirkulasi di dalam ruang laundry. Mesin cuci juga membutuhkan aliran air bersih dan jalur air pembuangan, sehingga peletakannya haruslah dipikirkan dengan seksama.


2. Mesin Pengering

Jika memiliki mesin pengering yang terpisah dari mesin cuci, perletakannya juga membutuhkan jalur air pembuangan. Letakkan mesin pengering berdekatan dengan mesin cuci sehingga memudahkan untuk memindahkan cucian.


3. Area cuci basah

Terkadang ada cucian yang tidak dapat dimasukkan ke mesin cuci seperti pakaian bayi dan lain-lain.


4. Area jemur

Jemuran biasanya terdapat di area yang terpapar sinar matahari langsung. Namun terkadang kita juga harus menggantung jemuran di dalam ruangan, misal ketika hari mendadak hujan.


5. Area setrika

Yang biasanya terdapat di area setrika pada ruang laundry ialah meja setrika, stop kontak listrik untuk setrika, tempat meletakkan pakaian yang telah disetrika, dan tempat menyimpan benda seperti pengharum pakaian. Area setrika sudah tentu harus tetap kering, dan memiliki sirkulasi udara yang bagus sebab area setrika akan cenderung lebih panas.


Bagaimana mendesain tempat usaha laundry?

Jika laundry sebagai tempat usaha, yang juga dibutuhkan selain benda-benda di atas ialah:


1. Area penerimaan

Area ini meliputi timbangan, meja untuk menerima laundry, dan penyimpanan pakaian yang akan di-laundry.


2. Rak laundry

Rak laundry dibutuhkan untuk menyimpan pakaian yang sudah di-laundry dan siap diambil. Biasanya rak laundry juga berfungsi sebagai sekat antara ruang dalam dan ruang depan dari sebuah tempat usaha laundry.


3. Area packing

Laundry yang sudah selesai dicuci, disetrika dan dilipat akan dibungkus sesuai dengan pemiliknya. Yang ada di area ini ialah alat pembungkus dan area menaruh pakaian yang sudah selesai disetrika.


Untuk mendesain tempat usaha laundry, yang perlu diperhatikan ialah pastikan area cuci, jemur dan setrika tidak terlihat dari area penerimaan. Yang dapat terlihat di area penerimaan ialah rak laundry tempat menyimpan pakaian yang siap diambil.


Meski ruang laundry adalah ruang yang mungkin akan sering basah, ruang laundry yang tertata rapi akan menyenangkan untuk digunakan dalam aktivitas cuci jemur setrika setiap hari, membuat Anda tidak malas untuk melakukan laundry sendiri. Temukan inspirasi desain laundry impian anda di sini!