Mari Mengenal Ukuran Penting dalam Desain Garasi

Ketahuilah berbagai dimensi untuk menampung satu atau beberapa mobil di garasi Anda, ditambah pula tempat penyimpanan barang, mesin, dan apa pun yang Anda butuhkan.

Sepanjang abad yang lalu, dimensi garasi meliputi lebar sekitar 2,7 sampai 3 meter dan panjang 5,4 sampai 6 meter per mobil, dengan lebar pintu garasi 2,4 meter. Pada dimensi garasi sekarang, kita cenderung menginginkan lebih banyak ruang untuk menyimpan barang-barang selain mobil.

Tampaknya desainer mobil selalu memodifikasi mobil mereka dengan menyesuaikan mode dan teknologi mutakhir, termasuk juga memperhitungkan lonjakan harga bahan bakar. Ada beberapa parameter umum yang akan berguna dalam merencanakan garasi baru atau renovasi yang sudah ada. Mari kita lihat dimensi desain garasi terbaru saat ini.

IDE GARASI MODERN (SUMBER: TREMOST.COM)

PINTU GARASI

Lebar: Pintu garasi satu mobil memiliki lebar minimal 2,4 meter. Anda juga bisa memaksimalkan pintu hingga selebar 2,7 meter yang akan menghindari kemungkinan tergoresnya sepatbor mobil pada kusen pintu. Anda kadang-kadang akan melihat pintu yang lebih sempit daripada ukuran ini dalam country club, tetapi biasanya ukuran ini dikhususkan untuk garasi mobil golf dengan ukuran sempit selebar 1,5 meter.

Sementara itu, pintu garasi untuk dua mobil dapat memiliki lebar minimal 4,3 meter, tetapi lebih sering selebar 4,6 atau 4,9 meter.

Tinggi: Standar tinggi pintu garasi adalah 2,1 meter, tetapi tinggi 2,4 meter juga tersedia. Anda bisa mendapatkan tinggi khusus sesuai desain Anda dengan biaya tambahan.

KONFIGURASI DUA MOBIL

Detail rencana ini menunjukkan konfigurasi garasi dua mobil secara umum. Satu pintu garasi selebar 4,9 meter cukup besar untuk menampung dua mobil. Ide yang bagus juga apabila Anda menempatkan pintu selebar 1,2 meter di sisi garasi. Adapun pintu masuk ke rumah dari garasi setidaknya selebar 81 cm.

Dimensi interior secara keseluruhan

Dimensi paling minimum untuk mobil rata-rata adalah 3 x 6 meter per mobil. Ukuran ini akan memungkinkan cukup ruang bagi seseorang untuk membuka pintu dan berjalan di depan dan belakang mobil setelah mobil itu diparkir di garasi. Panjang garasi minimal 7 meter memungkinkan lemari atau rak penyimpanan muat di depan mobil yang diparkir.

Selain itu, berbagai sistem mekanik sering ditempatkan di garasi. Jika demikian halnya, solusi yang terbaik adalah menciptakan ceruk (lubang) penyimpanan pada dinding atau berupa kabinet, seperti terlihat pada gambar. Karena itu, Anda bisa menambahkan ukuran yang lebih panjang atau lebih lebar dari minimum 6 meter untuk menampung peralatan tersebut.

Banyak zonasi dan peraturan bangunan yang memiliki dimensi minimum untuk garasi, jadi pastikan Anda tahu dimensi tersebut dalam merencanakan desain tersebut. Peraturan bangunan setempat juga menyebutkan aksesori pintu, perlindungan sistem mekanik dari mobil, dan pembuka pintu garasi sehingga sebaiknya Anda berkonsultasi dengan arsitek supaya Anda dapat memecahkan berbagai masalah ini.

Rencana detail garasi ini menggambarkan dimensi umum yang harus dipertimbangkan untuk menampung tiga kendaraan besar. Tambahkan lebih banyak ruang untuk lemari tempel atau ruang garasi akan penuh sesak. Nah, pilih yang mana?

Ruang di antara mobil

Sisakan ruang paling tidak 80 cm di antara tiap mobil sehingga Anda dapat membuka pintu tanpa membentur pintu mobil lain. Berapa pun ruang yang tersisa, pastikan Anda dapat masuk dan keluar mobil dengan nyaman.

Pembatas (curb)

Menempatkan pembatas di seberang pintu garasi akan mencegah kendaraan Anda membentur dinding depan. Jika Anda membuat pembatas setinggi 10 cm, pembatas itu cukup rendah sehingga bumper depan tidak tergores. Bahkan jika Anda memiliki garasi dengan ketinggian lantai tertentu, Anda juga dapat menggunakan bumper yang bisa disesuaikan ketinggiannya untuk memecahkan masalah ini.

SPESIFIKASI UMUM GARASI

Sistem kabinet

Sistem kabinet garasi memiliki dimensi yang sama dengan kabinet dapur. Anda dapat membeli unit kabinet bawah dengan lebar kedalaman minimal 60 cm, tetapi ada pula yang memiliki lebar 30 atau 45 cm. Anda bisa menyesuaikan kabinet ini dengan dimensi mobil Anda. Carilah model dan spesifikasi yang Anda inginkan, termasuk ukuran panjang dan lebar.

Dua pintu penghubung

Satu pintu di sebelah kiri yang membuka keluar rumah, sementara satu pintu di sebelah kanan membutuhkan satu anak tangga yang langsung menuju bagian dalam rumah. Anak tangga dan platform dengan ketinggian 15 sentimeter adalah ukuran ideal; yang terbaik adalah tetap mempertahankan anak tangga di bawah 20 cm.

Tampilan estetis

Dimensi lain yang perlu dipertimbangkan untuk garasi Anda adalah ketinggian yang berkaitan dengan tampilan depan rumah Anda. Misalnya pada apartemen bersejarah bergaya Victoria di Oak Street San Francisco ini, arsitek telah menciptakan sebuah garasi lantai bawah yang disamarkan dengan bangunan. Meskipun solusi ini mungkin melebihi batas anggaran, Anda harus mempertimbangkan bagaimana dimensi garasi Anda akan memengaruhi estetika rumah Anda.

Inilah salah satu contoh trik menyamarkan garasi pada bangunan rumah. Tampak dua pintu tunggal pada arsitektur kontemporer di mana garis horizontal mendominasi tema desain. Meskipun desain ini adalah dua pintu garasi tunggal, namun pengerjaan yang detail memberikan tampilan seperti satu pintu dan menyempurnakan arsitektur kontemporer ini.

Detail dan proporsi yang bagus menambah nilai estetika garasi rumah modern minimalis ini. Dua pintu tunggal sering kali terlihat lebih bagus dibanding satu pintu lebar, sebab proporsi terkoordinasi dengan lebih baik.

Garasi tiga pintu yang luas pada desain ini menegaskan kekuatan yang diperlukan untuk mendukung lantai atas rumah tradisional ini.

Sekali lagi, inilah contoh garasi tiga pintu yang luas pada desain rumah tradisional. Namun, kali ini garasi berada di samping bangunan utama dengan desain yang sama dan menyatu dengan desain rumah.

Siapa bilang desain garasi itu harus sederhana dan konvensional? Tidak diragukan lagi, eksterior rumah Anda adalah salah satu unsur yang akan meninggalkan kesan pertama bagi para pengunjung. Salah satu area di luar rumah Anda yang hampir selalu dilupakan adalah pintu garasi. Lupakan semua pendapat yang keliru. Banyak cara bisa dicoba untuk menata ulang tampilan garasi Anda. Anda bisa mencoba cara sederhana dengan menambahkan detail kantilever di atas pintu garasi. Detail ini akan menjadi ciri khas yang menonjol dalam rumah Anda menurut skalanya.

Mungkinkah menciptakan pintu garasi modern yang canggih dan keren? Tentu saja! Anda bisa mendesain sistem bukaan mutakhir yang sangat cocok dengan desain baru yang Anda pikirkan. Hasilnya, pintu garasi yang mengejutkan, unik dan berteknologi tinggi ini! Keren, bukan? Selain memberikan tampilan yang estetis, sistem bukaan lipat ini juga membantu mengerjakan garasi di lahan sempit.

Jalan masuk mobil

Jalan masuk ke garasi tentu memakan ruang yang cukup besar pada lahan Anda. Karena itu, untuk menyeimbangkan sirkulasi jalan masuk dengan desain rumah Anda akan membutuhkan perencanaan yang matang. Kebanyakan jalan masuk hanya berupa garis lurus dari jalan ke garasi, tetapi jika Anda ingin merencanakan pola sirkulasi yang mirip dengan rumah ini, pertimbangkan diameter putaran untuk mobil adalah antara 12,2 hingga 15,2 meter. Anda memerlukan setidaknya 7,6 meter untuk mundur dengan mulus dan kemudian mulai berputar lalu bergerak maju.

 

DIMENSI UMUM KENDARAAN

Van dan SUV:

Lebar: 1,8 – 2,1 meter

Panjang: 4,9 – 5,8 meter

Tinggi: 1,5 – 1,8 meter

Mobil besar dan mewah:

Lebar: 1,8 – 1,9 meter

Panjang: 4,9 – 5,5 meter

Tinggi: 1,4 – 1,5 meter

Mobil kecil dan sport:

Lebar: 1,5 – 1,8 meter

Panjang: 4,3 – 4,9 meter

Tinggi: 1,2 – 1,5 meter

 

Sumber :

http://www.houzz.com/ideabooks/25889620/list/key-measurements-for-the-perfect-garage

Artikel lainnya :

Cara Menciptakan Hubungan Indoor-Outdoor

7 Tips untuk Merapikan Rumah Anda

Rosida Widyastuti Simatupang

Rosida Widyastuti adalah lulusan angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) Batam sebagai Arsitek. Saat ini masih aktif bekerja sebagai arsitek freelance sekaligus penulis, editor, dan penerjemah lepas.

More Posts