Desain Perpustakaan Eklektik

Foto inspirasi dan ide desain perpustakaan eklektik.


Bagi para pecinta buku, memiliki perpustakaan merupakan sebuah impian. Terkadang, untuk menata buku-buku agar mudah dicari dan nyaman dilihat merupakan sebuah kebutuhan. Bagi para pecintaa buku, merawat buku ialah wajib sehingga keberadaan perpustakaan menjadi penting. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain perpustakaan.


Bagaimana desain perpustakaan yang baik?

Desain perpustakaan yang baik harus memperhatikan keamanan buku-buku koleksi. Ruangan perpustakaan tidak boleh terlalu lembab karena dapat menyebabkan buku berjamur, sehingga sirkulasi udara harus baik. Buku juga tidak boleh terpapar sinar matahari langsung, sehingga pastikan ruangan dapat cukup cahaya tapi tidak terik. Jika perpustakaan dilengkapi dengan ruang baca, pastikan cukup nyaman untuk berlama-lama di dalam perpustakaan. Posisi rak buku juga sebaiknya mudah dijangkau dan tinggi yang proporsional.


Bagaimana mendesain perpustakaan di sekolah atau kantor?

Desain perpustakaan di sekolah dan kantor dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Perpustakaan di sekolah atau kantor biasanya tidak hanya digunakan untuk membaca secara individu, namun juga bisa menjadi tempat belajar bersama dan berdiskusi. Lengkapi perpustakaan anda dengan furnitur yang dapat digunakan bersama, seperti meja dan kursi yang cukup besar. Gunakan warna-warna netral untuk mendekorasi dinding perpustakaan. Gunakan rak yang tidak terlalu tinggi juga koleksi buku cukup banyak. Penggunaan karpet untuk meredam suara pijakan disarankan agar perpustakaan menjadi lebih tenang.


Jika ingin memiliki perpustakaan pribadi, bagaimana mendesain perpustakaan mini di rumah?

Mendesain perpustakaan mini di rumah dapat menggunakan berbagai cara, tergantung kebutuhan anda. Anda dapat memanfaatkan ruangan tersisa dirumah anda seperti area bawah tangga atau ruang belajar/ruang kerja pribadi, bisa juga dengan memiliki ruangan khusus untuk perpustakaan. Pastikan ruangan-ruangan tersebut aman untuk menyimpan buku anda, tidak lembab, tidak terpapar sinar matahari dan terlindung dari binatang yang dapat merusak koleksi anda seperti rayap atau tikus. Untuk perpustakaan yang jadi satu dengan ruang baca, pastikan ruangan menggunakan furnitur yang dapat membuat nyaman untuk membaca. Jika meja dan kursi dirasa kurang nyaman, perpustakaan dapat dilengkapi dengan karpet dan beanbag. Pastikan pencahayaan cukup untuk membaca dan mencari koleksi, namun tidak terlalu terang sehingga membuat mata lelah. Menggunakan lampu bercahaya lembut di empat sudut ruangan lebih baik ketimbang satu lampu terang di tengah.


Jika perpustakaan mini di rumah anda untuk menyimpan buku milik seluruh anggota keluarga, letakkan koleksi buku anak di tempat yang mudah dijangkau.


Bagaimana mendesain perpustakaan minimalis?

Kunci dari desain minimalis adalah desain yang minim dengan ornamen tidak perlu. Pilihlah rak buku dan furnitur lainnya yang memiliki desain minimalis dan elegan. Gunakan cat atau wallpaper untuk dinding yang berwarna lembut agar perpustakaan anda nyaman.


Ide desain seperti apa yang ingin Anda tampilkan dalam perpustakaan Anda? Temukan berbagai contoh desain perpustakaan dan ruang baca sebagai bahan inspirasi perpustakaan Anda.