Model Desain Rumah Minimalis Ngetrend di Tahun 2017

Di atas ini adalah salah satu contoh rumah minimalis karya Sontang M. Siregar. Desain rumah dengan gaya minimalis diperkirakan pada tahun 1920 sudah berkembang, tetapi  belum sepopuler sekarang. Baru mulai pada tahun 1990 konsep yang mengusung kesederhanaan ini mulai banyak dikenal orang dan terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sepuluh tahun sesudahnya.

Banyak orang berpendapat desain rumah minimalis mempunyai ciri bentuk  rumah yang sederhana, namun tetap memiliki nilai keindahan dengan tata ruang yang lebih lapang (Lihat contoh desain rumah minimalis lainnya).

Sebenarnya awal munculnya konsep desain rumah minimalis adalah sebagai bentuk efisiensi penggunaan bahan bangunan. Pada konsep desain rumah lain, biasanya penggunaan bahan bangunan sangat berlebihan. Di samping hal ini bisa menyebabkan terkurasnya sumber daya alam, juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Penekanan pada fungsi dari penggunaan bahan bangunan dan aksesoris secara lebih minimal mempunyai penekanan yang kuat dari model rumah minimalis. Demikian juga dengan pemakaian hiasan tidak terlalu dibutuhkan sehingga efisiensi terhadap penggunaan bahan material lebih dapat dioptimalkan. Tentu saja para desainer rumah mempunyai tantangan tersendiri dalam membuat rancangan atau desain model rumah minimalis. Saat ini banyak model-model baru yang ditawarkan oleh desainer rumah baik secara komposisi maupun bentuknya.

Berikut adalah beberapa contoh model desain rumah minimalis:

 

1. Desain rumah minimalis 2017

Semenjak rumah minimalis diminati oleh banyak orang, para desainer rumah selalu menawarkan model-model rumah terbaru. Salah satu desain rumah minimalis 2017 adalah menonjolkan sisi yang elegan dan modern bagi calon pembelinya. Memang saat ini sisi elegan dan mern menjadi salah satu daya jual kebanyakan rumah minimalis pada tahun ini.

 

2. Desain rumah minimalis 2 lantai 

Desain rumah minimalis 2 lantai ini cocok untuk jumlah keluarga besar.  Pilihan tatanan  ruang yang bagus dengan menghadirkan gaya arsitektur modern bisa menghadirkan ruangan yang cukup luas.  Di samping itu, penggunaan material bahan bangunan juga harus selektif.  Diskusikan dulu dengan ahlinya untuk merancang desain rumah minimalis 2 lantai. Anda dapat mencari banyak inspirasi gambar di internet untuk mencari pilihan yang tepat.

 

 

 

3. Desain rumah minimalis sederhana 1 lantai

Saat ini tidaklah susah untuk mencari desain rumah minimalis sederhana 1 lantai.  Banyak pilihan yang ditawarkan dan meskipun rumah tersebut sederhana, tetapi akan tetap terkesan lapang karena konsep minimalis yang diusung.

 

Baca juga: Membedah Istilah Rumah Minimalis

 

4. Desain rumah minimalis tipe 36

Desain rumah minimalis tipe 36 termasuk paling banyak dicari.  Beberapa penyebabnya adalah karena model rumah ini cocok untuk keluarga yang tidak begitu besar dan alasan yang paling utama karena desain rumah minimalis tipe 36 tidak membutuhkan banyak biaya dalam pembuatannya.  Desain model ini bisa dikatakan hunian nyaman, tetapi terjangkau.

 

5. Desain rumah minimalis 3 kamar tidur

Pada Desain Rumah minimalis 3 Kamar Tidur yang perlu diperhatikan adalah efisiensi ruang supaya ruang lain tetap mendapat porsi ukuran yang seimbang.  Perhitungan luas lahan perlu diukur dan dibagi dengan seksama

 

6. Desain rumah minimalis tipe 45

Desain rumah minimalis tipe 45 ini termasuk dalam kategori rumah mewah.  Meski demikian, tipe rumah sebenarnya tidak jauh dengan tipe 36. Jadi, tetap diperlukan penataan interior agar tidak terlalu memakan banyak ruang.

 

7. Desain rumah minimalis tipe 21

Desain rumah minimalis tipe 21 termasuk ke dalam rumah kecil dengan luas 21 meter persegi. Dibutuhkan perancangan yang tepat ketika membangun rumah tipe ini. Tepat sekali jika kita menggunakan model minimalis karena konsep ini akan mampu memaksimalkan ruang dalam penggunaan lahan. Penghuni rumah tetap mempunyai ruang gerak yang cukup dan model rumah minimalis juga akan membuat rumah terlihat modern.

 

8. Desain rumah minimalis 2 lantai tipe 36

Membangun sebuah rumah dengan desain rumah minimalis 2 lantai tipe 36 akan memberikan ruang gerak yang luas bagi penghuninya. Yang dimaksud rumah minimalis 2 lantai tipe 36 di sini adalah luas lantai dasar (satu) rumah yaitu 36 meter persegi, sedangkan lantai duanya bisa bervariasi. Umumnya tidak lebih luas dari lantai satunya. Pilihan tatanan ruang masih tetap diperlukan dalam desain ini, jangan sampai ada tatanan yang tidak terpakai.

 

9. Desain rumah minimalis 2 lantai tipe 45

Untuk desain rumah minimalis 2 lantai tipe 45 mempunyai banyak model yang bisa dikreasikan, dari mulai bentuk jendela atau pintu yang bisa dibentuk lebih unik sehingga tempat tinggal Anda terlihat lebih menarik dari tempat tinggal lainnya. Sama seperti rumah minimalis 2 lantai tipe 36, yang dimaksud rumah minimalis 2 lantai tipe 45 adalah luas lantai dasarnya yaitu 45 meter persegi, sedangkan lantai duanya bisa bervariasi. Umumnya tidak lebih luas dari lantai satunya. Variasi lain yang bisa dilakukan adalah permainan warna cat pada dinding, kusen, atau genteng yang bisa menjadikan hunian Anda terlihat lebih modern dan elegan.

 

10. Desain interior rumah minimalis tipe 36/72

Rumah dengan desain interior rumah minimalis tipe 36/72 maksudnya adalah rumah tipe 36 yang dibangun di atas lahan / kavling tanah seluas 72 meter persegi. Jadi ada 36 meter persegi lahan yang menjadi taman atau bisa dibangun di kemudian hari. Rumah minimalis tipe 36/72 mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar sehingga banyak pasangan keluarga muda ingin memiliki rumah ini.  Keuntungan lainnya adalah pemilik tidak memerlukan seorang asisten rumah tangga karena ukurannya yang tidak begitu besar.

 

11. Desain rumah minimalis 2 lantai 6 x 15

Sedikit berbeda dengan desain rumah lain, untuk desain rumah minimalis 2 lantai 6×15, harus ada kejelian dalam pembagian ruang. Sebaiknya, untuk memberikan kesan luas, jangan pisahkan ruang satu dengan ruang lainnya menggunakan tembok (kecuali kamar tidur, toilet, kamar mandi). Hal itu bertujuan supaya rumah Anda tidak terasa sempit.  Untuk membatasi ruang satu dengan yang lain, Anda dapat memakai lemari kaca yang sekaligus bisa diisi dengan pajangan. Pastikan desain rumah minimalis 2 lantai 6×15 Anda tampak cantik, menarik, dan luas.

 

12. Desain rumah minimalis tipe 36/60

Rumah minimalis tipe 36 memang tergolong populer. Model desain rumah minimalis tipe 36/60 ini adalah rumah tipe 36 yang dibangun di atas lahan seluas 60 meter persegi. Tipe 36/60 ini sangat disukai oleh banyak orang karena tidak terlalu mahal dan sesuai dengan penghasilan kebanyakan orang. Rumah ini juga sangat sesuai dihuni oleh keluarga kecil. Keunggulan lain dari desain rumah ini adalah hemat lahan.

 

13. Desain rumah minimalis 3 lantai

Ada banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lahan yang sempit, salah satunya adalah dengan membuat rumah bertingkat. Banyak orang beranggapan bahwa desain rumah minimalis 3 lantai bisa digolongkan dengan rumah yang mewah. Untuk mendesain rumah bertingkat yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan.  Umumnya rumah dengan konsep minimalis 3 lantai memiliki karakter dalam  penataan warna, penataan perabot dan aksesoris, sampai pada penataan instalasi atap rumah.

 

14. Desain rumah minimalis tipe 36 2 lantai

Rumah tipe 36 memang terbilang sempit bagi sebuah keluarga. Sebagai alternatif, jika ada penambahan jumlah anggota keluarga Anda bisa membuat tipe rumah Anda dengan model bertingkat sehingga bisa menambah ruang baru bagi anggota keluarga baru. Dengan menggunakan desain rumah minimalis tipe 36 2 lantai maka rumah anda akan terasa lebih luas.

 

Ada beberapa tokoh yang ikut mewarnai perkembangan model rumah minimalis, yaitu Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier.  Mereka telah menyumbangkan desain dan perubahan pada desain rumah minimalis yang berkonsep kesederhanaan.

Di negara kita, Indonesia, konsep desain rumah minimalis mengalami perubahan-perubahan yang cukup berarti, terutama saat desain rumah minimalis dengan gaya mediteranian dan klasik (Lihat contoh rumah dengan gaya klasik) kurang begitu diminati masyarakat lagi. Setiap orang pasti menginginkan rumah yang nyaman. Namun, untuk memilih model dan desain rumah yang sesuai dengan selera akan menjadi sulit jika tidak mempunyai gambaran. Karena selain nyaman, model terbaru akan cocok bagi Anda yang ingin mengikuti perkembangan zaman.

Yang perlu di perhatikan di samping desain arsitektur adalah desain interior pada rumah minimalis.  Saat ini desain interior mempunyai banyak varian. Anda bisa memilih desain interior sesuai dengan selera Anda.  Pemilihan interior yang tepat akan membantu terciptanya kesan luas dirumah minimalis Anda. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk mencari arsitek maupun desainer interior yang terbaik untuk Anda silahkan klik disini.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Arsitektur Minimalis

 

 

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts