Inilah Model Bentuk Pagar Rumah Minimalis 2017

Sebuah hunian tidak bisa lepas dari pembangunan sebuah pagar. Pagar tidak hanya berfungsi untuk membuat sebuah tampilan rumah menjadi semakin cantik, tetapi juga mempunyai fungsi-fungsi lain, yaitu :

  • Menahan paparan angin dari depan atau samping rumah
  • Mencegah kejahatan dari orang yang tidak bertanggung jawab
  • Mencegah masuknya binatang-binatang yang tidak diinginkan
  • Sebagai pembatas dengan lahan orang lain

Dari paparan di atas tentu fungsi pagar tidak boleh di pandang sebelah mata, bukan?

Untuk Anda yang kebetulan mempunyai sebuah hunian dengan desain minimalis, penjelasan berikut akan sangat membantu Anda dalam membuat sebuah pagar untuk rumah Anda. Saat ini banyak sekali desain pagar rumah minimalis 2017 yang bisa Anda lihat dari internet. Kenapa harus tahun 2017? Iya, karena tidak hanya desain dari rumah minimalis yang terus berubah dari tahun ke tahun, bentuk pagar dari sebuah rumah minimalis pun selalu berubah trennya.

Beberapa model pagar rumah minimalis bisa Anda lihat seperti di bawah ini :

Pagar rumah minimalis Gura-gura House karya Phidias Indonesia (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah minimalis K House karya Arsatama Architect (Sumber: arsitag.com)

Anda bisa melihat beberapa contoh pagar di atas yang membuat penampilan rumah minimalis semakin cantik. Tentu saja desain pagar haruslah sesuai dengan bentuk rumah Anda. Memang ini tidak mudah karena dengan konsep pagar yang berbeda, bisa menjadikan rumah Anda tidak lagi tampak indah. Tentu Anda tidak mau terjadi pada hunian Anda, bukan?

Untuk itu, supaya Anda mendapatkan gambaran yang lebih luas lagi, berikut akan Kami berikan gambar-gambar pagar rumah minimalis yang lebih banyak lagi sehingga Anda bisa mendapatkan referensi yang lebih lengkap tentang pembangunan pagar untuk rumah Anda. Berikut gambar-gambar tersebut:

 

Pagar rumah minimalis Rumah Miring karya Andyrahman Architect (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah minimalis Hybrid House karya Parametr Architecture (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah minimalis Taman Ratu House karya Design Intervention (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah minimalis Rumah Beranda karya Sigit Kusumawijaya (Sumber: arsitag.com)

 

Dari gambar-gambar di atas apakah Anda sudah mempunyai gambaran akan contoh pagar rumah minimalis untuk hunian Anda?

Kami yakin semua orang ingin mempunyai sebuah rumah dengan paduan pagar yang menawan. Untuk itu perlu kehati-hatian Anda sebelum menentukan jenis pagar yang ingin Anda bangun. Anda juga perlu mendiskusikan dengan anggota keluarga, apakah mereka juga senang dengan rencana desain pagar dari rumah Anda.

Selain desain yang harus dipersiapkan diawal, Anda juga harus bisa mengetahui berapa dana yang akan Anda keluarkan untuk membangun sebuah pagar. Untuk membuat sebuah pagar minimalis bisa dibilang bahwa harganya lebih terjangkau di bandingkan dengan model pagar dengan desain rumah yang lain. Hal ini disebabkan pagar dari rumah minimalis lebih mengutamakan kesederhaan. Harga pagar rumah minimalis lebih terjangkau juga karena lebih mengutamakan fungsi. Jadi, bahan-bahan material lebih bisa dihemat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya buat Anda mulai mempertimbangkan desain pagar minimalis sebagai pilihan.

Ada beragam macam pagar minimalis yang bisa Anda ketahui dari berbagai sumber, tetapi Anda juga harus menyesuaikan dengan tipe rumah minimalis Anda. Jika rumah minimalis Anda bertipe 36, tentu akan berbeda bentuk pagarnya dengan rumah tipe 70. Pagar rumah minimalis type 36 biasanya mempunyai bentuk yang tidak sebegitu besar. Hal ini disesuaikan juga dengan tipe rumah 36 yang umumnya dihuni oleh pasangan muda yang masih mempunyai satu atau dua anak, mengingat rumah tipe ini tidak begitu besar. Perencanaan yang bagus pada pembuatan pagar juga harus memperhatikan bentuk pagar dari rumah tipe tersebut sehingga dengan hadirnya pagar tidak malah membuat rumah tampak sempit.

Jika kita melihat secara keseluruhan, ada kesamaan dari desain pagar rumah minimalis.  Kebanyakan dari desain tersebut tidak tertutup keseluruhan. Ada rongga-rongga yang dibuat sehingga bangunan rumah tetap bisa terlihat dari luar meski tidak keseluruhannya. Rongga-rongga tersebut bisa dibuat dari tembok atau dari rangka besi yang dibentuk sedemikian rupa.  Pola garis-garis umumnya juga dapat dilihat dari desain pagar rumah minimalis. Untuk lebih jelas Anda bisa melihat contoh gambar di atas.

Berikut adalah beberapa contoh pagar tembok rumah minimalis type 36

 

Pagar rumah minimalis type 36 (Sumber: desaindenahrumah.com)

 

Pagar rumah minimalis type 36 (Sumber: gambarrumahideal.blogspot.co.id)

Masih ada banyak contoh gambar pagar tembok untuk rumah minimalis dengan tipe 36. Yang perlu diperhatikan juga adalah ketinggian pagar. Hal ini penting supaya adanya pagar tidak membuat rumah Anda tertutupi keindahannya.

Contoh pagar rumah minimalis type 36

Berikut adalah contoh pagar rumah minimalis type 36 :

 

Pagar rumah minimalis type 36 (Sumber: pinterest.com)

 

Pagar rumah minimalis type 36 (Sumber: homify.co.id)

 

Dari contoh di atas bisa kita lihat bahwa semua pagar untuk rumah minimalis umumnya tidak menutup penampakan dari depan rumah. Jadi, orang masih bisa melihat rumah tersebut. Pagar lebih berfungsi sebagai penambah keindahan dari sebuah rumah minimalis. Untuk itu, Anda perlu mendesain ulang jika desain pagar Anda terlalu menutup rumah Anda.

Pagar rumah mewah minimalis modern

Ada beberapa tips bagi Anda yang ingin membangun sebuah pagar rumah mewah minimalis modern.  Tips tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pastikanlah desain pagar rumah bisa memberi tambahan kesan dan bisa menciptakan situasi yang memperkuat konsep desain rumah Anda.
  • Pilihlah sebuah desain pagar yang sesuai dengan desain rumah Anda. Jika rumah Anda berkonsep minimalis, pastikan desain pagar Anda juga menggunakan konsep minimalis.
  • Perhatikan ukuran bangunan rumah dengan pagar yang akan Anda bangun. Sesuaikan ukuran panjang, lebar, dan tinggi pagar yang tepat dan seimbang dengan bangunan rumah agar rumah Anda terlihat lebih indah.
  • Cermati material pagar Anda. Banyak sekali bahan material yang bisa digunakan untuk pagar rumah, misalnya kayu, stainless steel, hingga besi. Masing-masing material tersebut dapat diaplikasikan untuk desain rumah tertentu. Untuk rumah minimalis, pemanfaatan pagar kayu dan besi berongga yang berbentuk balok lebih sering digunakan karena lebih sederhana, tetapi mempunyai kesan rapi dan elegan.

Dari tahun ke tahun perubahan desain rumah terus berkembang, salah satu bahan bangunan yang saat ini menjadi sangat populer yaitu penggunaan besi pada bagian pintu ataupun pagar. Untuk pagar besi rumah minimalis modern terdapat banyak jenis besi yang dipasarkan, namun umumnya harga tergantung kualitas bahan yang digunakan, termasuk finishing dari pengelasannya.  Apabila semakin halus dan berkualitas, harganya pun juga semakin mahal.

Biasanya pintu pagar besi minimalis rata-rata menggunakan bahan yang terbuat dari besi berongga kotak dengan ciri-ciri model yang hanya lurus dengan berbentuk persegi serta tidak terlalu banyak lekukan, sedangkan untuk warnanya sendiri rata-rata yang paling sering diaplikasikan yaitu hitam atau putih polos serta doff. Hal itu dikarenakan tampilan pintu pagar besi dengan warna tersebut terlihat lebih minimalis, namun tetap terkesan cantik. Sedangkan, untuk kerangka pagar maupun pintu besi menggunakan rangka berongga biasanya memiliki ukuran 40 x 40 mm dengan jari-jari sekitar 20 x 40 mm.

Berikut contoh-contoh desain pagar besi rumah mewah minimalis modern.

Pagar rumah mewah minimalis modern Gading Residence karya Cosmas Gozali (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah minimalis mewah minimalis modern Green Garden House karya Studio Denny Setiawan (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah mewah minimalis modern Is House karya Mint-Ds (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah mewah minimalis modern Sunter Residence karya Cosmas Gozali (Sumber: arsitag.com)

 

Pagar rumah mewah minimalis modern Dicky House karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)

 

Baca juga:

Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan

18 Desain Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur Rumah Sederhana yang Murah Namun Menawan

 

 

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts