Desain Apartemen Eklektik

Foto inspirasi dan ide desain apartemen eklektik.


Mengenali Jenis Apartemen Dari Model Hingga Desain Interior 

Apartemen menjadi salah satu solusi tempat tinggal di perkotaan padat penduduk yang seringkali menghadapi masalah keterbatasan lahan. Hunian bertingkat, baik rendah (low-rise / 2-5 lantai), sedang (mid-rise / 6-10 lantai), atau tinggi (high-rise / >10 lantai), menjadi hal yang lumrah di kota-kota besar. 

Salah satu keuntungan tinggal di apartemen adalah biasanya lebih dekat dengan pusat kota dan tempat kerja sehingga menghemat waktu perjalanan. Selain itu, biasanya apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas bersama seperti kolam renang, tempat gym, jogging track, taman bermain anak, ruang meeting, ruang belajar, dan berbagai fasilitas lainnya yang mungkin tidak bisa kita dapatkan di rumah sendiri. Ditambah lagi, biasanya apartemen juga dilengkapi toko-toko di lantai dasarnya sehingga memudahkan penghuni bila mencari kebutuhan sehari-hari. Belum lagi adanya sekuriti 24 jam membuat kita bisa tidur lebih nyenyak tanpa khawatir kemalingan.

Namun, tentu saja kekurangannya adalah biasanya ukurannya cenderung lebih sempit daripada rumah biasa dan tidak ada halaman. Ruang terbuka di unit apartemen biasanya berupa balkon mungil yang harus digunakan juga untuk menaruh unit outdoor AC. 

Jenis dan Kapasitas Apartemen

Sebuah bangunan apartemen biasanya memiliki beberapa jenis unit apartemen. Yang paling umum adalah apartemen studio, yang merupakan unit apartemen terkecil tanpa sekat ruang selain untuk kamar mandi. Apartemen studio biasanya dilengkapi oleh dapur mungil. Setelah itu, ada apartemen satu kamar tidur, dua kamar tidur, dan tiga kamar tidur. Biasanya, apartemen yang lebih dari tiga kamar tidur masuk ke kelas apartemen mewah atau umumnya disebut kondominium. Jenis apartemen yang paling mewah adalah penthouse, yang biasanya menempati lantai teratas bangunan dan mencakup seluruh lantai bangunan sehingga memiliki pemandangan 360 derajat dan dapat diakses melalui lift pribadi.

Compact Living

Oleh karena ukurannya yang cenderung lebih mini, interior apartemen biasanya didesain sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Biasanya desainer interior akan merancang built-in furniture yang dipaskan untuk ukuran apartemen. Tidak jarang lemari dan rak-rak dibikin full sampai ke plafon ruangan agar mendapatkan tempat penyimpanan maksimal. Bahkan, ada juga penghuni apartemen yang menggunakan tempat tidur lipat (murphy bed) untuk apartemen studio yang berukuran super sempit sehingga bila tidak sedang tidur, ruangan yang ada bisa dimanfaatkan untuk bekerja, belajar, atau makan. Seni memanfaatkan ruang sempit seperti ini lazimnya disebut sebagai compact living.

Gaya Desain Apartemen

Berbagai gaya desain dapat diterapkan untuk apartemen. Namun, seperti desain interior rumah, gaya desain apartemen minimalis masih menjadi tren yang banyak digemari, salah satunya akibat fenomena compact living di atas. Gaya minimalis yang simpel dan tidak banyak ornamen memang cocok untuk desain kompak dan hemat ruang. Akan tetapi, tidak ada salahnya bila Anda menyukai gaya-gaya lainnya, seperti apartemen industrial yang berkarakter, atau apartemen skandinavian yang minimalis, namun lebih memakai material berbahan natural dan memanfaatkan banyak cahaya alami. Gaya apartemen klasik yang elegan memang lebih cocok diterapkan untuk jenis apartemen yang lebih besar unitnya. Dan, tidak ada salahnya menggabung-gabungkan beberapa macam gaya menjadi apartemen eklektik atau kontemporer.

Dekorasi Apartemen

Unit apartemen tentunya lebih mudah didekorasi karena ukurannya yang relatif tidak besar. Mendekorasinya dengan manis tentu akan membuat Anda merasa betah dan nyaman meski mungkin ukurannya tidak besar. Ada banyak referensi dekorasi apartemen yang dapat Anda contoh. Namun, tentu saja Anda bisa mendapatkan dekorasi apartemen yang lebih cantik bila Anda menggunakan jasa interior designer atau interior decorator profesional. Dan jangan lupa, gunakan juga beberapa tanaman hias untuk memasukkan unsur alam ke dalam apartemen mungil Anda. Tidak adanya halaman bukan menjadi alasan bagi Anda untuk memiliki berbagai macam tanaman hias yang cantik dan segar untuk apartemen idaman Anda. Atau, hubungi saja jasa desain interior agar Anda lebih mudah dalam memilih mana dekorasi hingga gaya desain yang cocok dengan kepribadian.


Promo Brand
NEW