Desain Pintu Masuk Asian

Foto inspirasi dan ide desain pintu masuk asian.


Pintu masuk adalah bagian paling awal yang dilihat saat memasuki sebuah properti, baik itu rumah atau bangunan lain. Pintu masuk adalah kesan awal yang didapatkan saat akan memasuki sebuah rumah, sehingga pintu masuk haruslah dirancang dengan baik. Ada banyak inspirasi desain dan gaya pintu masuk,pastikan memilih yang sesuai dengan gaya bangunan anda.


Bagaimana mendesain pintu masuk?

Untuk mendesain pintu masuk, pastikan di depan pintu di luar rumah memiliki area atau space untuk tamu menunggu. Area ini sebaiknya terlindung dari panas dan hujan, dan dapat berupa teras atau hanya waiting bay saja.


Pintu masuk harus mudah ditemukan saat mulai memasuki area sekitar rumah. Berikan petunjuk untuk memandu tamu menuju area pintu masuk, seperti undakan atau jalan setapak dari batu. Undakan dapat mempertegas area pintu masuk karena membuat pintu masuk lebih menonjol dari area lainnya, seperti taman. Area teras yang lebih tinggi juga dapat melindungi dari air yang melimpah di halaman ketika hujan tiba.


Titik fokus dari setiap pintu masuk adalah pintu itu sendiri. Ada beberapa macam pintu yang dapat digunakan, entah itu pintu dengan satu daun pintu, pintu dengan dua daun pintu, pintu geser, Pintu putar, dan lain-lain. Kebanyakan pintu memiliki material kayu, meski tidak menutup kemungkinan pintu dapat dibuat dari material lain seperti kaca misalnya. Pintu kaca menunjukkan bahwa Anda benar-benar menyukai gaya modern, minimalis, dan elegan. Saat ini, ada kaca yang memungkinkan Anda melihat dari dalam ke luar, tetapi bukan sebaliknya. Pintu masuk ini harus menyatu dengan seluruh tampak, juga menampilkan estetika, karena merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh tamu. Selain itu, Pintu masuk juga harus fungsional. Pintu utama haruslah cukup aman dari pencurian atau pencongkelan, sehingga pintu utama haruslah lebih kokoh.


Pertimbangkan kepraktisan. Pintu masuk akan pasti sering dilalui, sehingga membutuhkan lantai yang kuat untuk sering dilewati dan tidak akan terlihat mudah jelek. Lantai ubin atau batu yang berpola dapat menjadi pilihan karena cukup cantik dan awet. Jika Anda lebih suka karpet, pilih karpet tahan noda yang tidak terlihat kotor. Ruang setelah pintu masuk juga membutuhkan penyimpanan yang baik, misalnya untuk rak sepatu dan payung. Meja konsol adalah pilihan yang baik untuk diletakkan di dekat pintu masuk.


Bagaimana menata area pintu masuk agar terlihat lebih hidup?

Buatlah area pintu masuk yang merupakan ruangan tersendiri. Untuk mencapai hal ini, pasang perabot seperti meja konsol yang sempit, atau meja display bulat jika area entrance tidak begitu luas. Kursi berlapis kain a menawarkan kehangatan dan kenyamanan dan lampu gantung atau lampu meja membuat suasan menjadi hidup. Wallpaper dramatis dan karya seni membantu membuat ruang terasa berpenghuni.


Saat merancang pintu masuk di ruang kecil, pilih warna cat putih atau netral untuk menciptakan ruang yang berkesan luas. dan gunakan pencahayaan untuk efek dramatis dan hangat. Maksimalkan penggunaan ruang dinding untuk penyimpanan dengan rak dinding, dan buat dinding menjadi lebih hidupp dengan dekorasi seni, cermin, galeri foto dan wallpaper. Jika ada ruang, pasang meja konsol yang sempit untuk kepraktisan atau satu bagian furnitur seperti kursi berlapis kain yang indah sebagai focal point.


Apa saja jenis-jenis pintu untuk pintu masuk?

Jenis-jenis pintu yang dapat digunakan untuk pintu masuk ada beberapa jenis berdasarkan tipe bukaannya dan jumlah daun pintunya.


1. Pintu masuk satu daun

Pintu jenis ini lazim ditemui, karena kepraktisannya dan menghemat banyak ruang. Sangat cocok untuk entrance yang kecil.


2. Pintu masuk dua daun

Pintu jenis ini juga cukup digemari karena menegaskan simetri dari rumah. Pintu ini cocok untuk rumah atau bangunan yang cukup besar karena dapat dilalui untuk masuk dan keluar secara bersamaan. Selain itu, pintu masuk ini juga berkesan ‘menyambut’ kedatangan tamu.


Pintu Putar

Seperti pintu masuk dua daun, pintu putar juga dapat dilalui untuk masuk dan keluar secara bersamaan. Pintu putar jarang digunakan sebagai entrance rumah, namun pintu putar dapat berkesan dramatis dan keren.

Bagaimana desain pintu masuk yang minimalis?

Desain pintu masuk minimalis tentu berbeda dengan desain pintu yang berkesan klasik atau etnik. Pintu masuk minimalis minim akan dekorasi, sehingga buatlah pintu masuk yang menonjol dari segi warna atau ukuran. Misal jika dinding fasad depan berwarna putih, pilihlah pintu yang berwarna kontras. Arah menuju pintu masuk juga dapat didekorasi dengan bentuk-bentuk senada seperti undak-undakan yang terlihat berbeda dari dinding sekitarnya, namun senada dengan pintu.


Seperti apa desain untuk pintu masuk impian anda? Jika anda belum menemukannya, cari dan temukan inspirasi pintu masuk yang anda inginkan di sini.